search-box
Search blog...

Cara Mengatasi Jerawat di Badan dan Wajah dengan Pelembap Wajah BASE

body acne,jerawat,pelembap,mengatasi jerawat

Selain muncul di area wajah, jerawat juga bisa menghuni sebagian area badan, seperti dada, leher, perut hingga punggung, lho. Pastinya rasanya nggak nyaman dan mengganggu penampilan. Kadang jerawat-jerawat nakal ini, bikin kita jadi makin insecure.

Jangan khawatir, BASE Friends! Kali ini, BASE Team akan membahas tentang cara mengatasi jerawat badan dan wajah dengan produk skincare yang sesuai untuk profil kulitmu.

Tanda-tanda Jerawat Badan atau Body Acne

Sering dianggap sepele dikarenakan letaknya yang tersembunyi, jerawat badan atau body acne, ternyata sama mengganggunya seperti jerawat wajah dan bahkan menimbulkan rasa sakit yang serupa dengan jerawat pada umumnya.

Tanda-tanda jerawat yang muncul di badan, dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya. Untuk tahu detail informasi perbedaannya, baca di blog ini, ya.

Memakai pelembap menjadi salah satu step skincare routine yang tidak bisa kamu lewatkan untuk mengatasi jerawat-jerawat di badan. Kandungan Seabuckthorn Extract dan Sunflower Oil pada Ultra Gleam Purifying Lotion dari BASE, sangat efektif dalam menyeimbangakan dan menenangkan kondisi kulit berjerawatmu.

Menurut jurnal Wide Spectrum of Active Compounds in Sea Buckthorn (Hippophae rhamnoides) for Disease Prevention and Food Production, Extract dari Seabuckthorn ini bersifat sebagai antioksidan dan antibakteri yang ampuh untuk menyembuhkan jerawat.

Sedangkan, Sunflower Oil kaya akan vitamin E yang akan membantu melindungi kulit kamu dari radikal bebas serta sangat efektif dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat Badan

Penyebab jerawat yang tumbuh yaitu meningkatnya kelenjar minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak tidak terkontrol. Namun, menurut jurnal yang dikutip oleh Medical News Today, faktor-faktor di bawah ini juga bisa menjadi penyebabnya:

Perubahan Kadar Hormon atau Fluktuasi Hormonal

Perubahan kadar hormon atau fluktuasi hormonal pada seseorang terjadi secara alami baik pria maupun wanita. Perubahan kadar hormon ini, menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di badan terutama pada usia remaja dan usia dewasa.

Contohnya ketika wanita sedang menstruasi, hormon progesteron yang meningkat, menyebabkan jumlah sebum atau kadar lemak pada kulit juga meningkat.

Peningkatan sebum ini menyebabkan bakteri P. acnes yang juga meningkat, akibatnya menimbulkan peradangan dan memicu timbulnya jerawat di area badan dan wajah yang disebut jerawat hormonal.

Jerawat hormonal ini, biasanya membandel dan susah untuk dihilangkan karena berbagai hal. Cari tahu cara mengatasi jerawat hormonal di blog ini!

Mengonsumsi Makanan Manis Secara Berlebihan

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara rutin dan berlebihan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Kandungan glukosa yang tinggi, dapat memicu peningkatan insulin yang menyebabkan timbulnya jerawat terutama di area dada, punggung, leher dan area lainnya, serta dapat merusak kolagen yang berada di bawah kulit.

Ultra Gleam Purifying Lotion, mengandung Coenzyme Q10 atau CoQ10 yang dikenal sebagai “star ingredients” untuk mengatasi anti-aging dan mampu memperbaiki lapisan sel epidermis pada kulit serta membantu produksi kolagen di dalam tubuh dengan baik.

Dehidrasi atau Kekurangan Cairan Tubuh

Nah, terkadang kita tidak sadar kalau dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat badan. Nyatanya, ketika asupan cairan tubuh berkurang, kulit akan kehilangan kelembapan dan mengakibatkan kekeringan, akibatnya sel-sel kulit mati pada lapisan kulit menumpuk. Jika didiamkan, sel-sel kulit mati yang menumpuk ini akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Selain mengonsumsi cukup air sesuai kebutuhan, tingginya kandungan asam lemak pada Rosehip Oil seperti asam linoleat dan linolenat pada Ultra Gleam Purifying Lotion, mampu menghidrasi, menutrisi dan menjaga kelembapan kulit kamu agar terhindar dari jerawat.

Itulah beberapa kandungan produk skincare yang dapat membantu mengatasi jerawat badan dan jerawat wajah kamu. Untuk kulit yang lebih sehat, ikuti tips layering skincare ini dan dapatkan Ultra Gleam Purifying Lotion, di sini.

Referensi:

How do you get rid of chest acne?. (n.d).https://www.medicalnewstoday.com/articles/320973

Acne: Overview. (n.d).https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279211/

Ayunin, Q., Miatmoko, A., Soeratri, W., Erawati T., Legowo Djoko. (2022). Improving the anti-ageing activity of coenzyme Q10 through protransfersome-loaded emulgel. https://doi.org/10.1038/s41598-021-04708-4

Jaśniewska, A., Diowksz, A. (2021). Wide Spectrum of Active Compounds in Sea Buckthorn (Hippophae rhamnoides) for Disease Prevention and Food Production. https://www.mdpi.com/2076-3921/10/8/1279

Lin, T., Zhong, L., Luis Santiago, J. (2017). Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils. https://www.mdpi.com/1422-0067/19/1/70

Was this article helpful?