search-box
Search blog...

Menghindari Kulit Kusam dengan Skincare Routine yang Tepat

kulit kusam, dehidrasi

BASE friends pasti sudah tahu, betapa pentingnya hidrasi untuk membuat kulit lebih glowing dan bebas jerawat. Hidrasi yang efektif adalah kunci dalam menjaga kulit yang sehat dan bercahaya. Ini berlaku untuk semua jenis kulit, dan semua masalah kulit. Lantas, gimana dong supaya selama berpuasa, kulitmu tidak malah menjadi kusam?

Kenali Kulitmu Sedari Dini

TBL TBL TBL! Berbagai macam masalah kulit termasuk kulit kusam memang menakutkan, loh! Apalagi kalau kamu nggak tahu cara mengatasinya karena kurangnya pengetahuan soal kondisi kulit kamu. Cari tahu ciri-ciri kulit sehat di sini, supaya kamu paham dengan goals yang akan kamu tuju!

Salah satu cara yang cukup simple untuk mengetahui apakah kulitmu mengalami dehidrasi adalah “tes cubit”. Meskipun tes ini tidak mutlak, ini adalah cara yang cukup simple untuk mengetahui hidrasi kulitmu:

  • Jepit sedikit kulit di pipi, perut, dada, atau punggung tangan kamu dan tahan selama beberapa detik;
  • Jika kulit terkunci kembali, kemungkinan kamu tidak mengalami dehidrasi;
  • Jika perlu beberapa saat untuk kembali, kemungkinan kamu mengalami dehidrasi;
  • Ulangi di area lain jika diperlukan.

Kenali Penyebab Kulit Kusam

Selama berpuasa, perubahan rutinitas dalam mengonsumsi makanan, ditambah dengan asupan air yang lebih rendah, dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan elastisitas, sehingga lebih mudah untuk terlihat kusam dan lelah. Selain dehidrasi, apa saja yang menjadi penyebab kulit terlihat kusam?

Menggunakan Moisturizer yang Tidak Tepat

Dikutip dari Healthline, kulit yang mengalami dehidrasi terkadang disamakan dengan kulit kering. Namun ternyata, kulit yang mengalami dehidrasi dan kulit kering adalah dua hal yang berbeda.

Akibatnya, skincare routine yang dilakukan menjadi tidak tepat sasaran, atau bahkan, malah membuat kulit menjadi berjerawat dan mengalami iritasi. Kulit dehidrasi mengalami kekurangan kadar air, sementara kulit kering mengalami kekurangan minyak alami (juga disebut sebum).

Kulit kering adalah jenis kulit, sedangkan dehidrasi dianggap suatu kondisi tubuh. Cari tahu kondisi kulitmu lewat skin test di sini untuk mengetahui skincare routine yang tepat.

Jarang Melakukan Eksfoliasi Kulit

Kulit secara alami melepaskan sel-sel kulit mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Sayangnya, terkadang sel-sel kulit mati tersebut tidak terlepas sebagaimana mestinya. Jika tidak dilakukan eksfoliasi secara berkala, sel-sel kulit mati akan membentuk jaringan kulit atas baru. Sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, bersisik, dan warna kulit tidak merata.

Penuaan pada Kulit

Penuaan adalah bagian yang tidak dapat terhindarkan dari kehidupan. Begitu juga dengan kulit yang menua. Meskipun kamu tidak dapat mengontrol proses penuaan, kamu dapat menerapkan rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan glowing.

Kamu bisa berkenalan lebih jauh mengenai bahan skincare vegan yang ternyata bisa ampuh melawan kulit kusam, untuk kulit glowing dan sehat.

Your Skin is What Your Skin Eats

Yes! Kondisi kulitmu sekarang ini adalah hasil dari apa yang kamu konsumsi secara rutin, mulai dari asupan gizi yang tepat, hingga skincare routine yang pas untuk jenis kulitmu. Kamu butuh 3 solusi tepat untuk kulitmu untuk dapat tetap sehat dan terhidrasi dengan baik selama berpuasa, antara lain:

  • Merawat permasalahan kulit yang ada
  • Melindungi kulit dari penyebab masalah kulit
  • Mencegah dari permasalahan kulit yang akan terjadi

skincare routine

Ketiga manfaat tersebut dapat kamu temukan dalam BASE Daily Radiance & Multi Protection Serum yang dapat membantu mencerahkan kulit kusam dan hiperpigmentasi, melindungi kulit dari bahaya polusi, serta mencegah kerusakan kulit. Baca juga cara mencegah jerawat PIE dan PIH dengan BASE Serum Daily Radiance di blog ini.

Serum ini mengandung Camu Camu dengan kandungan vitamin C yang 30-60x lebih tinggi daripada jeruk untuk memudarkan hiperpigmentasi, PIE dan PIH. Serta kandungan POLLUSTOP® dan Ectoin® yang bekerjasama melindungi kulit dengan membentuk lapisan proteksi dari partikel polusi dan stresor yang dapat merusak kulit.

Pssst… BASE Daily Radiance & Multi Protection Serum ini bisa kamu dapatkan dalam Bundle Ramadan Fresh Skin Kit, loh! Untuk kulit yang cenderung berminyak, kamu bisa coba Bundle Ramadan Clear Skin Kit yang terdiri dari empat produk penting untuk menyeimbangkan PH kulitmu, dan mengobati jerawat.

Was this article helpful?