searchclear input

Langkah Eksfoliasi Wajah yang Benar Tanpa Mengiritasi Kulit

eksfoliasi, skincare

Eksfoliasi merupakan sebuah proses untuk mengangkat sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Langkah ini merupakan bagian dari rutinitas skincare yang sudah umum dan sering dilakukan. Namun, beberapa orang masih enggan untuk mencobanya karena takut akan efek samping yang bisa saja terjadi. Padahal, eksfoliasi berguna untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit akan tampak lebih cerah, lembut, memberikan tekstur halus, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Untuk melakukan eksfoliasi, penting mengetahui bagaimana langkah yang tepat serta beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah mengenali jenis kulit dan menggunakan produk eksfoliator yang sesuai dengan kebutuhan. Soalnya, ada beberapa kondisi kulit tertentu yang membutuhkan perhatian ekstra, terutama dari segi pemilihan bahan dan cara eksfoliasinya.

Baca juga: Eksfoliasi Wajah yang Tepat Untuk Kulit Unikmu

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, metode untuk melakukan eksfoliasi yang bisa dilakukan sendiri di rumah bisa dibagi dua, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Keduanya bisa disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit kamu.

Physical exfoliation biasanya menggunakan alat seperti sponge, brush, atau produk eksfoliasi dengan bahan scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati secara fisik dari luar. Sementara itu, chemical exfoliation menggunakan bahan-bahan yang dapat meresap ke dalam pori-pori kulit dan memecah sel kulit mati dari dalam lapisan kulit. Beberapa contoh kandungan yang biasa digunakan sebagai chemical exfoliant antara lain AHA, BHA, atau Mandelic Acid.

Nah, untuk mencegah over-exfoliating dan merasakan efek yang maksimal bagi kulit, ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan eksfoliasi.

Cara Melakukan Eksfoliasi yang Benar

eksfoliator

American Academy of Dermatology Association menjelaskan bahwa penting untuk memilih produk dengan hero ingredients yang aman bagi kulit sebelum melakukan eksfoliasi untuk pertama kali. Beberapa bahan yang digunakan dalam produk eksfoliasi memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Semakin kuat sebuah eksfoliator, semakin besar pula risiko munculnya efek samping pada kulit.

Untuk mengetahui bahan apa yang tepat, kamu perlu mengenal kulitmu terlebih dahulu. Caranya dengan melakukan patch test. Untuk kulit yang sensitif, kamu tidak hanya harus menguji produk eksfoliasi saja. Namun, semua produk skincare yang akan kamu pakai sebenarnya disarankan untuk diuji dulu pada kulitmu.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa mengoleskan sedikit produk skincare pada kulit lalu tutup dengan plester. Tunggu selama maksimal 1 x 24 jam untuk mengetahui reaksi kulit terhadap produk tersebut. Jika kulitmu menunjukkan reaksi alergi seperti kemerahan atau gatal, tandanya kamu tidak cocok dengan produk atau bahan dari skincare tersebut.

kulit sensitif

Saat kamu telah menemukan produk eksfoliasi yang tepat, pastikan kamu melakukan eksfoliasi saat kulitmu dalam kondisi stabil. Saat kondisi kulitmu berada dalam masa penyembuhan, kulit cenderung lebih sensitif. Itu sebabnya, memberikan perawatan lain, terutama eksfoliasi, dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit. Jadi pastikan kulitmu sudah benar-benar siap untuk menerima berbagai perawatan tambahan termasuk eksfoliasi ya.

Kamu bisa memulai eksfoliasi dengan frekuensi yang lebih sedikit. Di minggu pertama, coba untuk lakukan eksfoliasi sebanyak satu kali satu minggu. Jika dirasa aman, kamu bisa meningkatkan frekuensinya menjadi dua kali dalam satu minggu. Jangan lupa juga untuk membaca instruksi penggunaan produk berkaitan dengan durasi, frekuensi, atau dosis agar mendapatkan hasil yang maksimal, tanpa risiko over-exfoliating.

Selain eksfoliasi, imbangi dengan penggunaan rangkaian skincare lain untuk mendukung pemulihan kulit pasca pengelupasan sel kulit mati. Karena kondisi kulit setelah eksfoliasi rentan dan cenderung kering, maka pelembap dan tabir surya merupakan hal yang wajib kamu gunakan setiap hari.

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

[IMAGE SKIN TEST]skin quiz

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Eksfoliasi

Aplikasikan Pelembap Setelah Eksfoliasi

BASE ultra soothe moisture cream

Kondisi kulit pasca eksfoliasi akan terasa lebih kering dari biasanya. Moisturizer dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit serta mempercepat pemulihan kulit setelah eksfoliasi. Kamu bisa menggunakan moisturizer yang sifatnya ringan dan dapat menghidrasi kulit secara maksimal, tanpa menimbulkan reaksi negatif dengan kandungan eksfoliator yang kamu gunakan. Ultra Soothe Moisture Cream yang memiliki kandungan menenangkan kulit bisa menjadi pilihan pelembap yang cocok untuk kulit sensitif setelah eksfoliasi.

Lindungi Kulit dengan Tabir Surya

BASE ultra soothe natural sunscreen

Tabir surya juga menjadi produk yang wajib kamu pakai setelah melakukan proses eksfoliasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, eksfoliasi pada dasarnya mengangkat lapisan kulit terluar yang telah mati. Hal ini akan menyebabkan kulit lebih tipis untuk sementara waktu, sehingga lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Bahaya sinar UVA dan UVB tidak hanya dapat membakar kulitmu lebih cepat, tapi juga berisiko menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif. Kamu dapat menggunakan Ultra Soothe Natural Sunscreen dari BASE untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Baca juga: Cara Memakai Sunscreen Terbaik Biar Kulit Tidak Kusam

Hindari Menggunakan Skincare Berbahan Aktif dengan Konsentrasi Tinggi

skincare

Perhatikan produk skincare yang kamu gunakan setelah eksfoliasi, terutama produk dengan kandungan bahan aktif yang cukup kuat, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Hal ini akan berisiko jika digunakan setelah eksfoliasi, karena kulit menerima terlalu banyak treatment tanpa adanya waktu istirahat dan penyembuhan. Berikan jeda selama minimal 3 hari sebelum kamu mulai menggunakan produk anti-aging. Kamu juga bisa melakukan metode skin cycling untuk merasakan manfaat eksfoliator dan retinoid secara maksimal, tanpa perlu khawatir akan iritasi.

Perhatikan Kondisi Kulit

bercermin

Yuk, berikan perhatian ekstra untuk kulitmu saat akan melakukan eksfoliasi! Jika kulitmu sedang mengalami kemerahan atau breakout, sebaiknya kamu menunda melakukan eksfoliasi dan kembali fokus ke basic skin care. Begitu juga sebaliknya, saat kulit mengalami kemerahan atau breakout setelah eksfoliasi, beri waktu kulitmu untuk istirahat dahulu sebelum kembali melanjutkan proses eksfoliasi. Penting juga untuk mengecek kembali kandungan dari produk eksfoliasi yang kamu gunakan karena bisa jadi ada beberapa bahan yang tidak cocok untuk kulit.

BASE fresh clarifying clay mask

Jika kamu sempat mengalami kulit sensitif akibat over-exfoliating, pada jadwal eksfoliasi berikutnya, kamu bisa menggunakan Fresh Clarifying Clay Mask yang memiliki formula ringan untuk pemula dalam eksfoliasi maupun untuk kulit yang sensitif akibat efek samping over-exfoliating.

BASE Ultra Soothe Moisture Cream

BASE Ultra Soothe Moisture Cream

Face moisturizer to nourish and soothe sensitive skin

Rp 189.000

SHOP NOW
BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Tabir surya dewy finish

Rp 169.000
Rp 152.100

SHOP NOW
BASE Fresh Clarifying Clay Mask

BASE Fresh Clarifying Clay Mask

Clay mask that gently exfoliates to clarify congested pores

Rp 225.000
Rp 202.500

SHOP NOW

Kandungan Mandelic Acid di dalamnya merupakan alternatif dari AHA yang lebih aman untuk kulit sensitif karena akan bekerja di atas permukaan kulit secara lembut, tanpa terpenetrasi terlalu dalam. Selain itu, Fresh Clarifying Clay Mask juga mengandung Thyme Extract dan Camelina Sativa Seed Oil yang membantu menenangkan kulit dari iritasi dan membuatnya lebih segar di kulit.

Kamu bisa menggunakan Fresh Clarifying Clay Mask sebagai masker untuk membantu mengangkat kotoran di dalam pori-pori sekaligus mengangkat sisa sel kulit mati. Tidak hanya berfungsi sebagai eksfoliator, Fresh Clarifying Clay Mask juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih membunuh bakteri penyebab jerawat yang muncul pada kulit. Eksfoliasi kulit semakin aman bersama rangkaian skincare BASE.

Dapatkan BASE Fresh Clarifying Clay Mask seharga Rp225.000 di sini.

Referensi:

  1. American Academy of Dermatology Association. How to Safely Exfoliate at Home. 2022
  2. New York Times. How to Exfoliate Without Damaging Your Skin. May 2018
  3. Merita Grajgevci Kotori. Exfoliative Skin-peeling Benefits from This Procedure and Our Experience. December 2015

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter