searchclear input

Skincare Untuk Pemula: 6 Kebiasaan Kecil Untuk Kulit Sehat

Skincare Untuk Pemula: 6 Kebiasaan Kecil Untuk Kulit Sehat

Sudah rutin menggunakan produk skincare namun belum mendapatkan hasil yang diinginkan? Mungkin ada yang salah dari cara pemakaiannya, atau kita menghiraukan hal-hal kecil yang penting dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut enam kebiasaan menggunakan skincare untuk pemula, agar kulit kamu sehat dan bebas dari jerawat.

Berhenti Memencet Jerawat Sendiri

Memencet jerawat merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat jerawat kamu semakin parah. Biarkan masalah pencet-memencet dilempar langsung ke ahlinya. Menurut artikel dari situs kesehatan terkenal Healthline menyatakan bahwa, memencet jerawat sendiri dapat menimbulkan bekas jerawat yang susah hilang, bahkan sampai meninggalkan bekas luka.

Dikutip juga dari artikel yang sama, jika kamu mencoba untuk memencet jerawat, kemungkinan besar kamu juga mendorong bakteri dan isi jerawat jauh ke dalam pori-pori. Hal tersebut membuat jerawat semakin membengkak dan merah dikarenakan peradangan.

Cari tahu juga kebenaran dari 7 mitos skincare terkenal yang perlu kamu ketahui.

Membersihkah Wajah Dengan Benar

Apakah kamu tipe yang suka mencuci wajah asal kena sabun saja? Mencuci wajah adalah langkah penting dalam memulai rutinitas skincare untuk mendapatkan kulit sehat bebas jerawat. Pertama coba cuci wajah kamu sekitar 30 detik sampai 1 menit.

Salah satu tips penting tahapan skincare untuk pemula adalah membersihkan wajah dengan gerakan memutar ke atas untuk mencegah keriput. Selain itu, dengan gerakan memutar akan membantu menstimulasi aliran darah ke wajah.

Jangan Lupa Memakai Pelembap Wajah Siang dan Malam Hari

Dikutip dari Clinical medicine & research menyatakan bahwa ada tiga komponen utama dalam pelembap, dan salah satunya bersifat occlusive yang bertindak sebagai penahan berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembapan pada kulit.

Tidak memakai pelembap akan mengakibatkan kulit kehilangan hidrasi, hal ini biasa disebut sebagai trans-epidermal water loss, dimana jumlah air yang secara pasif menguap melalui kulit, sehingga kulit terasa lebih kering. Memakai pelembap akan menahan air tersebut untuk tidak menguap. Bahkan untuk kulit berminyak sekalipun kamu tetap harus menggunakan pelembap.

Memakai Toner Saat Wajah Masih Lembap Setelah Mencuci Wajah

Ternyata, membiarkan wajah kamu tidak terlalu kering setelah mencuci wajah ada manfaatnya, loh! Dikutip dari situs gaya hidup dan kesehatan Byrdie mengatakan bahwa, dengan keadaan kulit yang masih lembap akan membuat produk skincare selanjutnya mudah diserap, dalam wawancaranya dengan Facialist, Debby Thomas.

Selain itu, penggunaan toner bisa juga membantu membebaskan kamu dari jerawat? Baca di sini untuk mencari tahu.

Banyak Bukan Berarti Lebih Baik

Terkadang memilih produk skincare untuk pemula menjadi sangat membingungkan dengan banyaknya pilihan di luar sana. Padahal, kamu hanya memerlukan 5 produk skincare saja, yaitu pembersih wajah, toner, serum, pelembap wajah, dan sunscreen. Sedangkan eye cream dan masker berfungsi sebagai pelengkap.

Dikutip dari situs Refinery29 dalam wawancara dengan Dr. Pamela Benito, Aesthetic Doctor dan Skincare Expert, mengatakan bahwa menggunakan terlalu banyak produk skincare meningkatkan peluang kulit mengalami iritasi, khususnya untuk kulit sensitif dianjurkan untuk menggunakan satu sampai dua bahan aktif saja dalam satu rutinitas skincare.

Pakai Sunscreen Setiap Saat dan Waktu

The American Academy of Dermatology (AAD) merekomedasikan untuk memakai sunscreen sekitar SPF 30 atau lebih tinggi, tahan air, dan memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15 menit sebelum pergi keluar, dan aplikasikan kembali setiap dua jam agar kulit kamu tetap terlindungi.

Menurut artikel yang diambil dari Clinical, cosmetic and investigational dermatology mengatakan bahwa 90% tanda penuaan seperti, bintik hitam dan keriput datang dari paparan sinar matahari yang tidak terlindungi. Hal tersebut meningkatkan radikal bebas dalam kulit kita. Apakah kamu sudah pakai sunscreen hari ini?

Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti tidak lupa memakai pelembap dan tidak memencet jerawat sendiri dapat membuat kulit wajah kamu lebih sehat. Apakah kamu masih bingung dalam memilih produk skincare untuk pemula? Pilih skincare produk yang diformulasikan khusus untuk kulit kamu, mulai dengan mengikuti skin test dari BASE.

Referensi:

  1. Aiglon, Kelly. (2019). 15 Do’s and Don’ts for Washing Your Face the Right Way. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to#1
  2. Chularojanamontri, L., Tuchinda, P., Kulthanan, K., & Pongparit, K. (2014). Moisturizers for Acne: What are their Constituents?. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 7(5), 36–44.
  3. King, Ellen. (2020). Your Skin Isn’t Sensitive, It’s Just Overloaded – Here’s How To Sort It. Refinery29. Retrieved from https://www.refinery29.com/en-gb/using-too-many-skincare-products#:~:text=With%20so%20many%20skincare%20products,they%20both%20exfoliate%20the%20skin
  4. Lawrenson, Amy. (2019). 3 Tricks to Optimize Your Skincare Routine and Its Results. Byrdie. Retrieved from https://www.byrdie.com/how-to-make-skincare-work-better
  5. Mizuno, M., Kunimoto, K., Naru, E., Kameyama, K., Furukawa, F., & Yamamoto, Y. (2016). The effects of continuous application of sunscreen on photoaged skin in Japanese elderly people - the relationship with the usage. Clinical, cosmetic and investigational dermatology, 9, 95–105. https://doi.org/10.2147/CCID.S104392
  6. Purnamawati, S., Indrastuti, N., Danarti, R., & Saefudin, T. (2017). The Role of Moisturizers in Addressing Various Kinds of Dermatitis: A Review. Clinical medicine & research, 15(3-4), 75–87. https://doi.org/10.3121/cmr.2017.1363
  7. Reed, K. B., Brewer, J. D., Lohse, C. M., Bringe, K. E., Pruitt, C. N., & Gibson, L. E. (2012). Increasing incidence of melanoma among young adults: an epidemiological study in Olmsted County, Minnesota. Mayo Clinic proceedings, 87(4), 328–334. https://doi.org/10.1016/j.mayocp.2012.01.010
  8. Watson, Kathryn. (2019, January 16). Popping a Pimple: Should You or Shouldn’t You?. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/should-you-pop-a-pimple#should-you-pop

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter