searchclear input

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

sunscreen, kulit kering, sunscreen untuk kulit kering

Paparan dari sinar matahari dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit secara menyeluruh. Itu sebabnya kamu dianjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Tidak hanya digunakan saat hendak beraktivitas di rumah, sunscreen juga disarankan untuk digunakan meski kamu hanya beraktivitas di dalam rumah. Alasannya karena sinar UV bisa menembus jendela dan berdampak pada kulit.

Meski sudah tahu pentingnya sunscreen, masih banyak orang yang belum rutin menggunakan produk ini. Salah satu alasannya karena merasa kurang cocok dengan tekstur sunscreen yang umumnya lebih tebal dari moisturizer. Tidak jarang juga sunscreen meninggalkan rasa lengket, sehingga kurang nyaman pada kulit.

Selain soal teksturnya, pemilihan sunscreen mungkin dirasa tricky bagi pemilik kulit kering. Umumnya, orang dengan kulit kering memiliki kondisi lebih rentan dan sensitif terhadap alergen atau zat tertentu. Akibatnya kulit kering biasanya mengalami kulit kemerahan, perih, hingga gatal ketika menggunakan sunscreen yang tidak cocok. Namun, ini bukan berarti kamu perlu meninggalkan sunscreen, ya!

Baca juga: Cara Memilih Produk Sunscreen Terbaik Agar Kulit Tidak Kusam

Penelitian dari National Library of Medicine Amerika Serikat dengan judul "Solar UV Radiation Reduces the Barrier Function of Human Skin menyebutkan bahwa menghilangkan sunscreen dari rutinitas skincare dapat membuat skin barrier menjadi lebih lemah. Minyak alami di kulit dapat terkikis dan menyebabkan kulit terasa lebih kering dari sebelumnya.

Selain itu, tidak menggunakan sunscreen sama sekali juga akan membuat efek paparan sinar matahari semakin parah. Beberapa risiko masalah kulit yang bisa terjadi adalah kemerahan, iritasi, hingga bengkak akibat sunburn. Dalam kasus yang lebih serius, akumulasi paparan sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit.

Agar kulit kering tetap terlindungi secara maksimal, segera cari sunscreen yang dapat membantu melembapkan dan memberikan rasa nyaman di kulit, yuk! Simak tips memilih sunscreen untuk kulit kering berikut ini.

Baca juga: 6 Mitos Terbesar Seputar Sunscreen yang Harus Kamu Lupakan

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering

menggunakan sunscreen

Sebagai pemilik kulit kering, kamu harus mempertimbangkan setiap produk skincare yang digunakan, termasuk sunscreen. Dalam hal ini, sunscreen terbaik untuk kulit kering adalah sunscreen yang dapat memberikan dan menjaga hidrasi kulit, tanpa meninggalkan residu minyak atau kilap di kulit.

Dengan perlindungan dan kelembapan ekstra yang didapat dari sunscreen, kulit pun akan semakin terjaga kesehatannya. Jadi, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sunscreen untuk kulit kering?

1. Gunakan Sunscreen dengan Minimal SPF 30

Tingkat perlindungan sunscreen ditentukan dari kandungan SPF-nya. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, kamu disarankan untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++. Kandungan SPF dalam sunscreen akan melindungi kulit dari paparan sinar UVB, sementara PA akan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA. Mengutip dari American Academy of Dermatology, sunscreen dengan SPF 30 mampu menghalangi bahaya dari radiasi sinar UV sebesar 97 persen.

2. Memiliki Kandungan yang Melembapkan

Mencari sunscreen untuk kulit kering tidak hanya berfokus pada manfaat perlindungannya saja, melainkan juga kandungan di dalamnya. Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya pilih sunscreen yang menambah kelembapan ekstra di kulit. Perhatikan lagi kandungan pada sunscreen yang hendak kamu gunakan, apakah memiliki sifat melembapkan dan menghidrasi atau tidak.

3. Hindari Kandungan yang Mengiritasi Kulit

kulit iritasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit kering cenderung lebih sensitif dan rentan reaktif terhadap jenis kandungan tertentu. Biasanya, iritasi kulit menjadi reaksi yang paling umum saat kulit kering terpapar kandungan yang berbahaya.

Sama halnya dengan sunscreen untuk kulit kering, kamu perlu menghindari kandungan yang mengiritasi kulit. Beberapa contohnya adalah alkohol, paraben, dan parfum. Sebenarnya penggunaan bahan-bahan ini masih tergolong aman asalkan sesuai takaran yang dianjurkan. Namun, mengingat kulit kering memiliki sifat yang cenderung sensitif, sebaiknya kamu menghindari kandungan tersebut dan memilih produk dengan kandungan yang lebih lembut untuk kulit.

Baca juga: Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya dengan Skincare Kulit Sensitif

4. Bertekstur Ringan dan Mudah Meresap

Sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali. Inilah alasan mengapa kamu perlu memperhatikan tekstur sunscreen yang digunakan. Untuk kulit kering, cari sunscreen yang memiliki tekstur krim yang ringan atau berbahan dasar air (waterbased). Tekstur seperti ini akan memberikan efek menenangkan dan sensasi dingin pada kulit. Selain itu, tekstur krim yang ringan akan lebih mudah menyerap di kulit, sehingga tidak menimbulkan rasa lengket atau residu di kulit saat reapply.

5. Sunscreen Vegan Bisa Jadi Pilihan

sunscreen BASE

Sebagai alternatif yang lebih ramah untuk kulit, kamu bisa memilih sunscreen vegan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, skincare vegan menjadi pilihan yang lebih aman untuk kulit kering dan sensitif karena mengandung bahan alami yang diambil dari tumbuh-tumbuhan. Formulasinya pun lebih ringan dibandingkan skincare pada umumnya.

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Tabir surya dewy finish

Rp 169.000
Rp 143.650

SHOP NOW
BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Hybrid sunscreen with matte finish suitable for oily skin

Rp 169.000
Rp 143.650

SHOP NOW

Salah satu sunscreen vegan yang bisa kamu coba adalah BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++. Tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV, BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ juga memberikan perlindungan terhadap blue light yang berasal dari gadget maupun lampu berkat kandungan Carrot Oil dan Ectoin.

Sunscreen vegan ini juga diperkaya adaptogen Cherimoya yang dapat mengurangi kemerahan dan sensitivitas kulit. Dengan hasil akhir dewy yang tidak meninggalkan rasa lengket dan whitecast, Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ cocok digunakan di bawah makeup dan di iklim tropis.

Baca juga: Hero Ingredient: Cherimoya, Sebuah Adaptogen dan Manfaatnya Bagi Kulit

Cara Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Kering

sunscreen BASE

Setelah menemukan sunscreen yang tepat, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Ada empat tips yang bisa membantu kamu saat hendak mengaplikasikan sunscreen di kulit kering. Apa saja?

  • Bersihkan wajah dari kotoran dan minyak berlebih. Setelah itu aplikasikan toner, serum, dan pelembap untuk mengembalikan hidrasi kulit.
  • Sebagai tahap terakhir dari rutinitas skincare harian, aplikasikan sunscreen secara merata untuk mendapatkan potensi perlindungan maksimal. Kamu butuh mengaplikasikan setengah sendok teh sunscreen untuk melindungi area wajah dan leher.
  • Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen kembali setiap dua hingga tiga jam sekali. Terutama jika kamu melakukan aktivitas di luar rumah dan banyak terkena sinar matahari.
  • Jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen lagi di area sekitar mata dan telinga.

Baca juga: Beda Physical, Chemical, Vegan Sunscreen: Mana yang Terbaik?

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

skin quiz

Referensi:

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter