search-box
Search blog...

Skincare Routine untuk Kulit Mudah Dehidrasi Selama Puasa

skincare routine, dehidrasi, puasa

Di bulan Ramadan ini, siapa dari BASE Friends yang sering mengalami kulit dehidrasi? Yup! Kondisi kulit ini merupakan permasalahan yang lumrah. Hal ini disebabkan karena selama berpuasa, tubuh kekurangan asupan cairan yang bikin kulit kamu jadinya rentan dehidrasi.

Apa sih ciri-ciri dari kulit dehidrasi?

Saat mengalami dehidrasi, skin barrier kamu akan melemah dan lama-kelamaan akan rusak karena tidak mendapatkan hidrasi yang cukup. Akibatnya, muncul masalah kulit lainnya, seperti kulit terlihat kusam, terasa tertarik atau kencang, berjerawat, kering, dan mudah iritasi. Baca blog ini, untuk tahu cara memperbaiki skin barrier yang rusak.

Kondisi kulit yang mengalami kekurangan cairan (dehidrasi), nggak cuma dialami oleh pemilik kulit kering saja, permasalahan kulit ini, bisa terjadi pada semua jenis kulit, bahkan yang normal, berminyak atau kombinasi sekalipun.

Faktor penyebabnya juga banyak banget, dapat terjadi karena sering terpapar AC, polusi dan sinar matahari, atau skincare routine yang kamu gunakan kurang melembapkan kulit.

Gunakan Skincare yang Hydrating

Oleh karena ini, penting banget untuk melakukan basic skincare routine, seperti menggunakan facial wash, hydrating toner, moisturizer dan sunscreen yang cocok untuk kulitmu secara rutin. Namun untuk kulit yang mudah mengalami dehidrasi, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan skincare yang memiliki fungsi hydrating.

Cobalah untuk stop dan menghindari dulu skincare yang bersifat harsh, agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Jangan asal pilih skincare hanya dengan mencocokkan jenis kulit kamu, tetapi juga cari yang bisa memiliki penyerapan air atau hidrasi tinggi untuk mengisi kebutuhan cairan di skin barrier kamu.

Kalau BASE Friends masih bingung mengenali jenis kulit wajah kamu sendiri, ambil skin test ini, untuk mengetahuinya.

Ultra Clarity Balancing Lotion untuk Menghidrasi Kulit

Untuk aktivitas skincare routine-mu, kamu bisa menggunakan moisturizer Ultra Clarity Balancing Lotion dari BASE yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Moisturizer berbahan dasar vegan ini selain aman untuk kulit, memiliki tekstur yang ringan dan lembut sehingga gampang menyerap di kulit, tanpa meninggalkan efek lengket.

Ultra Clarity Balancing Lotion juga nggak cuma mampu memberikan deep hydration, tetapi juga mampu menjaga skin barrier kamu agar tetap kuat. Baca juga keunggulan menggunakan vegan skincare, di sini.

Lantas, apa saja kandungan yang terdapat pada Ultra Clarity Balancing Lotion yang berfungsi sangat baik untuk mengatasi kulit dehidrasi? Yuk, simak baik-baik dan take notes, ya!

  • Jojoba atau Simmondsia Chinensis, adalah jenis tanaman yang biasanya tumbuh di musim kemarau. Minyak dari biji tanaman ini, mengandung senyawa yang bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit, seperti asam palmitat, asam stearat, dan asam oleat. Selain itu, Jojoba oil juga kaya akan Vitamin A dan E yang berperan sebagai antioksidan sehingga mampu membantu melindungi kulit dari efek buruk serangan radikal bebas.

  • Avocado Oil atau Persea Gratissima Oil, mengandung nutrisi, seperti oleic acid dan potassium, yang memiliki khasiat untuk melembapkan kulit. Vitamin E dan lecithin pada avocado oil juga akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit dengan menstimulasi produksi kolagen di wajah agar tetap terjaga elastisitasnya.

    Selain itu, lecithin yang terkandung dalam avocado oil juga merupakan natural humectant yang akan bekerja secara aktif untuk mengikat kadar air dari udara sekitar dan membuatnya terserap dengan baik untuk kulit sehingga membantu meningkatkan kelembapan pada kulit.

  • Glycerin, berperan sebagai pelembap kulit yang sangat efektif. Selain berfungsi untuk menenangkan kulit kering dan menyembuhkan iritasi, senyawa ini dapat membantu kulit untuk memaksimalkan penyerapan kadar air sehingga kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Untuk perawatan dari dalam, BASE Friends perlu menyeimbangkannya dengan gaya hidup sehat, seperti memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh yang cukup selama berpuasa.

Mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air dan antioksidan tinggi seperti semangka, anggur dan stroberi, bisa juga jadi booster bagi hidrasi kulit.

Lakukan skin test ini, untuk dapatkan kulit sehat dambaanmu, dengan pilihan produk skincare routine yang disesuaikan dengan gaya hidup dan jenis kulitmu.

Referensi:

Cherney, K. (2018). Is My Skin Dehydrated?. Healthline https://www.healthline.com/health/dehydrated-skin

Matsumoto, et al. (2019). Acute Effects of Transdermal Administration of Jojoba Oil on Lipid Metabolism in Mice. Medicina (Kaunas, Lithuania). 55(9): 594. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31540183/

n.d. (2020). Health Benefits of Jojoba Oil. WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-jojoba-oil#1

Barhum, L. (2018). Eight Benefits of Avocado Oil for The Skin. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321543#_noHeaderPrefixedContent

Was this article helpful?