search-box
Search blog...

Mindful Living Untuk Tahun 2021 yang Lebih Bahagia

Mindful Living Untuk Tahun 2021 yang Lebih Bahagia

Apakah akhir-akhir ini kamu merasa kecewa, kesal atau bahkan marah terhadap diri sendiri? Mungkin praktek mindful living bisa membuat hidupmu lebih bahagia di tahun 2021.

Apa sih sebenarnya mindful living itu? Mindful living adalah situasi dimana kita sadar akan apa pilihan, situasi, kondisi saat ini dan yang ada disekeliling kita.

Sebenarnya banyak tujuan atau keuntungan yang bisa kita ambil dari mindful living dari mengajarkan kita untuk memberi respon terhadap sebuah emosi tanpa tersulut api, ataupun menerima suatu peristiwa yang terjadi karena memang terjadi bukan karenamu atau untukmu.

Dengan melakukan dan praktek mindful living, kita memprioritaskan kualitas hidup daripada terhanyut dengan hal-hal negatif. Oleh sebab itu hidupmu akan lebih terarah dan bahagia.

Mau coba untuk hidup lebih mindful? Berikut beberapa cara untuk mindful living.

Cara Agar Mindful Living

Perlu diingat, kalau mindful living adalah sebuah proses daripada tujuan akhir. Untuk menjadi mindful kamu harus terus latihan dan tentunya tidak ada jalan pintas.

Berikut cara mindful living untuk hidup lebih bahagia dari Raden Prisya.

Kelola Perhatian Kamu

Kalau ngomongin tentang mengelola perhatian, kayaknya susah ya apalagi banyak dari kita lagi pada sering di rumah, distraksi adalah salah satu yang kita cari kalau lagi bosan.

Nah, mengelola perhatian ini adalah cara bagaimana kamu memilah perhatian tersebut, singkatnya memaksimalkan fokus tanpa terdistraksi, dan sadar akan pilihan tersebut daripada menjadi reaktif.

Reaktif di sini diartikan sebagai melakukan hal yang spontan tanpa berpikir panjang. Tentunya spontan bukanlah hal yang negatif, tetapi spontan dalam mengelola perhatian bisa membuat kamu lupa akan prioritas dan waktu.

Apa sih gunanya mengelola perhatian? Selain kamu bisa lebih fokus, kamu juga akan lebih produktif. Kamu bisa mulai dengan membuat to-do list untuk menyusun prioritas.

“Mengelola perhatian adalah tentang mengambil kembali kontrol terhadap waktu dan pilihan hidupmu”

Menerima Kondisi Apa Adanya

Menerima sebuah kondisi apa adanya terdengar mudah, tetapi sangat sulit untuk diterapkan. Jadi, untuk kamu yang masih berjuang, ingat untuk tetap semangat dan fokus pada prioritasmu.

Kita semua pasti pernah merasa kecewa terhadap diri sendiri atau kecewa dengan kesalahan yang dulu pernah kita perbuat. Mindful living harus dimulai dengan menerima semua kondisi tersebut apa adanya, seperti tidak mudah terpancing dengan kekecewaan terhadap diri sendiri.

Tips dari kak Prisya adalah dengan memberi simpati bukan hanya untuk orang lain tetapi juga ke dirimu sendiri. Jika kamu teringat dengan kesalahan yang dulu terjadi, terima hal tersebut bahwa kesalahan itu terjadi.

“Terima kesalahan yang pernah kamu buat, dan fokus terhadap hal yang bisa kamu lakukan sekarang. Kamu juga harus percaya kalau kamu memiliki kemampuan untuk terus menjadi lebih baik.”

Hadir di Saat Ini

Seperti kamu yang sekarang lagi membaca blog ini, hadir di saat ini menjadi kunci dari mindful living. Tidak terpancing dengan pikiran-pikiran akan apa yang terjadi di masa depan, ataupun masa lalu, hanya fokus terhadap apa yang kamu rasakan sekarang.

Mungkin sekarang kamu bertanya apakah kita tidak boleh mengandai-andai, seperti apa pasangan hidup kita nantinya atau pekerjaan seperti apa yang nanti kita akan dapatkan? Bukannya tidak boleh, namun coba untuk tidak terhanyut dengan pikiran-pikiran tersebut.

“Terhanyut dengan pikiran-pikiran tersebut sering menjauhkan kita dengan realita. Daripada memikirkan seperti apa kamu nantinya, bagaimana dengan memikirkan apa yang bisa kamu lakukan sekarang yang nantinya akan meraih tujuan hidupmu?”

Masih bingung dengan apa tujuan ataupun passion dari hidupmu? Coba cari tahu dengan metode ikigai.

Buat Meditasi Menjadi Kebiasaan

Siapa di sini yang mencoba meditasi tetapi malah jadi ngantuk? Miskonsepsi akan meditasi harus dengan pikiran kosong, seharusnya meditasi membantu kita fokus dalam satu hal yang menenangkan.

Kadang saat meditasi terdapat suara-suara di jalan seperti abang tukang bakso yang lewat dengan aroma yang khas membuat kamu memikirkan seberapa enak bakso tersebut. Pikiran-pikiran tersebut umum terjadi, tetapi jangan sampai terhanyut karena bakso ya.

Coba kamu fokuskan lagi dengan pernapasanmu. Rasakan udara yang masuk ke dalam tubuhmu dan keluar. Rasakan juga sensasi-sensasi pada tubuhmu seperti lantai dingin yang kamu injak, atau sensasi duduk di sofa yang empuk.

“Mengontrol apa yang kamu pikir adalah yang hal tersulit karena banyaknya distraksi di sekitarmu. Saat pikiranmu pergi kemana-mana coba fokus kembali dengan pernapasanmu dan sensasi-sensasi yang kamu rasakan pada saat itu.”

Tips Quick Mindfulness

Ingin mecoba untuk mempraktekan sekarang? Coba tips quick mindfulness ini dari Kak Prisya.

  • Cari tempat dimana kamu bisa duduk nyaman (tidak harus dengan kaki bersila)
  • Tutup mata dan tarik nafas panjang 3 kali dengan lambat
  • Rasakan udara yang masuk dan keluar
  • Rasakan sensasi duduk atau apa yang bersentuhan denganmu
  • Coba dengarkan detak jantungmu.
  • Setelah 5 menit, buka matamu.

Tahun 2020 bagi beberapa orang merupakan tahun tersulit yang tidak terasa normal sama sekali, tetapi kita harus terima hal tersebut dan fokus pada apa yang bisa kamu lakukan untuk 2021 yang lebih bahagia. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk tahun 2021 yang lebih bahagia?

Melakukan skincare rutin adalah salah satu langkah awal menjadi mindful juga loh, yuk baca juga 6 kebiasaan kecil untuk kulit yang lebih sehat.

Was this article helpful?