search-box
Search blog...

Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Mudik dengan Skincare Routine Vegan

skincare routine, vegan, mudik

“Libur telah tiba!”

Selain karena travel border yang telah kembali dibuka, cuti bersama dan mudik lebaran menjadi agenda utama di perayaan Idulfitri kali ini. Ketika BASE Friends berada dirumah, skincare routine menjadi cara terbaik kamu menjaga dan merawat kesehatan kulitmu.

Namun, Ketika bepergian jauh dari rumah, kamu pun mengalami perubahan rutinitas. Apalagi perjalanan jauh yang membuatmu melewatkan skincare routine yang biasanya kamu lakukan. Sebelum lebih jauh membahas kebutuhan kulitmu selama bepergian, kenali kondisi kulitmu melalui skin test di sini.

Packing menjadi hal yang cukup tricky dalam halnya skincare routine. Ketika bepergian jauh dari rumah, kamu pun membutuhkan rangkaian skincare yang lebih ringkas. Terlepas dari periode kamu berpergian, ada 3 produk skincare yang tidak bisa kamu tinggalkan.

  • Pembersih Wajah
  • Pelembab
  • Tabir Surya

Selain itu, kamu mungkin akan mengalami stress selama di perjalanan karena macet atau hal tidak terduga selama perjalanan. Kondisi tersebut dapat memicu respons inflamasi pada kulit seperti jerawat, rosacea, dan psoriasis. Ketahui jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya, untuk memahami cara beradaptasi selama perjalanan jauh.

Jangan sedih! Kamu dapat mencegah hal tersebut terjadi dengan merencanakan skincare routine selama bepergian. Berikut hal yang perlu kamu perhatikan selama perjalanan jauh.

Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Deanne Mraz Robinson, MD, presiden dan salah satu pendiri Modern Dermatology di Westport, Connecticut mengatakan bahwa dehidrasi yang dialami kulit karena faktor udara membuat garis-garis halus dan kerutan menjadi lebih menonjol dan membuat kulit nampak kusam hingga mengalami skin breakouts.

Saat kamu melakukan perjalanan jauh, berbagai stresor kulit seperti polusi, udara yang kering, hingga paparan AC dapat membuat kulitmu mengalami dehidrasi. Selain asupan air yang cukup, jaga kelembapan kulit dengan serum multifungsi yang dapat melindungi dan menghidrasi kulit.

BASE ​​Daily Radiance & Multi-Protection Serum dengan POLLUSTOP® melindungi kulit dengan pembentukan lapisan pelindung pada kulit agar polusi seperti partikel polusi, tidak mengalami kontak langsung dengan kulit sehingga mampu mencegah kulit kusam dan sebagai bentuk antiinflamasi dari radikal bebas.

Terdapat juga kandungan Ectoin® di dalamnya yang mencegah kerusakan kulit dengan membentuk penghalang pada sekeliling sel kulit agar stresor dan polutan tidak merusak sel. Cocok untuk kulit mudah dehidrasi dan iritasi.

Sunscreen is The Saviour!

Berlibur ke pantai pada musim panas, atau berkeliling ke rumah saudara dan kerabat ketika mudik, memerlukan tabir surya sebagai pelindung kamu dari kejamnya efek buruk sinar matahari langsung.

Efek negatif dari paparan sinar matahari juga perlu menjadi perhatian ketika kamu berada dalam perjalanan jauh, terutama jika kamu berada lebih dekat dengan paparan sinar matahari di pesawat.

Paparan langsung sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Lapisan luar kulit memiliki sel-sel yang mengandung pigmen melanin. Melanin melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Hal ini dapat membuat kulit terbakar dan berkurangnya elastisitas kulit, yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Gunakan BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ dengan ekstrak daun Raspberry & Blackcurrant untuk pencegahan pori-pori tersumbat dan meregulasi produksi minyak berlebih. Kombinasi Carot Oil dan Ectoin, mampu memberikan perlindungan penuh dari kerusakan kulit akibat radiasi UV, Blue Light, dan polusi udara.

Bersiap Untuk Skin Breakouts

Hindari produk skincare yang berpotensi merusak kulit yang sedang beradaptasi pada perubahan rutinitas perawatan. Perjalanan dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kulit mengalami perubahan karena beradaptasi terhadap perubahan tersebut.

Salah satu studi menemukan bahwa tingkat kelembaban di pesawat turun hingga 10 persen, sehingga membuat kulit mengalami dehidrasi, terutama di bagian pipi. Kenali jenis jerawat di pipi untuk mengetahui cara mengatasi jerawat dengan tepat.

Kulit yang mengalami stres, pH kadar air yang berbeda, serta permukaan kotor yang bersentuhan dengan kepala dan wajah dapat menyebabkan kulit yang paling sempurna pun berjerawat. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara terbaik untuk menghindari dampak terburuknya.

Berikut cara mengatasinya:

  • Sebelum bepergian: Cuci muka dengan bersih dan gunakan pelembap pada wajah. Hindari penggunaan makeup yang dapat menyumbat pori-pori atau pilih makeup yang non-comedogenic. Lindungi kulit dengan sunscreen minimal SPF 50.
  • Selama di perjalanan: Hindari menyentuh bagian wajah. Tangan yang kotor cenderung mampu membuat kulit wajah iritasi dalam keadaan kulit yang kering atau kelelahan.
  • Setelah sampai: Jangan lupa untuk kembali mencuci muka dan gunakan pelembap serta sunscreen agar kulit kembali terlindungi.

Nah, berlibur dan mudik kali ini menjadi lebih terencana dengan persiapan yang baik juga untuk skincare routine-mu. Tetap jaga keselamatan, dan patuhi protokol kesehatan, ya! Selamat berlibur dan mudik!

Referensi:

Skin surface hydration decreases rapidly during long-haul flights. Sabine Guéhenneux 1, Sophie Gardinier, Frederique Morizot, Isabelle Le Fur, Erwin Tschachler PMID: 22092950 DOI: 10.1111/j.1600-0846.20110.00560.

jerawat sesekali; varian jerawat. Melibary YT, Alkeraye S , Alnutaifi KA, Melibary NT, Alsuwaidi MK , Algzlan HI. https://www.dovepress.com/occasional-acne-an-acne-variant-peer-reviewed-fulltext-article-CCID

Risiko Melanoma pada Pilot Maskapai dan Awak Kabin. Martina Sanlorenzo, MD1,2; Mackenzie R. Wehner, MPhil1,3; Eleni Linos, MD, DrPH1; dkk. https://jamanetwork.com/journals/jamadermatology/fullarticle/1899248

Perlindungan Matahari “Panduan Perlindungan Matahari Harian Anda”https://www.skincancer.org/skin-cancer-prevention/sun-protection/

Was this article helpful?