search-box
Search blog...

Re-apply Skincare Routine Setelah Berwudhu, Simak Tips Mudahnya!

skincare routine

BASE Friends yang terbiasa melakukan skincare routine, berwudhu tentunya menjadi hal yang cukup tricky. Faktanya, kadar air berperan penting pada kelembapan kulit, namun terlalu sering membasuh dan mengeringkan wajah dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit atau lipid barrier yang berfungsi sebagai pelindung sehingga membuat kulit kamu rentan iritasi.

Nah, agar kesehatan kulitmu tetap terjaga, kamu perlu re-apply skincare routine-mu setelah berwudhu. Lantas, jika dalam sehari kita berwudhu 5 kali, masa sih harus re-apply skincare 5 kali juga? Worry not! Menurut dermatolog Dr. Raed Alhusayen yang merupakan anggota dari Canadian Dermatology Association, berikut tips mudahnya:

1. Aplikasikan Skincare Routine pada Timing yang Tepat

Timing makes a difference! Hampir semua produk skincare membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Hal inilah yang harus kamu perhatikan saat melakukan skincare routine. Sebaiknya, kamu memberikan waktu sekitar 20 - 30 menit sebelum membasuh wajah setelah melakukan skincare routine.

Nah, jika kamu melakukan 10 steps skincare routine pada pagi hari dan harus mengambil wudhu untuk salat, kamu bisa mempertimbangkan untuk re-apply di siang hari setelah salat dzuhur dan sebelum salat ashar.

2. What to Re-apply?

Kalau kamu sering pastry baking, pasti ada pertanyaan, kenapa mentega dan gula harus didahulukan sebelum telur. Ternyata, urutan berperan sangat penting dalam kesuksesan pastry baking. Begitu juga dengan melakukan skincare routine. Cari tahu urutan skincare routine yang tepat di, sini.

Dari banyaknya steps skincare routine yang umumnya dilakukan, berikut steps yang perlu di-re-apply setelah berwudhu:

Sunscreen

Baik berwudhu atau tidak, penggunaan sunscreen memang disarankan untuk diaplikasikan ulang setiap 2 - 4 jam sekali dari pagi sampai sore hari. Untuk itu, pilihlah sunscreen yang aman untuk kulit dengan memerhatikan kandungannya.

Sunscreen berbahan vegan terbukti memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang lebih banyak serta lebih aman untuk kulit terutama bagi kamu pemilik kulit sensitif.

Ultra Matte Natural Sunscreen dari BASE misalnya, memiliki bahan aktif Raspberry extract dan Carrot oil, sunscreen ini mampu melindungi kulit dari sinar UV dan kandungan Chamomile water-nya dapat membantu menenangkan kulit.

Moisturizer

Pelembap adalah basic skincare yang nggak boleh kamu skip dalam skincare routine. Menurut Kepala KSM Penyakit Kulit dan Kelamin RSUP Dr. Sardjito, pemakaian moisturizer setelah wudhu mampu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi.

Meski lebih disarankan bagi pemilik kulit kering, kamu bisa mengaplikasikan ulang moisturizer setelah berwudhu apabila kulit terasa kaku atau butuh hidrasi ekstra.

Ultra Clarity Balancing Lotion dari BASE, memiliki tekstur yang sangat light, mudah meresap dan dibaurkan, serta cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Moisturizer ini aman untuk digunakan setiap pagi dan malam, diperkaya dengan Niacinamide untuk mencerahkan kulit, ditambah Squalane, Glycerin, dan Jojoba oil untuk memberikan hidrasi yang maksimal.

Facial wash

Jika dirasa perlu, kamu juga bisa membersihkan wajah ulang di pertengahan hari sebelum re-apply moisturizer dan sunscreen. Agar kelembapan alami kulit tetap terjaga, gunakan facial wash dengan formula yang gentle bagi kulit.

Untuk facial wash, BASE Team merekomendasikan Nine to Ten Nourishing Cleanser yang ada pada Clean Skin Kit dari BASE. Memiliki tekstur yang kental dan tidak berbusa saat digosok karena tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan detergent, facial wash ini akan membantu membersihkan wajah dengan lembut tanpa memberikan rasa kesat pada kulit wajah.

Nah, itulah beberapa trik untuk melindungi kulit setelah berwudhu. Selain steps di atas, cobalah untuk memerhatikan temperatur air saat berwudhu. Menurut sebuah studi, penggunaan air yang terlalu panas untuk membasuh wajah dapat merusak skin barrier sehingga membuat kulit menjadi kering dan juga sensitif. Gunakan air dengan temperatur yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Untuk tahu lebih dalam mengenai kondisi dan kebutuhan kulitmu, ikuti Skin Test dari BASE di sini.

Referensi:

Manuel, H. F., Trinidad, M. V., Pablo, D. C., Maria. R. V., Agustin. B. E. & Salvador. A. S. (2022). Impact of Water Exposure and Temperature Changes on Skin Barrier Function. National Library of Medicine, v.11(2).

Choi, J. M., Lew, V. K. & Kimball, A. B. (2006). A single-blinded, randomized, controlled clinical trial evaluating the effect of face washing on acne vulgaris. National Library of Medicine, 23(5):421-7.

Ellis, M. E. (2022). What’s Causing Your Itchy Skin? Healthline Media

Bos, J. D., Meinardi, M. M. (2000). The 500 Dalton rule for the skin penetration of chemical compounds and drugs. Exp. Dermatol, 9 (3): 165–9. doi:10.1034/j.1600-0625.2000.009003165.

9 Ways to Banish Dry Skin (2020). Harvard Health Publishing Harvard Medical School.

Eske, J. (2022). How to get rid of dry skin on the face: Top 6 remedies. Medical News Today.

Adelayanti, N. (2020). UGM Dermatologist Shares Tips on How to Mind Your Skin Health during Fasting. Universitas Gadjah Mada

Related tags

Was this article helpful?