search-box
Search blog...

Bebaskan Diri dari Kulit Bersisik dengan Skincare Routine Anti Dehidrasi

kulit bersisik, skincare routine, anti dehidrasi, dehidrasi

Semua jenis kulit dapat mengalami dehidrasi, baik yang kering, berminyak, maupun jenis kulit kombinasi. Ketahui faktor penyebab kulit dehidrasi di blog ini, ya. Cara mudahnya gimana sih, untuk tahu kalau kondisi kulit sedang mengalami dehidrasi?

Perhatikan kondisi kulitmu, jika kulitmu:

  • Terlihat tidak cerah atau kusam
  • Terasa sangat kencang
  • Cenderung menjadi sensitif terhadap produk skincare
  • Terlihat bersisik yang ditandai dengan munculnya dry patch di beberapa area seperti dahi, pipi, sekitar mata, ataupun dagu

Nah, kemungkinan kulitmu mengalami dehidrasi. Cari tahu produk skincare berbahan vegan untuk melawan kulit kusam, di sini. Saat kulit mengalami dehidrasi, jangan lupa untuk memperhatikan kembali kandungan produk dari skincare routine yang kamu gunakan.

Penyebab Kulit Bersisik atau Dry Patch

Dry patch terjadi ketika kulit wajah mengalami kekeringan karena menurunnya kadar sebum sehingga kulit tidak terhidrasi secara maksimal. Jika kondisi kulit kering ini dibiarkan, maka akibatnya kulit akan mengalami dehidrasi. Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab terjadinya dry patch:

  • Genetik atau faktor keturunan.
  • Menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu sering membasuh wajah.
  • Kurangnya nutrisi pada kulit, dan
  • Produk dari skincare routine yang digunakan mengandung alkohol.

Rangkaian Skincare Routine dari BASE untuk Kulit Bersisik

Kalau BASE Friends masih bingung dengan produk skincare yang harus dipakai untuk mengatasi kulit bersisik karena dehidrasi, berikut produk vegan alami yang BASE Team rekomendasikan untuk kamu:

skincare routine

1. Nine to Ten Purifying Cleanser

Beberapa produk dalam rangkaian skincare routine mungkin terlalu keras untuk kulit wajah. Contohnya, pembersih wajah atau cleanser yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau zat kimia yang disebut surfaktan.

SLS memiliki kemampuan mengangkat minyak yang sangat kuat sehingga membuat kulit kita kehilangan minyak alaminya dan menjadi terasa kering yang akibatnya menimbulkan dry patch di wajah.

Tenang! Surfaktan itu banyak jenisnya. Alternatif surfaktan yang nggak terlalu keras dan lebih gentle dari SLS, ada, kok. Decyl Glucoside yang terkandung dalam BASE Nine to Ten Purifying Cleanser salah satunya. Jenis surfaktan ini mengandung komposisi molekul yang lebih sederhana sehingga menghasilkan busa yang jauh lebih sedikit dibandingkan SLS.

Tekstur yang dimiliki juga lebih kental serta aman untuk semua jenis kulit karena diolah dari bahan yang natural, yaitu minyak kelapa. Nine to Ten Purifying Cleanser, akan membantu membersihkan kulit wajah tanpa membuatnya terasa kering, serta membantu wajah terhidrasi sempurna berkat kandungan Olive Squalane dan Jojoba Oil.

2. Lightly Dew Toner

Pemilik kulit kering akan merasa lebih nyaman, lembut, tenang, dan lembap dengan toner ini karena diformulasikan dengan pH yang seimbang, yaitu kisaran 5.0 hingga 5.5, serta bebas dari kandungan alkohol.

Dengan kandungan Chamomile Water, Aloe Vera dan Glycerin yang berfungsi untuk menenangkan dan menghidrasi kulit secara optimal. Gunakan Lightly Dew Toner pada tahapan skincare routine setiap harinya setelah membasuh wajah untuk terbebas dari rasa kaku dan kasar akibat kulit dehidrasi dan kering.

3. Daily Radiance & Multi Protection Serum

Dari sekian banyak active ingredients yang ada pada produk skincare, vitamin C menjadi salah satu bahan yang cukup diandalkan untuk menutrisi kulit karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Daily Radiance & Multi Protection, memiliki tekstur yang ringan tetapi melembapkan, mengandung Camu Camu yang vitamin C-nya lebih tinggi 30 kali hingga 60 kali dibandingkan jeruk sehingga efektif untuk memudarkan flek hitam dan membuat kulit bercahaya serta dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

4. Ultra Soothe Moisture Cream

Krim pelembab ini mengandung Centella Asiatica, Mexican Cactus Extract (Prickly Pear), Ceramide, dan Oat Extract di dalamnya. Semua bahan kandungan ini merupakan powerful ingredient untuk menghidrasi dan melembabkan kulit secara intens dan menguncinya di lapisan kulit, memperbaiki tekstur, dan memperkuat skin barrier.

Ultra Soothe Moisture Cream juga mengandung Chamomile water sebagai soothing agent yang dapat membantu meredakan sakit pada kulit yang disebabkan karena iritasi dan membantu membunuh bakteri pada jerawat.

5. Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Apapun kondisi kulitmu, sunscreen merupakan salah satu produk yang harus ada dalam rangkaian skincare routine-mu. Ultra Soothe Natural Sunscreen dari BASE, memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah meresap dan nggak meninggalkan whitecast.

Selain SPF-nya yang tinggi, kandungan seperti Cherimoya, Sunflower oil, Argan Oil, dan Aloe Vera, bisa menenangkan kulit iritasi dan menghidrasi wajah serta Carrot Oil dan Ectoin dapat memproteksi kulitmu dari external agressor.

Untuk kulit dehidrasi, fokuskan pemakaian produk skincare yang bisa menambah water content seperti rekomendasi rangkaian produk dari BASE di atas yang bisa kamu dapatkan di sini.

Referensi:

Surjushe, A., Vasani, R. & Saple, D. G. (2008). Aloe vera: A short review. Indian Journal of Dermatology: 10.4103/0019-5154.44785

Telang & Saokar, P. (2013). Vitamin C in dermatology. Indian Dermatology Online Journal: 10.4103/2229-5178.110593

Eske, J. (2020). What causes patches of dry skin? Healthline Media UK Ltd.

Christiansen, S. (2022). Potential Causes of Dry Patches on Your Face and How to Treat Them. Verywell Health

Debara, D. (2019). Dry Skin vs. Dehydrated: How to Tell the Difference — And Why It Matters. Healthline Media

Eske, J. (2020). What is sebum? Healthline Media UK Ltd

Brennan, D. MD. (2021). What Is SLS? WebMD

Fiume, M. M et al. (2013). Safety Assessment of Decyl Glucoside and Other Alkyl Glucosides as Used in Cosmetics. SAGE Journals: 10.1177/1091581813497764

Ratz-Łyko, A., Arct J. & Pytkowska, K. (2016). Moisturizing and Antiinflammatory Properties of Cosmetic Formulations Containing Centella asiatica Extract. National Library of Medicine: 78(1): 27–33

Was this article helpful?