searchclear input

Mengenal Skincare Vegan yang Digemari oleh Kulit Sensitif

skincare vegan, kulit sensitif, skincare

Perjalanan mencari skincare yang cocok untuk kulit memang bisa menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi pemilik kulit sensitif. Kandungan bahan kimia yang banyak terkandung pada produk skincare berpotensi menimbulkan reaksi negatif saat diaplikasikan ke kulit sensitif. Jika sampai salah menggunakan produk, ini bisa berdampak buruk bagi kondisi kesehatan kulit.

Untuk mengurangi risiko negatif dari bahan kimia yang bersifat keras pada kulit, industri kecantikan sudah melirik pada penggunaan bahan natural yang aman digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Bahkan, tidak sedikit merk skincare yang kini mulai melirik konsep vegan skincare.

Sesuai dengan namanya, skincare vegan adalah produk yang mengeliminasi penggunaan bahan yang diekstrak dari hewan. Sebagai penggantinya, skincare vegan menggunakan kandungan yang diekstrak dari tanaman. Dalam ulasan klinis yang dirilis pada 2015 berjudul Main Benefits and Applicability of Plant Extracts in Skin Care Products, kandungan ekstrak tanaman kaya akan vitamin, antioksidan, minyak, minyak esensial, dan kandungan bioaktif lainnya.

Untuk kenalan lebih lanjut dengan skincare vegan, baca artikel ini sampai habis, ya! BASE juga punya tips memakai skincare untuk kulit sensitif, lho.

Baca juga: Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya dengan Skincare Kulit Sensitif

Mengapa Skincare Vegan Cocok untuk Kulit Sensitif?

kulit sensitif

Kulit sensitif rentan mengalami iritasi akibat penggunaan bahan aktif dan eksfoliator yang terlalu keras. Itu sebabnya, penting bagi pemilik kulit sensitif untuk mencari produk dengan kandungan yang dapat menutrisi dan melindungi skin barrier. Kamu yang memiliki kulit sensitif, mudah iritasi, dan sering mengalami alergi akan merasakan banyak manfaat dengan beralih ke skincare vegan.

Skincare vegan terbuat dari bahan alami yang sepenuhnya berasal dari tanaman, sehingga bebas dari kandungan bahan kimia keras dan bahan tambahan lainnya. Ini dapat membantu menurunkan risiko kulit iritasi dan kemerahan akibat iritasi. Selain itu, produk skin care yang bersifat plant-based kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan minyak alami yang dapat melembapkan kulit. Ini akan membuat kulit lebih lembap dan terlindungi.

Dengan skincare vegan, skin barrier akan semakin terjaga dan kulit pun dapat terhindar dari iritasi, sehingga mengurangi potensi timbulnya masalah kulit lainnya. Kandungan antioksidan dalam ekstrak tanaman di skincare vegan juga dapat mencegah sekaligus memerangi radikal bebas dan tanda penuaan di kulit.

Tertarik mencoba skincare vegan? BASE punya rangkaian vegan skincare, mulai dari pembersih wajah, serum, hingga sunscreen yang bisa kamu jadikan pilihan. Yuk, kenalan dengan produk BASE di sini!

Baca juga: Tips Menjaga Kulit Tetap Kencang dengan Skincare Vegan

Tips Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif

produk BASE

Memahami cara penggunaan skincare yang tepat menjadi kunci penting dalam perawatan kulit sensitif. Semua orang yang memiliki kulit sensitif, terlepas dari penyebab utamanya, mengalami disfungsi skin barrier yang menyebabkan meningkatnya tingkat peradangan di kulit.

Oleh karena itu, kamu harus mengatur strategi yang tepat dalam merawat kulit sensitif, dimulai dari perlindungan skin barrier. Berikut ini adalah beberapa tips merawat kulit untuk pemilik kulit sensitif yang disarankan para ahli.

1. Lakukan Rutinitas Skincare Sesederhana Mungkin

BASE ultra soothe moisture cream

Kulit sensitif memang butuh perhatian yang ekstra. Namun, bukan berarti kamu perlu menggunakan banyak produk, ya! Fokus saja pada perawatan kulit sederhana, yaitu membersihkan, menutrisi, melembapkan, dan melindungi. Untuk pilihan pelembap, kamu bisa mencari tekstur losyen yang lembut di kulit dengan formula yang ditujukan untuk menenangkan kulit sensitifseperti Ultra Soothe Moisture Cream.

2. Gunakan Serum untuk Kulit Sensitif

BASE relief hydration serum

Untuk menjaga kondisi kulit sensitif agar tetap seimbang dan bebas iritasi, kamu bisa menggunakan serum dengan fokus untuk skin barrier seperti Relief Hydration & Barrier Calming Serum. Selain memiliki kandungan aktif alami untuk menenangkan kemerahan, meredakan iritasi, dan memperkuat skin barrier, kamu juga bisa memanfaatkan serum untuk mempersiapkan kulitmu sebelum menggunakan kandungan aktif seperti retinol.

3. Eksfoliasi Secara Ringan

BASE clay mask

Kulit sensitif juga membutuhkan eksfoliasi. Tujuannya adalah untuk membersihkan kulit dari sel kulit mati, debu, kotoran, dan minyak berlebih agar tidak timbul jerawat. Pemilik kulit sensitif tetap bisa melakukan eksfoliasi sebanyak maksimal dua kali dalam seminggu. Caranya adalah dengan menggunakan eksfoliator yang lebih lembut, seperti clay mask.

Baca juga: Eksfoliasi Wajah yang Tepat Untuk Kulit Unikmu

Kamu bisa menggunakan BASE Fresh Clarifying Clay Mask. Clay mask vegan dan organik ini diformulasikan dengan eksfoliator lembut, yaitu Mandelic Acid. AHA yang berasal dari almond ini memiliki ukuran molekul yang besar, sehingga akan meresap lebih perlahan dan mengurangi risiko iritasi. Fresh Clarifying Clay Mask mengandung dua jenis clay, bentonite dan kaolin clay dari Jepang. Perpaduan dua jenis clay ini dapat membantu membersihkan pori tersumbat dan mencegah jerawat.

Baca juga: Hero Ingredient: Mandelic Acid, AHA Paling Lembut untuk Eksfoliasi

Tidak perlu khawatir dengan efek perih atau kulit kencang setelah penggunaan clay mask, BASE juga memasukkan kandungan Thyme Extract dan Camelina Sativa Seed Oil dalam produk ini. Dua kandungan ini dapat menenangkan kulit iritasi sekaligus memberikan manfaat melembapkan berkat kandungan asam lemak yang tinggi. Saat mengaplikasikan clay mask di kulit wajah, kamu akan merasakan sensasi dingin dari peppermint oil.

4. Hidrasi

BASE face mist & gel mask

Kulit sensitif memiliki lapisan skin barrier yang lebih tipis atau rusak. Salah satu cara untuk menjaga dan mengembalikan skin barrier ke kondisi yang sehat adalah dengan menjaga hidrasi kulit. Untuk hidrasi ekstra pada hari kulitmu terasa sangat kering, kamu bisa menambahkan All Day Quick Comfort Face Mist dan Dreamy Glow Postbiotic Gel Mask ke dalam rutinitas skincare-mu.

BASE face mist yang praktis dapat digunakan kapan saja dan di mana saja ketika kulit terasa kering atau memerah karena iritasi dengan kandungan centella asiatica di dalamnya. Sedangkan gel mask berfungsi untuk memberikan hidrasi intensif sekaligus memperbaiki skin barrier yang rusak dengan perpaduan kandungan Ceramide NP dan Golden Millet.

5. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

BASE Ultra Soothe Sunscreen

Sunscreen menjadi penutup rutinitas skincare pagi hari yang wajib dilakukan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Kamu bisa gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 yang diperkaya kandungan untuk menenangkan kulit. Untuk pemilik kulit sensitif, disarankan menggunakan physical sunscreen atau tabir surya berbasis mineral untuk melindungi kulit sekaligus mencegah terjadinya peradangan. Kamu juga bisa menggunakan hybrid sunscreen seperti Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ yang turut dilengkapi dengan kandungan Cherimoya untuk menenangkan kulit iritasi.

BASE Ultra Soothe Moisture Cream

BASE Ultra Soothe Moisture Cream

Face moisturizer to nourish and soothe sensitive skin

Rp 189.000

SHOP NOW
BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

Face cleanser with milky texture for dry skin

Rp 98.000

SHOP NOW
BASE Fresh Clarifying Clay Mask

BASE Fresh Clarifying Clay Mask

Clay mask that gently exfoliates to clarify congested pores

Rp 225.000

SHOP NOW
BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Tabir surya dewy finish

Rp 169.000

SHOP NOW

Baca juga: Beda Physical, Chemical, Vegan Sunscreen: Mana yang Terbaik?

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

skin quiz

Referensi:

Riberio, Ana Sofia dkk. 2015. Main Benefits and Applicability of Plant Extracts in Skin Care Products. 10.3390/cosmetics2020048

Drechsel, Derek A. PhD; Towle, Kevin M. S; Fung, Ernest S. PhD; Novick, Rachel M. PhD; Paustenbach, Dennis J. PhD; Monnot, Andrew D. PhD. 2018. Skin Sensitization Induction Potential From Daily Exposure to Fragrances in Personal Care Products. 10.1097/DER.0000000000000412

Panico. A dkk. 2019. Skin safety and health prevention: an overview of chemicals in cosmetic products. 10.15167/2421-4248/jpmh2019.60.1.1080

Rubin, Courtney Blair MD, MBE; Brod, Bruce MD. 2019. Natural Does Not Mean Safe—The Dirt on Clean Beauty Products. doi:10.1001/jamadermatol.2019.2724

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter