search-box
Search blog...

Temukan 3 Bahan Vegan Alternatif Lembut Lawan Jerawat di BASE Skincare

Temukan 3 Bahan Vegan Alternatif Lembut Lawan Jerawat di BASE Skincare

Mitos atau fakta ya, kalau bahan aktif vegan itu kurang efektif dibanding dengan yang non-vegan apalagi dalam hal menyelesaikan masalah jerawat? Mayoritas berpendapat kalau bahan aktif yang “kimia” memiliki efikasi yang lebih tinggi dibanding vegan karena vegan adalah bahan alami.

Padahal, bahan vegan juga efektif dan tidak kalah dalam menangani permasalahan jerawat. Langsung saja kita bahas apa saja bahan vegan di BASE skincare sebagai alternatif lembut lawan jerawat.

Tea Tree Oil Sebagai Alternatif Benzoyl Peroxide

Untuk kamu yang sudah lama berjuang melawan jerawat pasti sudah mengenal yang namanya Benzoyl Peroxide atau BPO. Pengobatan konvensional seperti BPO bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Coba yuk kita bandingkan dengan Tea Tree Oil yang merupakan essential oil yang didapatkan dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. Manfaat Tea Tree Oil sudah sering dipakai pada bidang medis, sebagai anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakteri, dan antioksidan.

Obat jerawat konvensional pada umumnya memiliki efek samping seperti gatal, kemerahan, pengelupasan kulit serta terjadi efek resisten terhadap bakteri apabila penggunaannya tidak sesuai anjuran.

Menurut Indian Journal of Natural and Resources, Tea Tree Oil ini memiliki efek samping yang lebih ringan daripada BPO dan obat jerawat konvesional lain pada umumnya. Salah satu efek samping penggunaan Tea Tree Oil adalah iritasi atau reaksi alergi.

Tidak akan ada pengelupasan jika Tea Tree Oil digunakan tidak dengan presentase tinggi. Selain memiliki efek samping yang lebih ringan, Tea Tree Oil juga tidak menyebabkan resistensi terhadap bakteri.

Cari tahu 5 manfaat dan kelebihan skincare plant-based alias vegan terhadap kulitmu dan lingkungan di sini.

Calendula Untuk Kamu Yang Sensitif

Tumbuhan satu ini biasa juga dikenal sebagai pot marigold yang biasa digunakan sebagai obat oleh penduduk asli di India, Eropa, Amerika, dan China. Bunga dan daun dari Calendula ini memiliki banyak manfaat dalam bidang medis, seperti anti-inflamasi, anti-bakteri, dan antioksidan.

Calendula juga kaya akan flavonoid yang terbukti memberikan efek antimikroba terhadap bakteri P. acnes menurut Indian Journal of Natural and Resources. Selain antimikroba kandungan terpenoid pada Calendula juga memberikan efek anti-inflamasi bagus untuk meredakan peradangan pada jerawat.

Umumnya, Calendula tidak memiliki efek samping dan cocok digunakan bagi kulit sensitif sekalipun. Namun, jangan lupa untuk selalu patch test sebelum mencoba skincare baru ya.

Camellia sinensis atau Teh Hijau Untuk Kontrol Minyak dan Jerawat

Teh hijau yang tidak difermentasi banyak mengandung antioksidan. Tetapi tidak hanya antioksidan saja, menurut Geriatrics & gerontology international, teh hijau mengandung zat aktif seperti polifenol yang termasuk dalam katekin sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri, dan antioksidan. Dengan sejuta manfaat, tidak heran kalau teh hijau sering kita temui di produk-produk skincare untuk menenangkan kulit yang berjerawat.

Kandungan katekin ini menurut jurnal dari Indian Journal of Natural and Resources memberikan efek antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat ini, yang sudah kita sangat kita kenal namanya P. acnes. Selain membantu menghambat pertumbuhan P. acnes green tea juga menenangkan kulit kemerahan akibat jerawat.

Referensi:

  1. Gaur, S., & Agnihotri, R. (2014). Green tea: a novel functional food for the oral health of older adults. Geriatrics & gerontology international, 14(2), 238–250. https://doi.org/10.1111/ggi.12194
  2. Nasri, H., Bahmani, M., Shahinfard, N., Moradi Nafchi, A., Saberianpour, S., & Rafieian Kopaei, M. (2015). Medicinal Plants for the Treatment of Acne Vulgaris: A Review of Recent Evidences. Jundishapur journal of microbiology, 8(11), e25580. https://doi.org/10.5812/jjm.25580
  3. Nand, P., Drabu, S., & Gupta, R. K. (2012). Phytochemical and antimicrobial screening of medicinal plants for the treatment of acne. Indian Journal of Natural and Resources, 3(1). http://nopr.niscair.res.in/bitstream/123456789/13803/1/IJNPR 3(1) 28-32.pdf

Was this article helpful?