search-box
Search blog...

Bahan Skincare Vegan Patut Kamu Coba untuk Melawan Kulit Kusam

Bahan Skincare Vegan Patut Kamu Coba untuk Melawan Kulit Kusam

Kulit kusam adalah salah satu masalah kulit yang sering kita hadapi sehari-hari. Ada banyak faktor penyebab dari kulit kusam, yaitu sering terpapar sinar matahari dan polusi, cuci muka yang kurang bersih, kurang tidur dan makanan bergizi, hingga jarang melakukan eksfoliasi.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan kulit kusam, BASE Friends. Salah satu cara ampuhnya adalah memakai skincare dengan bahan-bahan yang telah terbukti secara klinis mampu mengatasi kulit kusam. Berikut BASE telah merangkum empat bahan vegan yang patut kamu coba untuk melawan kulit kusam.

Avocado Oil Dapat Merangsang Regenerasi Kulit

Adakah di antara BASE Friends yang suka buah alpukat? Tidak hanya buahnya, ekstrak minyak alpukat atau avocado oil punya manfaat untuk kulit, lho. Berdasarkan penelitian dari Journal of Cosmetic Dermatology, avocado oil mampu merangsang regenerasi kulit serta menjadi agen anti-keriput atau anti-wrinkle.

Untuk kamu yang memiliki concern soal kulit kusam dan keriput, kandungan avocado oil ini patut dicoba. Salah satu penyebab kulit kusam adalah menumpuknya kulit mati, sehingga regenerasi kulit menjadi penting sehingga kulit yang baru nampak lebih sehat.

Terbukti berhasil meningkatkan kolagen dan anti wrinkle oleh Connective Tissue Research, avocado oil dapat kamu temukan pada produk Ultra Dew Moisture Cream dari BASE.

Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan yang mayoritas berasal dari kedelai ini. Yup, penelitian dari Phytopharm telah memastikan bahwa niacinamide merupakan bahan yang mampu mencerahkan kulit tanpa menyebabkan efek samping.

Cara kerja dari niacinamide ini adalah dengan mencegah terbentuknya melanin atau pigmen warna pada kulit, sehingga terjadinya hiperpigmentasi pada kulit dapat dihindari. Kulit pun dapat nampak lebih cerah karena penggunaan skincare berbahan niacinamide ini.

Selain itu, penelitian lain dari IFSCC Magazine menyebutkan bahwa niacinamide turut merangsang pembentukan kolagen alami pada kulit, lho. Kolagen berperan penting dalam peremajaan kulit dan menyembuhkan luka, so it’s a great news for us too.

Kabar baik lainnya adalah kamu bisa menemukan niacinamide dalam kandungan skincare vegan BASE. Ultra Clarity Balancing Lotion hadir untuk kamu yang mencari skincare dengan kandungan niacinamide. Produk pelembab ini dirancang cepat meresap dan cocok untuk berbagai jenis kulit.

Aloe Vera yang Menyegarkan dan Melembabkan Kulit Kusam

Terkenal sebagai bahan yang berfungsi menyegarkan kulit, aloe vera nggak cuma bisa menyegarkan aja, BASE Friends. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Tissue Engineering Journal, aloe vera juga menjadi agen anti inflamasi, memiliki antioksidan, serta antibakteri.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari dan radikal bebas sangat berpengaruh pada kulit kusam. Kedua hal tersebut bisa kita tangkal dengan memakai bahan skincare vegan yang mengandung pelembab dan antioksidan, sehingga kulit dapat terlihat segar kembali.

BASE Friends bisa mencoba Lightly Dew Toner yang memiliki kandungan aloe vera dalam formulanya. Didesain agar cepat meresap, memperbaiki skin barrier dan dapat menyeimbangkan pH kulit, produk ini bisa jadi temanmu dalam melawan kulit kusam, lho.

Ekstrak Sea Buckthorn yang Mengandung Antioksidan dan Mengatasi Sunburn

Bahan satu ini juga dikenal sebagai tumbuhan telah diandalkan selama ratusan tahun sejak zaman China kuno. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Cogent Food & Agriculture, beberapa khasiat sea buckthorn adalah mengatasi kulit yang terbakar, baik karena kandungan kimia, matahari, maupun radiasi, dan juga bisa menjadi agen anti-inflamasi. Tidak hanya itu, penelitian tadi turut mengatakan bahwa ekstrak sea buckthorn juga mengandung kadar antioksidan tinggi.

Salah satu skincare vegan yang mengandung bahan ekstrak sea buckthorn ini adalah Ultra Gleam Purifying Lotion dari BASE. Pelembap wajah ini bertekstur ringan dan mudah meresap, serta mampu menenangkan kulit yang lelah.

Itu dia bahan-bahan skincare vegan patut kamu coba untuk melawan kulit kusam, BASE Friends. Selamat mencoba, ya!

Referensi:

  1. Hanif, N., Al-Shami, A. M. A., Khalid, K. A., & Hadi, H. A. (2020). Plant-based skin lightening agents: A review. J. Phytopharm, 9, 54-60.
  2. Liang, J., Cui, L., Li, J., Guan, S., Zhang, K., & Li, J. (2020). Aloe vera: a medicinal plant used in skin wound healing. Tissue Engineering Part B: Reviews.
  3. Matts, P. J., Oblong, J. E., & Bissett, D. L. (2002). A review of the range of effects of niacinamide in human skin. IFSCC Magazine, 5(4), 285-289.
  4. Naeimifar, A., Ahmad Nasrollahi, S., Samadi, A., Talari, R., Sajad Ale‐nabi, S., Massoud Hossini, A., & Firooz, A. (2020). Preparation and evaluation of anti‐wrinkle cream containing saffron extract and avocado oil. Journal of Cosmetic Dermatology, 19(9), 2366-2373.
  5. Wani, T. A., Wani, S. M., Ahmad, M., Ahmad, M., Gani, A., & Masoodi, F. A. (2016). Bioactive profile, health benefits and safety evaluation of sea buckthorn (Hippophae rhamnoides L.): A review. Cogent Food & Agriculture, 2(1), 1128519.
  6. Werman, M. J., Mokady, S., Ntmni, M. E., & Neeman, I. (1991). The effect of various avocado oils on skin collagen metabolism. Connective tissue research, 26(1-2), 1-10.

Was this article helpful?