search-box
Search blog...

Kenali Kandungan Utama dalam Serum untuk Memperbaiki Skin Barrier Rusak

skin barrier, skincare

Kulit adalah organ paling besar dalam tubuh, membentuk sekitar sepertujuh-atau hampir 15 persen-dari total berat badan kamu. Kulit terdiri dari jaringan yang luas dan kompleks dari berbagai sel, protein, ceramide, dan lipid-tetapi tahukah kamu, kalau komponen paling vital dari semuanya adalah skin barrier?

Skin barrier memiliki dua peran penting:

  • Melindungi tubuh dari stres eksternal, seperti polusi dan radiasi UV,
  • Menahan air untuk menjaga tubuh dan kulit terhidrasi,

Tidak sampai di situ, skin barrier juga merupakan penentu utama seberapa sehat kulit kamu terlihat. Jika berfungsi dengan baik, skin barrier akan menahan air untuk menjaga kulit terhidrasi, halus, dan elastis, sekaligus melindungi kulit dari faktor eksternal. Faktanya, para ahli memperkirakan bahwa pengaruh lingkungan bertanggung jawab atas hingga 97 persen penuaan kulit yang terlihat. Dengan kata lain, masalah kulit yang kamu miliki sangat mungkin disebabkan oleh fungsi skin barrier yang buruk.

Kenali lebih jauh tentang skin barrier di sini!

Bahan Utama yang Dapat Menjaga Skin Barrier

Bahan-bahan yang membantu pemulihan penghalang kulit adalah Ceramide, Free Fatty Acids, Natural Moisturizing Factors dan Niacinamide. Sementara bahan penahan air seperti asam hialuronat, gliserin dan panthenol akan mendukung kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan.

Last but not least, berbagai bahan menenangkan kulit dari ekstrak tumbuhan alami seperti Aloe Vera, Centella Asiatica, Calendula dan banyak lagi dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit kamu.

skin barrier ingredients

Langkah-langkah untuk menjaga skin barrier yang sehat secara sederhana adalah: Membersihkan (cleanser), Melembabkan (Moisturizer), dan Melindungi (Sunscreen). Tiga langkah ini adalah langkah penting untuk menjaga ataupun memulihkan skin barrier yang rusak.

Serum Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier Rusak

Eksfoliasi terlalu sering, paparan sinar matahari, dan bahan kimia yang berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif, peradangan kemerahan, serta ciri-ciri lainnya yang menunjukkan bahwa skin barrier rusak. Oleh karena itu, produk dengan bahan-bahan untuk menenangkan kulit, dan memperkuat skin barrier diperlukan.

BASE Relief Hydration & Barrier Calming Serum mengandung Prickly Pear yang berfungsi untuk menenangkan kulit dengan mengurangi kemerahan. Untuk memperbaiki skin barrier yang rusak, terdapat juga kandungan Omega 6,3 Raspberry Ceramide yang mudah diserap oleh kulit.

Selain itu, kandungan Ashwagandha mampu mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sebagai antioksidan kuat. Serum BASE memiliki manfaat multifungsi untuk meredakan kemerahan pada kulit, sekaligus memperkuat skin barrier agar tidak rentan dan mudah rusak.

Referensi

  • Rosso, James Del et al. "Understanding the Epidermal Barrier in Healthy and Compromised Skin: Clinically Relevant Information for the Dermatology Practitioner:

  • Proceedings of an Expert Panel Roundtable Meeting." The Journal of clinical and aesthetic dermatology vol. 9.4 Suppl 1 (2016): S2-S8.

  • Zhang, Shoubing, and Enkui Duan. “Fighting against Skin Aging: The Way from Bench to Bedside.” Cell transplantation vol. 27.5 (2018): 729-738. doi:10.1177/0963689717725755

  • Oyetakin-White, P., Suggs, A., Koo, B., Matsui, M. S., Yorosh, D., Cooper, K. D., Baron, E. D., 2015. Does Poor Sleep Quality affect skin aging? https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25266053

  • https://www.ceradan311.com/the-science-of-eczema/the-skin-barrier/

  • https://lionesse.org/protecting-your-skins-natural-barrier/

Was this article helpful?