searchclear input

Hero Ingredient: Mandelic Acid, AHA Paling Lembut untuk Eksfoliasi

Skin Care, Eksfoliasi, Hero Ingredient, Mandelic Acid

Terdapat beragam jenis asam yang seringkali dimanfaatkan untuk eksfoliasi, seperti salicylic acid, glycolic acid, lactic acid, hingga mandelic acid. Walau tak terlalu sering terdengar namanya, nyatanya mandelic acid menyimpan segudang manfaat untuk eksfoliasi kulitmu, terlebih untuk kamu yang mencari eksfoliator vegan. Pasalnya, mandelic acid berasal dari kacang almond.

Penasaran ingin tahu lebih banyak mengenai kandungan eksfoliator lembut dengan sederet manfaat ini? Yul berkenalan lebih lanjut dengan mandelic acid!

Apa Itu Mandelic Acid

mandelic acid

Mandelic acid merupakan salah satu jenis dari Alpha Hydroxy Acid atau yang sering dikenal dengan AHA. Menariknya, mandelic acid merupakan jenis AHA yang memiliki ukuran molekul yang paling besar. Hal ini membuatnya dapat terpenetrasi ke dalam kulit lebih lambat, serta bekerja di permukaan luar kulit, sehingga cenderung lebih lembut dan tidak mengiritasi.

Menurut jurnal oleh James E. Fulton bersama Albert Kingman di University of Pennsylvania pada tahun 1969, mandelic acid kerap kali dimanfaatkan` sebagai bahan utama untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, garis halus dan keriput, jerawat batu hingga milia.

Selain dapat mengeksfoliasi secara lembut, asam satu ini juga memiliki keunggulan dengan sifat antibakteri. Inilah alasan mengapa mandelic acid dapat turut membantu kulit yang sedang berjerawat dan iritasi. Bagi pemilik kulit normal atau berminyak, manfaat antibakteri ini dapat menjadi garda utama untuk menghalau masuknya bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: Eksfoliasi Wajah yang Tepat Untuk Kulit Unikmu

Manfaat Mandelic Acid

1. Eksfoliasi Ringan dan Aman

eksfoliasi

Tahukah kamu bahwa kata ‘mandel’ pada mandelic acid memiliki arti ‘almond’? Terbuat dari kacang almond dan memiliki ukuran molekul yang besar, mandelic acid adalah eksfoliator yang mampu bekerja secara lembut, ringan, dan relatif lebih aman bagi seluruh jenis kulit. Karena tidak bekerja seagresif AHA lainnya seperti lactic acid atau glycolic acid, mandelic acid juga relatif lebih aman digunakan dalam interval waktu yang lebih singkat, misalnya 2-3 hari sekali.

Cara kerjanya yang gentle tidak mengurangi efektivitas mandelic acid. Walau lebih banyak bekerja di permukaan kulit, kandungan skincare satu ini dapat membantu mengelupas tumpukan sel-sel kulit mati serta kotoran sehingga turut membuka jalan untuk pori-pori yang tersumbat. Dipadukan dengan penggunaan kandungan clay yang dapat menyerap minyak dan kotoran seperti dalam Fresh Clarifying Clay Mask, mandelic acid akan membantu membersihkan pori-pori sehingga mengurangi komedo dan mencegah jerawat.

2. Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

jerawat

Ada beberapa alasan kenapa kandungan yang bekerja dengan cara eksfoliasi sangat penting bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Pertama, eksfoliasi dapat membantu membuka jalan bagi pori-pori yang tersumbat, yang seringkali menjadi penyebab timbulnya komedo serta jerawat. Eksfoliasi rutin akan menjaga pori-pori tetap bersih dan kulit terhindar dari jerawat.

Alasan kedua, beberapa eksfoliator seperti mandelic acid memiliki tambahan manfaat antibakteri yang sering dicari bagi kulit berjerawat. Seperti yang sudah kamu ketahui, jerawat disebabkan oleh bakteri P. Acnes. Manfaat antibakteri di dalam mandelic acid dapat turut menghalau hadirnya bakteri penyebab jerawat pada kulit, sekaligus membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jerawat yang terdapat di kulit.

Apabila kamu memiliki jerawat yang membandel, mandelic acid juga bisa berperan sebagai padanan skincare yang mudah dipadupadankan dengan kandungan anti jerawat lainnya. Misalnya, salicylic acid. Sebuah penelitian menyatakan bahwa penggunaan kombinasi 10% mandelic acid dan salicylic acid pada kulit bermasalah yang juga sensitif dapat membantu mengurangi komedo, jerawat, serta iritasi dalam kurun waktu 2 minggu.

3. Membantu Mencerahkan Kulit

kulit kusam

Ketika bekerja mengeksfoliasi lapisan teratas kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati, mandelic acid sekaligus mendorong proses regenerasi sel-sel kulit baru. Apabila kamu memiliki noda hitam atau bekas jerawat hiperpigmentasi yang berwarna kecokelatan, proses pengelupasan kulit tersebut akan berangsur-angsur turut memudarkan warna kulit yang menggelap.

Jika digunakan secara rutin berdampingan dengan rangkaian skincare lainnya, asam dari almond ini dapat diandalkan untuk membantu memudarkan noda hitam dan bekas jerawat hiperpigmentasi. Tak hanya itu saja, tumpukan sel kulit mati seringkali membuat kulit terlihat kusam, sehingga eksfoliasi ringan akan menampakkan kulit yang lebih cerah merona.

Dapatkan Manfaat Mandelic Acid dalam BASE Fresh Clarifying Clay Mask

base clay mask

Tertarik mendapatkan seluruh manfaat mandelic acid mulai dari eksfoliasi ringan hingga mencerahkan kulit? Jawabannya bisa kamu temukan dalam BASE Fresh Clarifying Clay Mask yang diformulasikan dengan mandelic acid yang dikombinasikan dengan duo bentonite dan kaolin clay, ekstrak brokoli, serta kandungan vegan kaya manfaat lainnya. Masker serba bisa ini akan bekerja secara efektif membersihkan kulit dari minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati hingga ke pori-pori, sekaligus membantu mencerahkan kulit dan merawat kulit berjerawat.

Untuk menyejukkan kulit usai eksfoliasi, Fresh Clarifying Clay Mask juga memiliki aroma sekaligus sensasi peppermint yang dingin dan menenangkan. Tekstur krimnya yang mudah diratakan akan membuat waktu memakai masker semakin rileks, sehingga cocok untuk digunakan bersantai di akhir hari yang membuatmu penat.

Fresh Clarifying Clay Mask

Fresh Clarifying Clay Mask

Exfoliating Clay Mask

Rp 225.000
Rp 213.750

SHOP NOW

Apabila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif atau merupakan pemula dalam eksfoliasi, kamu bisa menjajal Fresh Clarifying Clay Mask. Selain diformulasikan untuk eksfoliasi ringan, terdapat juga perpaduan kandungan Thyme Extract & Gold of Pleasure Oil, serta niacinamide, glycerin, dan aloe vera untuk menjaga kelembapan kulitmu.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan kulit ekstra cerah dan tampak lebih glowing, kamu bisa melengkapi rangkaian skincare dengan Here We Glow Kit. Terdiri dari Fresh Clarifying Clay Mask dan Daily Radiance & Multi Protection Serum dengan kandungan vitamin C dan Camu Camu untuk membantu memudarkan hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit.

Baca juga: New Launch: BASE Fresh Clarifying Clay Mask, Eksfoliasi Ringan dengan Sensasi Dingin Menyejukkan

Cara Penggunaan BASE Fresh Clarifying Clay Mask

Berikut cara menggunakan BASE Fresh Clarifying Clay Mask:

  • Aplikasikan masker tipis-tipis secara merata pada wajah yang telah dibersihkan
  • Hindari area mata dan mulut
  • Diamkan selama 7-10 menit, atau lebih cepat jika kamu memiliki kulit yang rentan sensitif
  • Bilas dengan air hingga bersih
  • Lanjutkan dengan skincare routine seperti biasa

Sebagai produk eksfoliasi, ada beberapa hal lainnya yang perlu BASE Friends perhatikan dalam penggunaan BASE Fresh Clarifying Clay Mask, yaitu:

  • Jika memiliki kulit yang sensitif atau reaktif, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu
  • Gunakan sunscreen ketika dan sesudah melakukan eksfoliasi
  • Hindari eksfoliasi ketika kulit sedang bermasalah (breakout, setelah treatment kecantikan, setelah terbakar matahari, sedang PMS, kulit terkelupas)
  • Hindari mencoba produk eksfoliasi baru berbarengan dengan beberapa produk baru sekaligus
  • Hindari menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif (AHA/BHA/PHA, retinol, vitamin C).

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

skin quiz

Referensi:

  1. PubMed. Comparative Study Of Efficacy And Safety Of 45% Mandelic Acid Versus 30% Salicylic Acid Peels in Mild-To-Moderate Acne Vulgaris. 2019.
  2. Healthline. Benefits and Uses of Mandelic Acid. 2019.
  3. Biomaterials and Tissue Engineering in Urology. The Chemistry of Peels: A Hypothesis of Mechanism of Action and Classification of Peels. 2009
  4. Suzan Obagi. Chemical Peels: Procedures in Cosmetic Dermatology. 2021.
  5. Barbara A. Green. Clinics in Dermatology. Clinical and Cosmeceutical Uses of Hydroxy Acids. 2009.

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback