search-box
Search blog...

Saat Puasa, Begini Cara Mengatasi Jerawat Supaya Nggak Balik Lagi

cara mengatasi jerawat

Jerawat yang muncul di wajah, dipengaruhi oleh banyak hal. Bisa jadi karena alergi dan sensitivitas terhadap kandungan tertentu, pergantian cuaca, siklus menstruasi, dan salah satu penyebab yang mungkin banyak dialami BASE Friends belakangan ini, yaitu munculnya jerawat saat berpuasa. Jangan khawatir! Cari tahu tips cara mengatasi jerawat biar nggak gampang balik lagi, di sini.

Mengapa Kulit Cenderung Jerawatan Saat Puasa?

Berubahnya rutinitas dan nutrisi makanan yang dikonsumsi saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, menyebabkan kondisi kulit juga ikut berubah. Bukan hanya asupan cairan tubuh saja yang perlu diperhatikan agar kulit tetap terhidrasi, hindari juga makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti gorengan dan konsumsi gula berlebih.

Banyak penelitian membuktikan, gula merupakan salah satu pemicu terbesar timbulnya jerawat. Menurut artikel yang sempat dibahas oleh BASE Team, pada saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, kadar gula darah dan hormon insulin dalam tubuh akan meningkat secara otomatis, sehingga menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum, artinya bakteri p.acnes akan memiliki tempat yang nyaman untuk berkembang biak.

Lantas, gimana sih cara mengatasi jerawat yang aman dan efektif selama berpuasa?

Rutin Melakukan Double Cleansing

Ritual membersihkan makeup menjadi salah satu hal yang pelan-pelan pudar karena seringnya WFH (Work From Home) di bulan Ramadan. Padahal selama kamu tidur, bisa jadi ada bakteri dari bantal yang menempel di pipi.

Sebenarnya, double cleansing nggak perlu dilakukan setiap hari, kok. Hanya saja, pastikan setiap pagi setelah bangun tidur, kamu langsung mencuci wajah untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel sepanjang malam. Namun, jika ingin melakukan double cleansing setiap hari untuk mengatasi jerawat, gunakan facial wash yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, cobalah untuk menggunakan pembersih wajah yang bebas SLS (Sodium Lauryl Sulfate atau detergent), memiliki pH yang seimbang, dan tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit sensitif.

Pentingnya Pakai Moisturizer

cara mengatasi jerawat

Moisturizer is a must! Membersihkan wajah dan menggunakan moisturizer pada rangkaian skincare routine kamu adalah step yang wajib dilakukan sebagai cara untuk membantu mengatasi jerawat dan mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Selain berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, penggunaan moisturizer sangat berperan penting dalam menjaga skin barrier dari kerusakan akibat kekurangan cairan tubuh, khususnya selama berpuasa.

Ultra Clarity Balancing Lotion adalah moisturizer berbahan vegan dari BASE yang mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi kulit berjerawat. Bahan aktif tersebut, antara lain:

  • Salicylic acid atau asam salisilat, mampu mengatasi jerawat dengan cara exfoliating sehingga akan terjadi regenerasi kulit. Salicylic acid juga mampu menangkal minyak berlebih dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat jerawat.
  • Niacinamide atau Vitamin B3, dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada berjerawat dan menghilangkan bekas jerawat secara efektif.
  • Centella asiatica atau daun pegagan, memiliki kandungan senyawa flavonoid dan asam amino tinggi yang bermanfaat untuk melawan jerawat serta melembapkan kulit.

Ketahui kandungan berbahan vegan ampuh lainnya yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi jerawat, di blog ini.

Rajin Menggunakan Sunscreen

Sunscreen tidak kalah pentingnya dengan moisturizer. Sunscreen memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dikutip oleh American Academy of Dermatology (AAD), sunscreen dapat melindungi kulit yang mengalami sunburn akibat paparan sinar UV.

Selain itu, sunscreen juga mampu menyaring sinar UV dan mengurangi paparannya yang dapat menyebabkan proses penuaan dini, seperti flek hitam, kerutan dan garis-garis halus serta dapat membantu mengatasi kulit berjerawat. Cari tahu cara mengaplikasikan sunscreen dengan benar, di sini.

Dikutip dari Clearclinic, berikut peran sunscreen untuk kulit berjerawat:

  • Menangkal sinar UV yang dapat menghasilkan radikal bebas dan memperparah kondisi kulit berjerawat.
  • Menjaga kualitas kolagen dan elastin yang dapat rusak karena sinar matahari.
  • Jika terpapar langsung oleh sinar matahari, skin barrier akan cepat rusak dan menyebabkan kelembapan kulit menurun drastis.
  • Bekas jerawat akan semakin parah jika terkena sinar matahari dalam waktu yg panjang. Sinar matahari dapat menyebabkan hyperpigmentation yang membuat bekas jerawat menjadi hitam.

Gunakan Ultra Matte Natural Sunscreen dari BASE! Sunscreen ini memiliki tekstur ringan sehingga mudah meresap dan mampu melindungi kulit kamu dari paparan sinar UVA dan UVB.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa kamu lakukan selama puasa. Yuk, say bye bye ke jerawat, dengan mengisi skin test ini dan dapatkan rangkaian skincare yang dipersonalisasi untuk mengatasi jerawat kamu, sekarang. Selamat mencoba!

Referensi:

Pappas, A. (2009). The Relationship of Diet And Acne. National Library of Medicine, 1(5): 262–267. ​​https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836431/

Brenner, M. & Hearing, V. J. (2008). The Protective Role of Melanin Against UV Damage in Human Skin. National Library of Medicine, 84(3): 539–549. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2671032/

Kleinman, M. S. (2022). How Wearing Sunscreen Can Get Rid of Your Acne. Clear Clinic. https://clearclinic.com/ways-wearing-sunscreen-will-help-acne/

Related tags

Was this article helpful?