search-box
Search blog...

Cara Memilih Produk Sunscreen Terbaik Agar Kulit Tidak Kusam

produk sunscreen terbaik

Salah satu langkah wajib dalam skincare routine yang tidak bisa dilewatkan pemakaiannya yaitu sunscreen. Namun, di sisi lain, ada produk sunscreen yang membuat kulit terlihat kusam, nih. Berikut tips memilih produk sunscreen terbaik untukmu agar kulit tidak kusam.

Jangan Lupa Mengocok Sunscreen Sebelum Digunakan

Hal paling pertama yang harus kita perhatikan ketika memakai produk sunscreen adalah cara penggunaan produk. Pastikan dan baca pada label cara menggunakan sunscreen yang benar. Kamu harus memastikan rata tidaknya sunscreen yang kamu pakai di wajah, ketebalan pengaplikasian sunscreen-mu, serta SPF yang memadai.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengocok sunscreen sebelum memakainya. Hal ini penting, karena ada faktor lain yang membuatmu harus melakukannya sebelum mengaplikasikan sunscreen. Menurut Source Vital, produk skincare perlu dikocok sebelum penggunaannya karena beberapa hal hal, yaitu untuk menggabungkan bahan aktif yang tadinya terpisah sebelum skincare dikocok, serta memaksimalkan hasil kerja berbagai bahan aktif yang telah diformulasikan dalam sebuah skincare.

Baca juga semua kesalahan penggunaan sunscreen di sini.

Pakai Formula Sunscreen yang Cocok untuk Tipe Kulit

Agar bisa memilih sunscreen yang tidak membuat kulit kusam, kamu harus mengenali tipe kulitmu terlebih dahulu. Untuk kamu yang yang memiliki kulit berminyak, sangat disarankan untuk memakai sunscreen dengan matte finish agar dapat menahan minyak di wajah. Selain itu, hindari sunscreen dengan dewy finish agar wajahmu tidak terlihat semakin berminyak.

Di sisi lain, pemilik kulit kering disarankan untuk memakai sunscreen dengan formula yang melembapkan dan menenangkan kulit agar terlihat sehat.

Hal ini sesuai dengan artikel IPSY yang menjelaskan bahwa bahan-bahan makeup maupun skincare memiliki cara kerja berbeda-beda. Bahan-bahan yang memiliki matte-finish cenderung mengontrol dan menyerap minyak, sementara dewy finish cenderung memiliki kandungan yang menghidrasi dan melembapkan kulit.

Pilih Sunscreen dengan Bahan Aktif yang Mencerahkan Kulit

Selain memilih dan memperhatikan hasil akhir atau formula dari sunscreen, BASE Friends juga perlu mengetahui bahan aktif apa saja yang dapat menunjang kesehatan kulit yang kusam. Kedua produk sunscreen dari BASE, Ultra Soothe Natural Sunscreen dan Ultra Matte Natural Sunscreen sama-sama memiliki kandungan bahan aktif vegan berupa chamomile water dan carrot oil.

Chamomile water memiliki efek anti-aging yang mengurangi kerutan dan regenerasi kulit. Studi dari Journal of veterinary science juga menjelaskan bahwa chamomile mampu menenangkan kulit. Di sisi lain, carrot oil terbukti oleh Scholars Academic Journal of Pharmacy memiliki proteksi natural terhadap matahari dan kandungan antioksidan yang baik untuk kulit.

Regenerasi dan kurangnya kerutan berhubungan erat dengan kulit kusam, BASE Friends. Seperti yang kita ketahui, kulit kusam terjadi karena tumpukan kotoran dan kulit mati yang berada di lapisan terluar kulit. Dengan adanya bahan aktif yang membantu regenerasi kulit dan juga mengurangi kerutan, maka kulit kusam dapat dihindari.

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, BASE Friends juga harus rutin memakai sunscreen baik di rumah maupun outdoor. Hal ini karena tidak memakai sunscreen secara rutin juga membuat kulit kusam menjadi semakin kusam. Jadi, memilih produk sunscreen yang cocok agar kulit tidak kusam juga harus dibarengi oleh penggunaan rutin sunscreen agar kulit tidak menjadi kusam. Selain itu, BASE Friends juga perlu melakukan eksfoliasi ringan agar kulit mati terangkat.

Itu dia cara memilih produk sunscreen agar kulit tidak kusam ala BASE. Selamat mencoba!

sunscreen terbaik

Referensi:

  1. Goswami, P. K., Samant, M., & Srivastava, R. (2013). Natural sunscreen agents: A review. Sch Acad J Pharm, 2(6), 458-463.
  2. IPSY. Foundation 101: How to Apply Foundation.
  3. Lee, S. H., Heo, Y., & Kim, Y. C. (2010). Effect of German chamomile oil application on alleviating atopic dermatitis-like immune alterations in mice. Journal of veterinary science, 11(1), 35-41.

Related tags

Was this article helpful?