searchclear input

Hero Ingredient: Olive Squalane, Rahasia Kulit Lembap dan Sehat

skincare, hero ingredient, olive squalane oil

Kalau kamu suka mencari tahu soal skincare ingredients, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama squalene. Bahan alami ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena bersifat anti jamur, anti bakteri, anti oksidan, dan mampu memberikan perlindungan yang baik untuk kulit. Tak hanya itu, squalane juga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit.

Squalene awalnya didapatkan dari proses ekstraksi minyak hati ikan hiu. Namun, seiring dengan berubahnya kondisi lingkungan—terutama ekosistem laut yang mulai tidak seimbang—dikembangkanlah alternatif squalene dari tumbuhan, yaitu Olive Squalane. Selain lebih ramah lingkungan, Olive Squalane juga ramah untuk kulitmu loh. Yuk, kenalan lebih lanjut dengan kandungan ini!

Mengenal Olive Squalane

olive squalane

Squalene sebenarnya merupakan lipid yang bisa ditemukan dalam tubuh manusia. Fungsinya adalah mempertahankan kelembapan dan memberikan perlindungan pada kulit. Sekitar 12% dari sebum kulit terdiri dari squalene. Sayangnya, squalane akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Produksinya akan memuncak ketika kamu berusia antara 20-30 tahun dan setelah itu akan berangsur menurun. Akibatnya, kondisi kulit juga akan berangsur-angsur menjadi cenderung kering dan lebih kasar.

Untuk mengatasinya, dermatolog dan ilmuwan mulai mengembangkan squalane (dengan A). Dr. Reza Fahlevi, Sp menjelaskan bahwa squalane yang digunakan sebagai kandungan skincare adalah squalene (dengan E). Squalane (dengan A) harus melalui proses hidrogenasi yang akan mengubah Squalene (dengan E) dari minyak tak jenuh menjadi minyak jenuh (squalane dengan A). Setelah melalui proses hidrogenasi, squalane oil bisa lebih stabil dan aman dioleskan ke kulit. Proses hidrogenasi juga membantu squalane oil agar bisa disimpan dan digunakan lebih lama dalam produk skincare.

Saat ini kamu bisa menggunakan Olive Squalane sebagai alternatif kandungan plant-based dari squalene. Olive Squalane merupakan lipid yang diekstraksi dari buah zaitun melalui proses hidrogenasi. Bahan alami ini memiliki struktur dan berat molekul yang menyerupai lipid di kulit manusia, sehingga mudah menyerap dan tidak menyumbat pori. Keunggulan lainnya, Olive Squalane juga memiliki konsistensi yang ringan, tidak berbau, dan tidak berwarna.

Manfaat Olive Squalane untuk Kulit

1. Melembapkan Kulit

kulit glowing

Squalane bekerja dengan cara membantu menghidrasi kulit. Hal ini akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan cerah, sehingga wajah terlihat lebih sehat. Selain itu, squalane juga mengandung antioksidan yang mampu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UVA dan UVB, serta radikal bebas.

2, Melindungi Kulit

skin care

Dr. Reza Fahlevi menjelaskan kembali bahwa, “Kandungan antioksidan di dalam squalane cukup banyak dan efektif untuk mengurangi resiko kerusakan kulit. Squalane dapat menangkal radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dini, serta kandungan antioksidannya dapat membantu meregenerasi kulit wajah.” Penggunaan Olive Squalane yang rutin juga mampu membantu proses detoksifikasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Jika kamu sedang mengalami masalah kulit, BASE punya rekomendasi produk yang dapat membantu menyeimbangkan kadar pH di wajah dan mengembalikan kelembapannya. Lightly Dew Toner bekerja seperti Olive Squalane yang melindungi permukaan kulitmu dari masalah.

3. Mengatasi Masalah Jerawat dan Kulit Berminyak

jerawat

Kulit berminyak, sensitif, dan cenderung berjerawat merupakan masalah kulit yang cukup mengganggu. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah memilih skincare yang tepat. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan Olive Squalane yang memiliki sifat ringan dan non-komedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Anti bakteri dan anti oksidan di dalamnya juga bisa melawan bakteri penyebab jerawat dan membantu mengontrol produksi sebum berlebih.

Selain mengandalkan Olive Squalane, kamu juga bisa melengkapi rutinitas skincare dengan produk lainnya. Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Fresh Clarifying Clay Mask. Clay mask ini punya banyak manfaat untuk kulit. Mulai dari membersihkan minyak berlebih, membunuh bakteri penyebab jerawat, sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan penggunaan yang rutin, kulit pun semakin bersih dan cerah. Kamu juga tidak perlu khawatir, perpaduan kandungan Olive Squalane dengan clay mask juga aman untuk digunakan.

Baca juga: New Launch: BASE Fresh Clarifying Clay Mask, Eksfoliasi Ringan dengan Sensasi Dingin Menyejukkan

Penggunaan Skincare dengan Kandungan Olive Squalane

nine to ten nourishing cleanser

Dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit, ada berbagai minyak esensial yang populer, seperti minyak zaitun, minyak lavender, dan minyak tea tree. Namun, Olive Squalane dipercaya mempunyai efektifitas lebih tinggi dibandingkan minyak lainnya. Olive Squalane memiliki molekul yang sangat mirip dengan Squalane Oil dari hati ikan hiu. Dengan menggunakan bahan alami ini, kamu bisa merasakan efektivitas yang hampir sama tanpa perlu mengganggu ekosistem laut.

Squalane memiliki sifat emolien, sehingga dapat membantu melembutkan dan menenangkan kulit. Kandungan ini memberikan lapisan minyak tambahan pada kulit, yang bisa membantu memperlambat kehilangan air dan menjaga kulit tetap lembut dan elastis. Squalane sering digunakan dalam berbagai skincare, termasuk moisturizer, serum, lotion, dan produk yang dirancang untuk kulit kering lainnya. Menurut MedLibrary.org, squalane memiliki sifat humektan yang meningkatkan kapasitas retensi air pada kulit. Kandungan ini juga merupakan pelumas alami dan barrier yang membantu melindungi kulit sekaligus mencegah hilangnya kelembapan.

Olive Squalane dapat digunakan untuk melembapkan kulit, membantu mencegah garis-garis halus, dan memudarkan noda hitam pada kulit. Menariknya lagi, bahan alami ini juga bisa merawat kulit kering maupun kulit berminyak dan berjerawat. Untuk perawatan bawah mata dan bibir yang kering, Olive Squalane akan bekerja melembapkan dan menyembuhkan bagian kulit yang pecah-pecah. Kamu juga dapat menggunakan minyak ini untuk mencegah iritasi, sehingga bisa jadi alternatif ingredient untuk pemilik kulit sensitif. Tidak hanya itu, kandungan ini juga dapat membantu menenangkan eksim, dermatitis, dan psoriasis.

BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser

BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser

Face cleanser with milky texture for oily and combination skin

Rp 98.000

SHOP NOW
BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

Face cleanser with milky texture for dry skin

Rp 98.000

SHOP NOW
BASE Ultra Gleam Purifying Lotion

BASE Ultra Gleam Purifying Lotion

Face moisturizer best for combination skin

Rp 189.000

SHOP NOW
BASE Ultra Clarity Balancing Lotion

BASE Ultra Clarity Balancing Lotion

Face moisturizer help prevent acne and excess sebum

Rp 189.000

SHOP NOW

Untuk yang akan mencoba produk skincare berbahan Olive Squalane, kamu tidak perlu khawatir akan efek samping. Olive Squalane merupakan bahan yang aman, namun tetap bisa bekerja efektif. Tertarik untuk mencoba produk dengan kandungan Olive Squalane? BASE punya beberapa produk dengan kandungan Olive Squalane yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kulit. Ada Nine to Ten Nourishing Cleanser untuk kulit normal to oily, Nine to Nine Purifying Cleanser untuk kulit kering dan sensitif, Ultra Gleam Purifying Lotion untuk kulit normal, dan Ultra Clarity Balancing Lotion untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Masih bingung menentukan skincare untuk kulitmu? Beritahu kami sedikit tentang kondisi kulit dan gaya hidupmu, BASE akan memberikan rekomendasi skincare yang tepat untukmu!

skin quiz

Referensi:

  1. Klikdokter. Mengenal Squalane Oil dan Manfaatnya untuk Kulit dan Kuku. January 2021.
  2. Antonella Aresta. Measurement of Squalene in Olive Oil by Fractional Crystallization or Headspace Solid Phase Microextraction Coupled with Gas Chromatography. October 2020.
  3. Alodokter. Squalane. February 2021.
  4. Picardo M, Ottaviani M, Camera E, Mastrofrancesco A. Sebaceous gland lipids. Dermatoendocrinol. March 2009
  5. Kim SK, Karadeniz F. Biological importance and applications of squalene and squalane.

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter