search-box
Search blog...

Cara Jitu Mengatasi dan Memudarkan Bekas Jerawat Membandel

bekas jerawat, sunscreen, mengatasi bekas jerawat

Jerawatan memang bikin insecure, apalagi kalau timbulnya di wajah. Tetapi, bekas jerawat juga nggak kalah menyebalkan. Meski nggak selalu menimbulkan permasalahan kulit yang serius, bekas jerawat membuat beberapa orang jadi nggak percaya diri karena warna dari noda bekas jerawat cukup mengganggu penampilan.

Baca dulu jenis-jenis bekas jerawat di blog ini untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya ya!

Tenang! Jerawat dan bekas jerawat dipastikan bisa hilang kok, dengan perawatan yang tepat, tentunya. Untuk dapat lebih memahami tentang cara mengatasi jerawat, pahami dulu jenis jerawatmu. Lalu, ikuti basic skincare routine ini, sebagai cara mengatasi jerawat membandel-mu.

Apa saja sih, trik yang harus dilakukan untuk memudarkan bekas jerawat?

Gunakan Serum dengan Kandungan yang Tepat

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) adalah salah satu jenis bekas jerawat dengan ciri meninggalkan noda bekas jerawat berwarna kemerahan atau kecokelatan di wajah.

PIH disebabkan oleh produksi melanin berlebih yang merupakan akibat dari peradangan kulit. Berikut adalah kandungan skincare berbahan vegan yang bisa membantu memudarkan PIH dengan cepat:

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang dikenal dapat mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat serta mengurangi kemerahan.

Selain memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar UV, vitamin C juga menjadi salah satu kandungan yang berkhasiat secara ampuh sebagai cara untuk mengatasi jerawat karena bersifat antiinflamasi sehingga mampu mengontrol produksi sebum (minyak) berlebih.

Myrciaria Dubia Fruit Extract atau dikenal sebagai ekstrak buah Camu-camu sebagai hero Ingredients yang ada pada BASE Daily Radiance & Multi-Protection Serum mengandung vitamin C yang 30 - 60x lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk sehingga ampuh untuk memudarkan bekas jerawat dan memberikan segudang manfaat lainnya bagi kulit.

Bakuchiol

Bakuchiol dikenal sebagai alternatif yang lebih lembut dari retinol. Kandungan ini berasal dari tanaman bernama Bakuchi sebagai kandungan yang natural dan 100% vegan.

Berdasarkan studi, Bakuchiol mampu mengurangi garis halus dan kerutan, membantu mengatasi hiperpigmentasi, hingga mengencangkan elastisitas kulit, layaknya retinol.

Ekstrak dari tanaman ini bersifat sebagai antiinflamasi, antibakteri, antifungal, dan antioksidan sehingga cocok sebagai kandungan yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

Kandungan aktif ini, dapat kamu temukan dalam BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum yang ampuh melawan jerawat, mengurangi bekasnya, sekaligus mengontrol sebum dan mengecilkan penampilan pori-pori.

Gunakan Sunscreen Sebagai Pelindungi Zat Melanin Kulit

Sunscreen memiliki banyak manfaat bagi kulit. Selain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ternyata sunscreen dapat mencegah produksi pigmen atau melanin yang berlebih.

Jika digunakan secara rutin, sunscreen juga dapat mencegah masalah kulit lainnya, seperti kulit kasar, kering, dan iritasi yang disebabkan oleh radiasi dari sinar UVB, serta tampilan kulit yang tidak merata yang mengakibatkan munculnya flek hitam akibat dari paparan sinar UVA.

Menurut penelitian, kulit orang Asia rentan terhadap munculnya hiperpigmentasi atau flek hitam dan mudah berbekas kalau berjerawat karena struktur lapisan kulit Asia yang cenderung tipis.

Cobalah dengan mengaplikasikan BASE Ultra Matte Natural Sunscreen, setiap harinya. Dengan kandungan SPF 50 PA +++, vitamin E dan C, sunscreen ini akan melindungi BASE Friends dari hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV.

Padankan BASE Daily Radiance & Multi-Protection Serum yang bekerja mencerahkan kulit dan BASE Ultra Matte Natural Sunscreen sebagai pelindung dari sinar UV agar hiperpigmentasi tidak bertambah atau menggelap untuk mendapatkan kulit bebas bekas jerawat.

Referensi:

Bellefonds, C. (2022). 8 Ways to Get Rid of Acne Scars for Good. Healthline

Wu, N. (2021). 8 Ways to Get Rid of Acne Scars for Good. WebMD

Chaudhuri, R. K., et al. (2014). Bakuchiol: A retinol-like functional compound revealed by gene expression profiling and clinically proven to have anti-aging effects. DOI: 10.1111/ics.12117

Shrestha, S., et al. (2018). Pharmacognostical Evaluation of Psoralea Corylifolia Linn Seed. J Ayurveda Integr Med, 9 (3) (2018), pp. 209-212

Nunez, K. (2022). Is It Possible to Decrease Melanin Production or Deposits for Lighter Skin? Healthline

Wu, M. X., Antony, R. & Mayrovitz, H. N. (2021). Melasma: A Condition of Asian Skin. National Library of Medicine: 10.7759/cureus.14398

Chaudhuri, R. K., & Bojanowski, K. (2014). Bakuchiol: a retinol-like functional compound revealed by gene expression profiling and clinically proven to have anti-aging effects. International Journal of cosmetic science, 36(3), 221–230. https://doi.org/10.1111/ics.12117

Was this article helpful?