searchclear input

Perawatan Wajah Berjerawat dan Komedo dengan BASE Fresh Clarifying Clay Mask

Skincare, Komedo, Jerawat, clay mask

Dalam pembahasan skincare routine, eksfoliasi merupakan salah satu tahap yang seringkali disebutkan. Pasalnya, eksfoliasi memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit, dengan manfaatnya untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, termasuk untuk mencegah komedo dan jerawat.

Jerawat dan komedo menjadi salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia. Faktor iklim yang lembab serta paparan debu dan polusi membuat risiko terhadap timbulnya jerawat semakin meningkat. Kombinasi faktor-faktor tersebut membuat pori-pori kulit lebih mudah tersumbat hingga akhirnya menjadi jerawat.

Baca juga: 6 Jenis Jerawat dan Tips Cara Mengatasinya

Merawat wajah berjerawat dan komedo melibatkan perubahan kebiasaan pada rutinitas skincare. Mengutip dari laporan berjudul Diagnosis and Treatment of Acne, seseorang yang memiliki jerawat mungkin membutuhkan waktu sekitar delapan minggu untuk bisa melihat apakah produk yang digunakan benar-benar efektif.

Nah, untuk mengatasi sekaligus mencegah timbulnya komedo dan jerawat, diperlukan rangkaian perawatan kulit yang tepat, termasuk eksfoliasi rutin untuk menjaga kebersihan pori-pori. Apa saja skincare routine yang diperlukan oleh kulit berjerawat dan komedo? Yuk, simak di sini.

Skincare Routine untuk Kulit Berjerawat dan Komedo

Nine to Ten Nourishing Cleanser

Nine to Ten Nourishing Cleanser

Balancing face cleanser

Rp 98.000
Rp 93.100

SHOP NOW
Freshly Dew Toner

Freshly Dew Toner

Balancing toner

Rp 159.000
Rp 151.050

SHOP NOW
Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum

Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum

Serum multifungsi untuk kulit berminyak dan berjerawat

Rp 159.000
Rp 151.050

SHOP NOW
Ultra Clarity Balancing Lotion

Ultra Clarity Balancing Lotion

Balancing moisturizer

Rp 189.000
Rp 179.550

SHOP NOW
Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Sunscreen with matte finish

Rp 169.000
Rp 160.550

SHOP NOW
Fresh Clarifying Clay Mask

Fresh Clarifying Clay Mask

Exfoliating Clay Mask

Rp 225.000
Rp 213.750

SHOP NOW

Gunakan Gentle Cleanser

Membersihkan wajah menjadi tahapan yang paling penting dalam semua rutinitas skincare. Namun, kamu perlu memberikan perhatian ekstra bagi kondisi kulit yang sedang berjerawat dan berkomedo. Jika ada jerawat yang meradang, pilih produk pembersih wajah yang ringan namun tetap efektif dalam membersihkan kulit. Salah satunya pembersih wajah dari BASE, Nine to Ten Nourishing Cleanser.

cleanser

Pembersih wajah yang satu ini diformulasikan khusus untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Dengan formulasi yang lembut, kulit tidak akan terasa kaku atau kering setelah mencuci muka karena terdapat kandungan Olive Squalane dan May Chang Oil yang melembapkan. Dilengkapi juga dengan Niacinamide yang berfungsi untuk mengontrol produksi sebum di wajah. Setelah membersihkan wajah, kulit juga akan terasa lebih nyaman berkat kandungan Chamomile Water di dalamnya.

Jaga Hidrasi Kulit dengan Toner

toner

Setelah mencuci muka, aplikasikan toner untuk mengembalikan hidrasi di kulit. Untuk pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, BASE menghadirkan BASE Freshly Dew Toner. Toner vegan ini mengandung Cucumber Extract untuk menyegarkan dan mengembalikan hidrasi kulit setelah mencuci muka.

Terdapat juga kandungan Witch Hazel dan Chamomile Water yang akan membantu mengatasi jerawat dengan cara mengurangi minyak berlebih dan menenangkan inflamasi. Toner ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki jerawat meradang. Selain itu, toner ini juga akan menutrisi kulit dengan kandungan Vitamin E di dalamnya.

Baca juga: Temukan 3 Bahan Vegan Alternatif Lembut Lawan Jerawat di BASE Skincare

Atasi Jerawat dari Sumbernya

serum

Setelah menggunakan toner, ini saatnya kamu untuk mengatasi jerawat dari sumbernya. BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum memiliki beragam mode aktif yang diformulasikan menggunakan Bioteknologi sehingga membantu kulit mencapai kondisi yang sehat dengan tiga manfaat, yakni merawat, mencegah, dan melindungi kulit dari jerawat.

Nah, perlu dipahami juga bahwa sebenarnya kehadiran minyak pada kulit tidak selalu menjadi hal yang buruk. Minyak alami kulit berperan untuk menjaga hidrasi kulit dan memastikan kulit tetap sehat. Permasalahannya, jika produksi minyak terlalu banyak justru akan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Masalah ini bisa diatasi dengan sederet kandungan yang ada di BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum.

Mengandung Bakuchiol dari India, BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum akan membantu mengurangi inflamasi pada jerawat sekaligus mengurangi tampilan bekas jerawat itu sendiri. Setelah jerawat sembuh, Bakuchiol akan berfungsi mengatur produksi sebum di wajah yang menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Selain itu, serum ini dilengkapi dengan Japanese Knotweed yang memiliki anti bakteri 20 kali lebih efektif dalam menghambat jerawat daripada benzoyl peroxide. Kandungan ini juga memaksimalkan fungsi anti inflamasi karena kaya akan Resveratrol. Tidak hanya merawat dan mencegah, Japanese Knotweed juga memiliki fungsi proteksi dengan mengoksidasi sebum sehingga bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri untuk keseimbangan mikrobioma di kulit.

Untuk menyamarkan tampilan pori-pori, BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum mengandung Mastic Gum dari Yunani. Kandungan ini akan mengatur produk sebum yang akan menghidrasi kulit sekaligus memperbaiki tekstur kulit.

Berikan Kelembapan Agar Kulit Terawat

moisturizer

Kunci dalam merawat jerawat dan komedo tidak hanya pada pembersihan wajah yang mendalam melainkan juga kelembapan yang maksimal di kulit. Sehingga tidak ada ruang bagi debu dan kotoran untuk tetap tinggal. Setelah menggunakan serum, kamu bisa mengunci kelembapan kulit dengan pelembap organik dan vegan dari BASE.

Adalah Ultra Clarity Balancing Lotion yang memiliki tekstur ringan untuk membantu meredakan jerawat, menyembuhkan jerawat lebih cepat, dan menyeimbangkan produksi minyak di kulit. Pelembap ini mengandung Salicylic Acid (BHA) yang sangat bermanfaat bagi kulit berjerawat. Kandungan ini juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori tersumbat karena mengandung BHA yang akan mengeksfoliasi kulit.

Ada juga kandungan Tea Tree Oil yang memiliki properti antibakteri dan efektif mengurangi bakteri penyebab jerawat. Sekaligus mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat. Sementara kandungan Niacinamide akan membantu menyeimbangkan dan mengurangi sebum atau minyak berlebih. Kandungan Jojoba Oil turut berperan untuk memberikan kelembapan yang tahan lama di kulit sehingga tidak memproduksi minyak lebih banyak.

Perlindungan Tanpa Pori Tersumbat

sunscreen

Perawatan yang kamu lakukan di atas akan sia-sia jika tidak memberikan proteksi tambahan di kulit. Paparan sinar matahari dan blue light cenderung membuat kulit kering sehingga produksi minyak di kulit akan berlebih. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan sunscreen sebagai tahap akhir dari rangkaian perawatan kulit berjerawat dan komedo.

Untuk kulit berminyak, BASE memiliki Ultra Matte Natural Sunscreen yang tidak hanya sekadar memberikan proteksi melainkan juga mencegah pori-pori tersumbat. Ini berkat kandungan Raspberry dan Blackcurrant Leaf Extract yang berfungsi untuk mengontrol minyak. Dilengkapi dengan Carrot Oil dan Ectoin untuk proteksi menyeluruh dari blue light, kerusakan UV, dan radikal bebas.

Rutin Eksfoliasi

fresh clarifying clay mask

Eksfoliasi perlu dilakukan secara rutin untuk memaksimalkan pergantian sel-sel kulit sekaligus membersihkan kulit dari debu, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kamu bisa melakukan eksfoliasi sebagai rutinitas skincare mingguan dengan frekuensi dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Sebagai rekomendasi perawatan kulit mingguan, kamu bisa menggunakan BASE Fresh Clarifying Clay Mask yang merupakan clay mask vegan dan organik. BASE Fresh Clarifying Clay Mask menggunakan Mandelic Acid dari almond yang memiliki tekstur ringan sehingga meminimalisir iritasi kulit.

Clay mask ini pada dasarnya memanfaatkan bentonite dan kaolin clay sebagai bahan utama untuk menyerap minyak berlebih sekaligus membersihkan kotoran dari pori-pori. Cooling sensation menjadi hal yang paling kamu rasakan saat mengaplikasikan clay mask ini berkat kandungan peppermint oil. Dengan aroma dan sensasi menyejukkan, kamu akan lebih rileks saat melakukan rutinitas ini selama 7-10 menit, setelah itu bilas sampai bersih.

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

skin test

Referensi:

Titus, Steven, Joshua Hodge. 2012. Diagnosis and Treatment of Acne.American Family Physician. 2012;86(8):734-740

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback