search-box
Search blog...

Atasi Masalah Kulit Berminyak dengan Skincare Routine Vegan yang Halal Selama Berpuasa

kulit berminyak, skincare routine, skincare vegan, skincare halal

Faktanya, setiap orang pasti memiliki minyak di kulitnya. Di bawah setiap pori-pori terdapat kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami yang disebut juga dengan sebum.

Fungsinya menjaga kulit terhidrasi. Namun, pada beberapa orang, kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak. Jerawat pun dapat terjadi karena sebum bercampur dengan sel-sel kulit mati dan tersangkut di pori-pori.

Ketahui cara simple untuk tes kondisi kulit kamu melalui artikel di sini, atau BASE Friends juga dapat melakukan skin test untuk mengetahui skincare routine yang tepat untuk kebutuhan kondisi kulitmu.

skin test

Jenis kulit berminyak atau oily-skin pada setiap orang terjadi karena faktor-faktor berikut:

  • Genetik
  • Penuaan
  • Iklim
  • Pori-pori yang membesar
  • Melakukan tahapan skincare routine berlebihan
  • Menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit

Tentunya kamu tidak dapat merubah genetik, ataupun merubah kondisi hormonal pada tubuhmu. Namun, kamu dapat menyesuaikan cara merawat kulit yang sesuai untuk kulit berminyak. Skincare routine yang tepat dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

1. Bersihkan Wajah di Pagi dan Malam Hari

Mencuci wajah di pagi dan malam hari sangatlah penting untuk menghilangkan sebum, mengangkat kotoran, sel kulit mati dan kering, serta keringat seharian. Untuk kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat, pastikan kamu menggunakan produk dengan label, berikut ini:

  • Non Comedogenic: Bahan-bahan yang tidak akan menghalangi pori-pori;
  • Non Acnegenic: Tidak memperburuk jerawat yang sudah ada dan tidak menyebabkan jerawat baru;
  • Tidak mengiritasi: Tidak akan menyebabkan gatal, ruam, atau kemerahan pada kulit;
  • Non Allergenic: Tidak menyebabkan alergi kulit. Ini sedikit berbeda dari hypoallergenic, dimana risiko reaksi alergi berkurang tetapi tidak sepenuhnya hilang.

Kandungan May Chang dan Niacinamide pada BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser mampu membersihkan hingga ke pori-pori terdalam, dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah.

2. Gunakan Toner Bebas Alkohol

Alkohol membuat kulit menjadi kulit dan merusak skin barrier, serta membuat kulit rentan terhadap kerusakan lapisan kulit lainnya. Ketika ini terjadi, segala macam hal buruk dapat dengan mudah masuk ke dalam kulit, seperti bakteri dan kuman penyebab jerawat dan infeksi.

Witch Hazel merupakan zat yang efektif untuk kulit berminyak. Tanaman Witch Hazel, (Hamamelis Virginiana) adalah semak berbunga yang tumbuh liar di sebagian besar Amerika Utara dan Asia, dan telah terbukti membantu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.

BASE Freshly Dew Toner, dengan kandungan Witch Hazel dan Chamomile Water mengeringkan seperti ethanol, dengan kisaran pH 5.0-5.5 yang mampu menyeimbangkan kadar pH kulit, mengurangi kilau akibat minyak berlebih, serta menghidrasi, dan menjadikan kulit halus dan seimbang.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum setelah penggunaan toner. Dengan kandungan Mastic Gum memberikan hidrasi ringan, membersihkan lebih dalam, dan mengecilkan penampilan pori-pori pada kulit wajah.

3. Gunakan Pelembab yang Menghidrasi

Setelah mencuci wajah dan mengaplikasikan toner, kamu wajib melembabkan kulit dengan pelembab yang dapat menghidrasi kulit dengan tepat, ya!

Saat kulit mengalami dehidrasi, air tidak terserap dengan baik ke dalam lapisan kulit. Tanpa kelembaban yang cukup, kulit akan mengalami dehidrasi dan pada akhirnya mulai mengimbanginya dengan memproduksi lebih banyak minyak. Ketahui banyak informasi mengenai kulit dehidrasi di sini.

Dengan kandungan Niacinamide dan Jojoba Oil, BASE Ultra Clarity Balancing Lotion mampu menghidrasi sekaligus menyeimbangkan produksi minyak berlebih pada kulit.

4. Gunakan Produk Water-Based

Produk Water-Based menjadi pilihan tepat untuk kulit berminyak karena terdiri dari kadar air dalam jumlah tinggi dan teksturnya sangat ringan saat dioleskan pada kulit, yang membuat penyerapannya cepat. Ini membuat kulit terasa terhidrasi dan tidak meninggalkan residu berlebihan pada kulit.

BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ dibuat khusus untuk kulit yang mudah berminyak. Sunscreen ringan dan tidak lengket ini diformulasi dengan Raspberry & Ekstrak Daun Blackcurrant untuk mencegah terjadinya pori-pori tersumbat dan mencegah produksi minyak berlebih.

Referensi:

Endly DC, et al. (2017). Oily skin: A review of treatment options.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5605215/

How to control oily skin. (n.d.).
https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin

Neill US. J Clin Invest. 2012;122(2):473-7. doi:10.1172/JCI61978https://doi.org/10.1172/JCI61978

Rodan K, Fields K, Majewski G, Falla T. https://doi.org/10.1097/GOX.0000000000001152 . 2016;4(12 Suppl Anatomy and Safety in Cosmetic Medicine: Cosmetic Bootcamp):e1152. doi.org/10.1097/GOX.0000000000001152

Fox L, Csongradi C, Aucamp M, Du plessis J, Gerber M. https://doi.org/10.3390/molecules21081063 . 2016;21(8). doi: 10.3390/molecules21081063

Was this article helpful?