search-box
Search blog...

Cara Memakai Sunscreen Terbaik Biar Kulit Tidak Kusam

cara memakai sunscreen

Pentingnya pemakaian sunscreen mungkin sudah biasa kita dengar di mana-mana, ya, BASE Friends. Sunscreen memang menjadi tameng utama dari ganasnya UVA dan UVB yang membahayakan kulit. Namun, cara memakai sunscreen yang salah justru bisa jadi membuat kulit menjadi kusam, bahkan mungkin juga menimbulkan jerawat.

Meski demikian, bukan berarti BASE Friends bisa skip memakai sunscreen, ya. Soalnya, sunscreen masuk ke dalam basic skincare yang wajib dipakai setiap hari. Jadi, BASE Friends harus mengetahui dulu bagaimana cara memakai sunscreen terbaik biar kulit tidak kusam dari BASE. Kita mulai dari penyebab kulit kusam karena sunscreen, ya!

Aplikasi Sunscreen Tidak Merata

Dalam pemakaian sunscreen, aplikasi yang tidak merata dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Pemakaian yang tidak rata membuat adanya kulit yang tidak terkena sunscreen dan dalam jangka panjang, bagian kulit yang tidak terkena sunscreen ini terpapar langsung oleh UVA dan UVB. UVA dan UVB sendiri memiliki efek buruk pada kulit, seperti adanya efek melepuh, sunburn dan kulit nampak kusam.

bagaimana cara memakai sunscreen

Pastikan BASE Friends meratakan pemakaian sunscreen pada wajah dan tubuh sebelum bepergian maupun tetap berada di dalam rumah. Gunakan sunscreen minimal 20 menit sebelum beraktivitas agar produk dapat meresap sempurna dan bekerja dengan baik, ya!

Memakai Sunscreen Terlalu Tipis

Mungkin BASE Friends ada yang berpikir untuk memakai sunscreen secukupnya saja agar produk sunscreen yang dimiliki tidak cepat habis. Namun demikian, sunscreen perlu diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan wajah dan tidak bisa diaplikasikan tipis-tipis saja. Pemakaian sunscreen secara tipis dalam jangka pendek menyebabkan kulit nampak kusam, dan dalam jangka panjang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan kanker.

cara pakai sunscreen

British Association of Dermatologists sendiri menyatakan bahwa sunscreen digunakan untuk kegiatan sehari-hari adalah sebanyak 36 gram atau setengah sendok teh untuk seluruh badan, termasuk untuk diaplikasikan ke wajah, telinga dan tangan.

Selain itu, direkomendasikan pula untuk BASE Friends agar tetap memakai pelindung ketika berkegiatan di luar rumah, untuk menghindari kulit kusam akibat kerusakan dari radiasi UV.

Mitos-mitos ini membuat kamu males pakai sunscreen? Ini 6 mitos terbesar sunscreen yang harus kamu lupakan sekarang.

SPF dari Produk yang Digunakan Terlalu Rendah

SPF atau sun protection factor adalah perhitungan yang digunakan untuk menghitung seberapa banyak sinar UV yang dapat menembus kulit. Semakin tinggi angka SPF, maka semakin sedikit sinar UV yang langsung terpapar kepada kulit.

sunscreen terbaik

Agar dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan supaya kulit tidak kusam, BASE Friends harus memperhatikan SPF dari produk sunscreen yang digunakan. British Association of Dermatologists sendiri menyarankan untuk memakai produk sunscreen dengan minimal SPF 30 agar terhindar dari masalah kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Layer Produk dengan Vitamin C

Memakai skincare dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C lalu menggunakan sunscreen ternyata terbukti memiliki efek positif. Menurut penelitian dari LTN Ngoc dkk yang dipublikasikan oleh jurnal Cosmetics, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dari vitamin C dapat mengurangi efek sunburn, menjaga hidrasi kulit, serta melindungi skin barrier.

Kamu bisa memakai sunscreen dari BASE untuk melakukan layering ini. Produk Ultra Matte Natural Sunscreen didesain dengan tekstur ringan dan mudah meresap, memiliki SPF 50 dan mampu melindungi kulit dari sinar UVA, UVB, serta blue light.

base ultra matte natural sunscreen spf 50 pa+++

Nah, itulah hal-hal yang dapat BASE Friends hindari dalam pemakaian sunscreen agar kulit tidak menjadi kusam. Memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit serta gaya hidupmu juga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Karena kalau produknya nggak cocok sama kita, jadinya males buat dipakai, iya nggak, sih?

Untuk menemukan produk yang sesuai dengan profil kulitmu, kamu bisa mengikuti Skin Test gratis dari BASE dan dapatkan rekomendasi skincare terbaik untuk menangani masalah kulitmu.

skin type test

Referensi:

  1. British Association of Dermatologists, 2013. Sunscreen and Sun Safety Fact Sheet. Accessed through bad.org.uk
  2. Ngoc, L. T. N., Tran, V. V., Moon, J. Y., Chae, M., Park, D., & Lee, Y. C. (2019). Recent trends of sunscreen cosmetic: An update review. Cosmetics, 6(4), 64.

Was this article helpful?