search-box
Search blog...

Cara Mengatasi Jerawat Paling Ampuh dengan Vitamin C dari Camu-Camu

camu-camu, cara mengatasi jerawat, vitamin c

Untuk BASE Friends yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, memilih produk skincare memang menjadi hal yang sangat tricky. Terkadang, suatu produk yang viral, belum tentu cocok di kulit acne-prone kamu atau ternyata bikin jerawatmu makin bertambah banyak. Kenali dulu perbedaan dari jenis-jenis jerawat, di sini untuk mengenali cara mengatasi jerawat yang tepat sesuai dengan jenisnya.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih ingredients yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Hentikan dulu pemakaian segala bahan aktif yang berpotensi membuat iritasi pada kulit dan fokus kepada kandungan yang menghidrasi serta menenangkan kulit.

Apa saja sih, bahan aktif yang secara umum dikenal ampuh untuk mengatasi kulit berjerawat?

  • Bakuchiol adalah all time favourite ingredients bagi para dermatolog. Kandungannya yang dianggap powerful ini terbukti memiliki efikasi yang sepadan dengan retinol, nggak hanya membantu mengencangkan kulit, dan menyamarkan garis-garis halus pada kerutan, Bakuchiol juga efektif untuk mengatasi jerawat karena bersifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

    Temukan bahan aktif Bakuchiol sebagai salah satu cara untuk mengatasi jerawat-mu di serum BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying.

  • Salicylic Acid atau asam salisilat adalah salah satu bahan aktif yang dikenal ampuh sebagai antiinflamasi untuk mengurangi kemerahan dan iritasi.

    Salicylic Acid tidak hanya bekerja di permukaan kulit saja, namun juga berperan untuk mengeksfoliasi kulit di dalam hair follicle sehingga membuat pori-pori yang tersumbat jerawat menjadi lebih bersih.

    Kandungan Salicylic Acid terkandung dalam moisturizer BASE Ultra Clarity Balancing Lotion.

  • Japanese Knotweed berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang bekerja sebagai detoks alami untuk tubuh untuk melawan radikal bebas dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

    Ekstrak dari tanaman ini mampu mengontrol produksi sebum berlebih dan bakteri penyebab jerawat 20x lebih efektif daripada benzoyl peroxide dengan efek samping minimal.

    Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum dengan kandungan Japanese Knotweed menjadi salah satu produk yang efektif untuk cara mengatasi jerawat.

Kenali Perbedaan Bekas Jerawat PIH dan PIE

Setelah mereda, biasanya jerawat akan meninggalkan bekas. Bekas jerawat punya jenis yang beragam dan semuanya sama-sama bikin resah, apalagi kalau nggak tahu cara mengatasinya.

Kalau BASE Friends masih ingat, di blog sebelumnya BASE Team sudah sempat menjelaskan bahwa bekas jerawat jenisnya beragam, ada yang namanya Post inflammatory Hyperpigmentation (PIH) dan Post-inflammatory Erythema (PIE).

Warna dari PIH bekas jerawat biasanya berwarna cokelat bahkan hitam. Sedangkan PIE biasanya berwarna kemerahan dan ungu. Tergantung skintone dan tingkat keparahan jerawat. Ketahui penyebab terbentuknya PIH dan PIE, di sini.

Good News! PIH nggak bersifat permanen dan pasti bakal hilang. Kalau ditangani dengan tepat. Contohnya dengan penggunaan serum yang mengandung vitamin C.

Cara Efektif Mendapat Manfaat Vitamin C dari Serum

Vitamin C merupakan salah satu kandungan pencerah terbaik sehingga membuatnya menjadi kunci untuk mendapatkan warna kulit yang cerah merata dan bebas dari hiperpigmentasi.

Selain mampu memudarkan noda akibat sinar UV, dan noda hitam bekas jerawat PIH, vitamin C juga mampu menghambat produksi melanin atau zat pigmen kulit dan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen serta elastin yang banyak sehingga kulit tetap kenyal dan kencang.

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin C sebagai kandungan yang ampuh dalam mengatasi noda bekas jerawat, penggunaannya pun tidak bisa sembarangan. Misalnya, jangan asal menggosokan irisan jeruk di noda bekas jerawatmu.

Kandungan asam dalam jeruk yang nggak terukur dosisnya, dapat membuat kulit wajahmu menjadi iritasi. Apalagi kalau kamu pemilik jenis kulit sensitif. Cara yang tepat adalah dengan memasukan penggunaan serum yang memiliki kandungan vitamin C ke dalam skincare routine-mu.

Camu Camu yang terkandung dalam Daily Radiance & Multi-Protection Serum, merupakan bahan aktif dengan kandungan vitamin C yang 30 kali hingga 60 kali lebih tinggi daripada jeruk sehingga ampuh dalam meratakan warna kulit hingga memudarkan noda bekas jerawat PIH dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati.

Tekstur serum BASE Daily Radiance & Multi-Protection Serum ini sangat ringan dan mudah meresap tanpa meninggalkan rasa lengket, serta aman digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan POLLUSTOP® dan Ectoin® yang terkandung dalam serum ini juga mampu melindungi dan mencegah kulitmu dari kerusakan akibat polusi dan sinar UV.

Untuk urusan cara mengatasi jerawat dan memudarkan bekas jerawat, percayakan pada BASE Daily Radiance & Multi-Protection Serum. Hello, bright skin!

Referensi:

Lindberg, S. (2020). What Are the Benefits of Using a Face Serum? Healthline Media

Davis, E.C. MD & Callender, V. D. (2010). Postinflammatory Hyperpigmentation. National Library of Medicine: 3(7): 20–31.

Brennan, D. MD. (2021). What to Know About Post-Inflammatory Erythema. WebMD

Dhaliwal, S et al. (2018). Prospective, randomized, double-blind assessment of topical bakuchiol and retinol for facial photoageing. National Library of Medicine: 10.1111/bjd.16918

Sissons, B. (2021). Is salicylic acid good for acne? Healthline Media

Cucu, A. A. et al. (2021). New Approaches on Japanese Knotweed (Fallopia japonica) Bioactive Compounds and Their Potential of Pharmacological and Beekeeping Activities: Challenges and Future Directions. National Library of Medicine: 10.3390/plants10122621

Timmons, J. (2021). The Benefits of a Vitamin C Facial for Bright, Smooth Skin. Healthline Media

Garcia, V. A. S., Borges, J. G., Vanin, F. M., & Carvalho R. A. (2020). Vitamin C stability in acerola and camu-camu powder obtained by spray drying. Brazilian Journal of Food Technology: 23, e2019237.

Was this article helpful?