searchclear input

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengatasi Tanda Penuaan Dini dengan Skincare?

anti-aging, skincare

Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan metabolisme yang mempengaruhi fungsi dan penampilan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit. Namun, tanda-tanda penuaan dapat terjadi lebih cepat daripada seharusnya, yang dikenal sebagai penuaan dini.

Penuaan dini merupakan perubahan pada kulit yang dijelaskan dalam jurnal berjudul “Defining Skin Aging And Its Risk Factors: A Systematic Review And Meta-Analysis”. Perubahan ini dapat terjadi baik secara internal maupun eksternal, tergantung pada faktor epidemiologis yang mempengaruhi proses penuaan kulit.

Dalam jurnal tersebut, juga disebutkan bahwa proses penuaan dini dapat terjadi antara usia 20-25 tahun dan ditandai dengan munculnya kerutan di wajah dan flek hitam. Faktor penyebabnya dapat berasal dari gaya hidup, paparan sinar matahari, dan penggunaan produk skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit.

Kesadaran akan pentingnya merawat kulit sejak dini meningkatkan minat orang untuk menggunakan skincare yang ditargetkan untuk mencegah penuaan dini di kulit. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk perawatan kulit yang tepat dan disesuaikan dengan jenis kulit serta menghindari faktor-faktor yang dapat mempercepat penuaan dini seperti paparan sinar matahari berlebihan dan merokok.

Untuk tahu lebih lanjut tentang perawatan untuk tanda penuaan, simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Skincare untuk Mengatasi Tanda Penuaan

tanda penuaan

Ketika membahas mengenai upaya pencegahan munculnya tanda-tanda penuaan, seringkali muncul istilah anti-aging, namun, istilah tersebut kini mulai tergantikan karena penuaan bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan, melainkan proses yang terjadi secara alami. Alih-alih anti-aging, kini tak sedikit penggiat beauty yang menyebutkan dengan istilah pro-aging atau well-aging.

Ya, penampilan akan terlihat menua secara alami seiring bertambahnya usia, namun tidak ada salahnya pula untuk memperlambat atau mencegah tanda penuaan tersebut datang lebih dini. Pasalnya, dengan faktor stres, polusi, serta pola hidup kurang sehat, kini tanda penuaan dini semakin sering dijumpai pada usia yang makin muda. Nah, untuk merawat kulit agar senantiasa sehat sesuai dengan usianya masing-masing, kamu bisa menggunakan skincare yang ditargetkan untuk mengatasi tanda penuaan.

Dalam dunia kecantikan, terdapat berbagai jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Perawatan tersebut dapat berupa skincare, perawatan non-invasif, dan perawatan invasif. Pilihan jenis perawatan yang tepat akan tergantung pada tingkat keparahan tanda-tanda penuaan yang sudah muncul.

Penting untuk memilih jenis perawatan yang tepat dan aman untuk kulit. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dokter kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan jenis perawatan yang akan digunakan. Menggunakan produk skincare yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara keseluruhan.

Baca juga: Tips Menjaga Kulit Tetap Kencang dengan Skincare Vegan

Kapan Harus Melakukan Perawatan Well-Aging?

perawatan well-aging

Perawatan kulit untuk mengatasi tanda-tanda penuaan umumnya dilakukan ketika muncul kerutan atau garis halus pada wajah. Tanda-tanda penuaan biasanya mulai muncul sekitar usia 30-an, ketika metabolisme tubuh dan proses regenerasi kulit melambat. Oleh karena itu, disarankan untuk mulai beralih ke rangkaian perawatan kulit yang fokus mengatasi tanda penuaan ketika memasuki usia 30-an.

Untuk kamu yang masih berada di awal usia 20-an, sebenarnya belum membutuhkan perawatan anti-aging sebagai rutinitas skincare. Regenerasi kulit umumnya masih berjalan dengan optimal dan efektif pada usia ini. Namun, saat memasuki pertengahan usia 20-an, produksi kolagen pada tubuh mulai berkurang sehingga berisiko menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Untuk menghindari tanda-tanda penuaan dini, penting untuk menjaga kelembaban kulit, menggunakan produk skincare yang tepat, serta menghindari faktor-faktor yang dapat merusak kulit seperti paparan sinar matahari dan merokok. Dengan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, kita dapat memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Soal kapan waktu yang tepat untuk menggunakan skincare well-aging sebenarnya tidak bisa diukur dari faktor usia saja. Kamu juga perlu memperhatikan adanya tanda penuaan yang muncul di kulit. Beberapa ciri penuaan yang bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah perlu menggunakan skincare well-aging di antaranya meliputi kerutan di sekitar mata dan alis, pipi yang lebih cekung, tampilan garis senyum di area bibir, serta berkurangnya elastisitas kulit.

Lantas, apakah boleh menggunakan perawatan well-aging meski belum memiliki tanda penuaan di kulit? Sejumlah ahli menyebutkan bahwa tidak ada larangan untuk menggunakan perawatan well-aging, meski belum memiliki tanda penuaan. Justru semakin dini perawatan well-aging digunakan, akan memberikan hasil yang lebih baik juga.

Baca juga: Atasi Penuaan Dini dengan Menambahkan Serum Anti-Aging di Skincare Routine

Rekomendasi Skincare Well-Aging untuk Mengatasi Tanda Penuaan

base skincare

Jika kamu sedang mencari rangkaian skin care untuk perawatan well-aging, BASE punya beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu coba.

1. Rich Moisture & Youthful Firming Serum

base rich moisture & youthful firming serum

Sebagai skincare vegan, BASE hadir dengan produk well-aging yang aman digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Salah satunya adalah Rich Moisture & Youthful Firming Serum. Dengan tekstur yang ringan, Rich Moisture & Youthful Firming Serum dari BASE bisa menjadi permulaan yang tepat untuk perawatan anti-aging.

Menggunakan Quinoa Seed Extract sebagai bahan utama yang memiliki kandungan Peptida, serum ini bekerja seperti botoks alami yang teruji dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit. Peptida natural dari Quinoa Seed bekerja dengan cara meregenerasi sel kulit baru dan memperbaiki struktur kulit, sehingga membantu mengurangi tampilan garis halus secara alami.

Baca juga: Hero Ingredients: Quinoa Extract Sebagai Serum Anti-Aging Terbaik

Serum ini juga diperkaya kandungan Electric Daisy yang mengandung Spilanthol, sebuah fatty acid yang mampu mengencangkan kerutan dan keriput secara alami. Dari hasil uji in vivo, ekstrak Electric Daisy terbukti mampu memperhalus tekstur kulit sejak hari pertama pemakaian dan memudar setelah 14 hari pemakaian.

BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Serum to combat signs of aging as a retinol alternative

Rp 159.000

SHOP NOW

Jika skincare anti-aging dikorelasikan dengan kandungan antioksidan, BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum memilih kandungan Astaxanthin dari alga merah sebagai antioksidan yang dapat mengurangi kerutan secara alami. Kandungan antioksidan dalam Astaxanthin berperan sebagai fungsi proteksi dengan melindungi fibroblast dari paparan radikal bebas. Lapisan fibroblast ini berfungsi untuk mengatur struktur sel dan menjaga tekstur kulit tetap halus.

Baca juga: Hero Ingredients: Astaxanthin Antioksidan Terbaik untuk Cegah Penuaan Dini

BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum direkomendasikan sebagai perawatan anti-aging untuk usia 28 hingga 40 tahun. Namun, kamu bisa menggunakan BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum sejak usia 20an sebagai bentuk preventif terhadap penuaan dini.

2. Youthful Concentrate Eye Serum

base youthful eye serum

Tanda penuaan paling cepat terlihat pada area mata. Tak heran, pasalnya kulit di area mata bekerja hampir tanpa henti setiap kita berkedip, sehingga rentan terbentuk kerutan pada ujung-ujung kelopak mata. Ditambah dengan faktor kulit area mata yang lebih tipis dan rapuh, perlu perhatian ekstra untuk menjaga kulit di area mata agar terhindar dari penuaan dini.

Untuk merawat kulit di area mata dari tanda penuaan, BASE secara khusus memformulasikan Youthful Concentrate Eye Serum yang diperkaya dengan kombinasi kandungan skincare untuk meremajakan kulit.

BASE Youthful Concentrate Eye Serum

BASE Youthful Concentrate Eye Serum

Eye serum to treat and prevent signs of aging around eyes

Rp 139.000

SHOP NOW

Serum mata ini hadir dengan sensasi menyejukkan dengan manfaat utama untuk mengurangi kerutan, menyamarkan mata puffy, dan mencerahkan lingkaran hitam. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vegan yang terdapat di dalamnya mulai dari Argireline yang bekerja menyerupai botoks dengan menargetkan, mengurangi, sekaligus membantu mencegah kerutan.

Selain Argireline, serum mata BASE juga dilengkapi dengan Bakuchiol yang menjadi alternatif lembut retinol yang bekerja efektif menjaga kolagen untuk kulit lebih kenyal dan kencang. Terdapat juga kandungan Ash Tree yang mendorong sirkulasi darah untuk mencerahkan dan mencegah lingkaran hitam

3. Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA++++

base ultra soothe natural sunscreen

Apakah kamu pernah mendengar ungkapan bahwa salah satu ‘anti-aging’ terbaik adalah sunscreen? Ya, menggunakan sunscreen sama pentingnya dengan penggunaan serum dalam upaya pencegahan munculnya tanda penuaan. Bukan tanpa alasan, penyebab terbesar munculnya tanda penuaan dini adalah paparan sinar UV dari matahari, karenanya sangatlah penting untuk kulit selalu terlindung dengan bantuan tabir surya.

Untuk perlindungan maksimal dari sinar UVA, UVB, sekaligus dari radiasi blue light yang terpancar dari perangkat elektronik, kamu bisa mempercayakan kulitmu pada BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen yang dilengkapi dengan proteksi maksimum SPF 50 PA++++.

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Tabir surya dewy finish

Rp 169.000

SHOP NOW

Tabir surya ini memiliki formula ringan menenangkan untuk proteksi sehari-hari dari UV dan blue light. Dengan hasil akhir dewy yang bebas lengket tanpa whitecast, cocok untuk iklim tropis. Terdapat kandungan adaptogenik Cherimoya di dalamnya untuk mengurangi kemerahan dan sensitivitas kulit. Serta dilengkapi juga dengan Carrot Oil dan Ectoin untuk proteksi menyeluruh dari Blue Light (HEV), kerusakan UV, dan radikal bebas.

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

skin quiz

Referensi:

Wong, Qi Yi Ambrose. 2021. Defining Skin Aging And Its Risk Factors: A Systematic Review And Meta-Analysis. 22075 (2021)

Zhang, Shoubing. 2018. Fighting against Skin Aging. 10.1177/0963689717725755

Gems, David. 2014. What is an anti-aging treatment?. https://doi.org/10.1016/j.exger.2014.07.003

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter