search-box
Search blog...

Hero Ingredients: Astaxanthin Antioksidan Terbaik untuk Cegah Penuaan Dini

anti-aging, serum, skincare

Astaxanthin merupakan sejenis pigmen yang berasal dari ganggang merah yang diproduksi dengan menggunakan bioteknologi. Perkebunan ganggang merah ini terletak di pesisir Jawa Tengah, loh! Lokasi pembudidayaan ganggang merah membutuhkan sinar matahari alami sepanjang tahun untuk menghasilkan Astaxanthin berkualitas tinggi sehingga mampu menjadi bahan skincare jagoan untuk melawan penuaan dini.

Astaxanthin mengandung Vitamin E, beta-karoten, asam lemak omega yang baik untuk kulit. Astaxanthin juga berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh dan kulit, seperti sebagai anti-aging, menghilangkan flek hitam, dan melawan radikal bebas. Melalui fibroblas yang terdapat pada Astaxanthin, mampu mengeluarkan protein kolagen yang berperan menjaga struktur sel serta menjaga kulit dari garis halus & kerutan.

Manfaat Astaxanthin

Sebagai Antioksidan Terbaik

Fungsi Astaxanthin untuk kulit yang paling utama adalah sebagai agen anti-aging terbaik yang ramah untuk kulit. Selain faktor usia, dari faktor eksternal, penuaan juga disebabkan oleh paparan zat-zat radikal bebas yang berasal dari polusi dan sinar matahari/UV, sehingga rentan mengalami penuaan dini.

Oleh karena itu, untuk mencegah penuaan dini, penting banget untuk menggunakan produk yang mengandung antioksidan agar kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Kenali skincare routine agar kulit terhidrasi dengan baik di sini!

Penelitian juga menyebutkan bahwa Astaxanthin dapat dengan mudah larut dalam lemak sehingga mampu melintasi membran sel dan bekerja dengan segera untuk memperbaiki kerusakan sel kulit akibat radikal bebas.

Mencegah Hiperpigmentasi

BASE Friends pasti sudah tahu, kalau sinar UV yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari langsung yang mengenai kulit bukan hanya membuat kulit tampak belang, tapi juga memicu flek hitam, bahkan gangguan kesehatan yang lebih parah, seperti kanker.

Penelitian menyebutkan bahwa hiperpigmentasi akibat efek buruk sinar matahari dapat diatasi dengan Astaxanthin yang berfungsi untuk melindungi dan meningkatkan kemampuan fibroblas, yaitu sel kulit yang berperan penting sebagai sistem perlindungan.

Selain berfungsi sebagai tabir surya yang ramah untuk kulit, Astaxanthin juga efektif mencerahkan kulit karena sifatnya yang mampu menghambat melanogenesis atau mengurangi produksi melanin pada kulit.

Nah, pastikan kamu menggunakan skincare dengan bahan alami yang mampu mencegah kekusaman pada kulit, ya!

Sebagai Serum Anti-Aging Terbaik

Menurut studi dalam vivo menyebutkan bahwa pengaplikasian Astaxanthin mampu mengurangi kulit kendur karena penuaan dalam waktu 3 minggu. Astaxanthin mengandung Vitamin E, beta-karoten, asam lemak omega yang baik untuk kulit. Astaxanthin melindungi kulit dengan melindungi fibroblas dari radikal bebas. Fibroblas mampu mendukung sel dan mengeluarkan kolagen protein untuk mempertahankan struktur sel, sehingga mampu menjaga kulit dari garis halus & kerutan.

BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum dengan kandungan Astaxanthin yang memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengobati dan mencegah kulit kemerahan, sensitivitas, dan peradangan. Serum Anti-Aging terbaik dari BASE ini ramah bagi kulit karena bukan hanya mengobati, tapi juga merawat dan melindungi skin barrier kamu sehingga dapat mencegah penuaan dini sedari dini.

Referensi:

  • Astaxanthin in Skin Health, Repair, and Disease: A Comprehensive Overview

  • Nutrition. 2018 April; 10(4): 522.

  • Published online 2018 April 22 doi:10.3390/nu10040522

  • Protective effects of astaxanthin on the skin: Recent scientific evidence, possible mechanisms, and potential indications

  • May 2019Journal of Cosmetic Dermatology 19(1)

  • DOI: 10.1111/jocd.13019

  • Ambati RR, Phang SM, Ravi S, Aswathanarayana RG. Astaxanthin: sources, extraction, stability, biological activity and commercial applications - a review. Drugs Mar. 2014;12(1):128-152. doi:10.3390/md12010128

  • Tominaga K, Hongo N, Karato M, Yamashita E. Cosmetic benefits of astaxanthin in human subjects. Acta Biochim Pol. 2012;59(1):43-47.

  • Davinelli S, Nielsen ME, Scapagnini G. Astaxanthin in skin health, repair, and disease: a comprehensive review. Nutrition. 2018;10(4):522. doi:10.3390/nu10040522

  • Ito N, Seki S, Ueda F. The protective role of astaxanthin for UV-induced skin damage in healthy individuals - a randomized, double-blind placebo-controlled trial. Nutrition. 2018;10(7):817. doi:10.3390/nu10070817

  • Astaxanthin: an ingredient review. Journal of Natural Medicine. 2012;4(2).

  • Knez Hrnčič M, Ivanovski M, Cör D, Knez . Chia seeds (salvia hispanica L.): an overview-phytochemical profile, isolation methods and applications. Molecule. 2019;25(1):11. doi:10.3390/molecule25010011

Was this article helpful?