search-box
Search blog...

Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya dengan Skincare Kulit Sensitif

skincare untuk kulit sensitif

Secara umum, jenis kulit yang biasa kita kenal terbagi menjadi empat kategori, yaitu kulit normal, kulit mudah berjerawat (acne-prone), kulit kombinasi, dan kulit kering. Apabila kulit acne-prone identik dengan kulit berminyak, maka kulit kering identik dengan kulit sensitif.

Kulit kering dan sensitif ini tentu memiliki cara perawatan yang berbeda dengan tiga kategori lainnya. Hal ini karena sesuai namanya, jenis kulit sensitif mudah bereaksi ketika terpapar oleh bahan aktif skincare tertentu.

Oleh karena itu, kulit sensitif membutuhkan perhatian ekstra agar tidak menimbulkan reaksi berlebih atau malah breakout ketika memakai skincare. Berikut BASE telah merangkum ciri-ciri kulit sensitif yang perlu kamu ketahui dan waspadai, serta cara mengatasinya.

Ciri Kulit Sensitif

Kulit sensitif memiliki ciri-ciri khusus yang perlu diperhatikan agar lebih berhati-hati dalam memilih bahan aktif dan juga produk skincare. Berikut ciri kulit sensitif yang harus kamu ketahui dan cara mengatasinya, yaitu:

Kulit Gampang Gatal

Salah satu ciri kulit sensitif yang paling dirasakan pemiliknya adalah kulit mudah gatal. Menurut International Forum for the Study of Itch, salah satu tanda dari kulit sensitif adalah adanya sensasi-sensasi tidak biasa yang dirasakan di kulit, seperti rasa gatal dan kulit terasa seperti terbakar ketika terpapar oleh suatu bahan aktif tertentu.

Rasa mudah gatal merupakan hal yang biasa terjadi pada pemilik kulit sensitif. Menurut artikel Healthline. kondisi ini dapat teratasi dengan bahan aktif yang berfungsi sebagai calming agent seperti chamomile water dan centella asiatica yang bisa ditemui pada produk BASE.

Kulit Mudah Kemerahan

Kulit kemerahan sebagai ciri khas dari kulit sensitif tercatat dalam studi dari jurnal Skin Research and Technology. Studi tersebut menyebutkan bahwa kulit kemerahan menjadi keluhan paling sering dari eksperimen kedua pada penelitian tersebut.

Di sisi lain, disebutkan pula bahwa kulit sensitif ini ini juga turut dipengaruhi oleh keadaan cuaca dan iklim. Keadaan redness ini sering ditemui pada orang yang tinggal di daerah dingin dan kelembapan rendah.

Kulit Mudah Beruam dan Terkelupas

Kondisi kulit mudah beruam dan terkelupas menandakan terjadinya inflamasi atau luka pada kulit. Mengacu pada buku Cancer Care, ruam adalah kondisi yang umum terjadi pada pemilik kulit sensitif yang ditandai dengan peradangan pada folikel di kulit.

Sementara itu, ruam sendiri sering terjadi pada wajah, kulit kepala dan punggung. Membuat kulit menjadi lebih sensitif, ruam juga menjadi menanda penyakit yang lebih serius seperti eksim.

Perbaiki Skin Barrier dan Hidrasi Kulit

skincare kulit sensitif

Pada dasarnya, keadaan kulit sensitif tidak berdiri sendiri tanpa penyebab; justru kulit sensitif adalah ciri-ciri dari keadaan kulit yang lebih serius lagi. Apabila kamu mengalami kulit sensitif, kamu harus waspada karena hal tersebut menandai skin-barrier yang rusak dan juga kulit yang dehidrasi.

Untuk menangani kulit sensitif, kamu perlu menandai bahan-bahan aktif yang harus kamu hindari. Langkah selanjutnya adalah memperbaiki skin-barrier dengan rutin menggunakan basic skincare sesuai kebutuhan kulit.

American Academy of Dermatology Association menyarankan agar pemilik kulit kering dan sensitif untuk menggunakan gentle cleanser pada wajah. Kamu juga harus memastikan bahwa kulit mendapatkan hidrasi atau kelembapan yang cukup dengan memakai toner dan moisturizer. Selain itu, memakai sunscreen juga membantumu untuk terlindungi dari berbagai macam polusi dan juga sengatan matahari yang bisa memperparah kondisi sensitif yang sudah ada.

Mengatasi kulit sensitif perlu ketelatenan dan kesabaran. Hal ini karena kondisi penyebabnya yang seringkali di luar kuasa kita, seperti keadaan cuaca dan iklim. Namun, kita masih bisa mengusahakan agar kulit tidak lagi sensitif dengan memperhatikan hidrasi kulit dan memperbaiki skin barrier.

Mengandung centella asiatica dan calendula extract yang berfungsi untuk menenangkan, menghidrasi serta memperbaiki skin barrier, kamu bisa mencoba bundle Basic Kit for Dry Skin dari BASE. Studi dari Indian Journal of Pharmaceutical Sciences dan Cosmetics menunjukkan bahwa kedua bahan aktif vegan tersebut berpengaruh positif terhadap skin-barrier, mengandung anti-inflamasi dan hidrasi kulit.

Demikian informasi tentang ciri-ciri kulit sensitif dan cara mengatasinya, BASE Friends. Semoga membantu, ya!

Referensi:

  1. American Academy of Dermatology Association. Dry Skin: Tips for Managing. Retrieved from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-self-care
  2. Fleishman, S. B., Fox, L. P., Garfield, D. H., Viele, C. S., & Messner, C. (2012). Tips for managing treatment-related rash and dry skin. Cancer Care, New York, 1-20.
  3. Healthline. Essential Oils for Itching: Are They Safe? Retrieved from https://www.healthline.com/health/essential-oils-for-itching
  4. Metz, M., & Staubach, P. (2016). Itch management: topical agents. Itch-Management in Clinical Practice, 50, 40-45.
  5. Misery, L., Ständer, S., Szepietowski, J. C., Reich, A., Wallengren, J., Evers, A. W., … & Weisshaar, E. (2017). Definition of sensitive skin: an expert position paper from the special interest group on sensitive skin of the international forum for the study of itch. Acta dermato-venereologica, 97(1), 4-6.
  6. Silva, D., Ferreira, M. S., Sousa-Lobo, J. M., Cruz, M. T., & Almeida, I. F. (2021). Anti-Inflammatory Activity of Calendula officinalis L. Flower Extract. Cosmetics, 8(2), 31.
  7. Ratz-Łyko, A., Arct, J., & Pytkowska, K. (2016). Moisturizing and antiinflammatory properties of cosmetic formulations containing Centella asiatica extract. Indian journal of pharmaceutical sciences, 78(1), 27.

Related tags

Was this article helpful?