search-box
Search blog...

5 Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami dan Vegan

5 Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami dan Vegan

Ternyata meningkatkan produksi kolagen tidak hanya dengan makan makanan yang mengandung kolagen saja, karena 5 makanan ini disebut juga sebagai pembentuk kolagen pada kulit yang efetif. Selain membantu untuk memproduksi kolagen pada tubuh, makanan yang hebat-hebat ini ampuh mencegah kolagen hancur karena efek polusi yang ada di sekitar kita.

Kolagen tidak hanya membuat kulit terlihat awet mudah saja loh, tetapi manfaat dari kolagen juga untuk kesehatan sendi. Apalagi, seiring bertambah usia dan gaya hidup yang kurang sehat membuat kolagen pada tubuh perlahan-lahan mulai berkurang.

Langsung saja nih, ini 5 makanan untuk meningkatkan produksi kolagen secara alami dan vegan.

Aloe Vera

Tahu tidak kenapa daun aloe vera dari dulu sudah menjadi obat alami penyembuh luka? Hal ini disebabkan aloe vera dapat meningkatkan produksi kolagen menurut Indian journal of dermatology. Aloe vera dapat digunakan secara topikal (dioles) ataupun dikonsumsi, bagaimanapun juga kedua cara ini sama-sama efektif dalam meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Tidak hanya produksi kolagen, jika dikonsumsi secara rutin aloe vera bisa membuat kulitmu lebih glowing. Masih kurang yakin? Ini nih kandungan pada aloe vera yang mampu bikin kulitmu tambah sehat.

  • Vitamin B, C, and E
  • Asam Folat
  • Selenium
  • Magnesium
  • Zinc

Seberapa banyak ya kira-kira kita harus mengkonsumsi aloe vera untuk meningkatkan produksi kolagen? Dikutip dari situs kesehatan terkenal Healthline, 8 ounces atau sekitar 250 ml aloe vera jus setiap hari sangat dianjurkan.

Vitamin C

Dikutip dari Indian dermatology online journal, agar tubuh dapat memproduksi dan membentuk kolagen, setiap hari kita butuh mengkonsumsi setidaknya 75-90 mg vitamin C atau kira-kira sebanyak dua buah jeruk.

Memakai produk skincare seperti pelembap wajah dan serum dengan vitamin C juga sama-sama dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit lho.

Diambil dari situs kesehatan terkemuka Medical News Today, berikut buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen secara alami dan seberapa banyak yang harus kamu konsumsi untuk hasil optimal.

Ginseng

Sudah sering kan mendengar ginseng di produk-produk skincare dari negara yang melahirkan K-Pop ini? Sudah terbukti dari banyak penelitian kalau ginseng ampuh menunda penuaan, pantes aja ya Idol dan aktor Korea Selatan kulitnya mulus-mulus.

Ternyata nih, jika ginseng dikonsumsi memiliki khasiat melindungi sel dari kerusakan sekaligus meningkatkan produksi kolagen bagus untuk kesehatan kulit maupun sendi. Ditambah lagi, ginseng entah itu diminum atau dioleskan pada kulit, memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan radiasi UVB seperti yang dikutip dari Rejuvenation research.

Tumbuh-tumbuhan emang kaya akan vitamin dan mineral, tidak heran setiap kali kita mencari makanan sehat yang bergizi pasti kita mencari sayuran atau buah-buahan. Bagaimana dengan skincare yang berbasis tumbuhan a.k.a vegan, sama gak ya khasiatnya? Yuk, cari tahu di sini.

Chlorophyll (Klorofil)

Sempet nonton kan tren TikTok jus klorofil yang bisa menyebuhkan jerawat dan bikin kulit mulus? Memang benar, makan atau minum sayur-sayuran dapat meningkatkan kesehatan kulit. Menurut beberapa penelitian dari Journal of lifestyle medicine, klorofil memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasinya, sehingga ampuh mencegah degradasi kolagen dan dapat meningkatkan sintesis pembentukan kolagen.

Sudah gak sabar mau coba mulai minum jus klorofil? Ini beberapa sayuran yang kaya akan klorofil patut kamu coba menurut Healthline:

  • Bayam
  • Sawi hijau
  • Chlorella
  • Spirulina
  • Alfalfa
  • Daun Sop
  • Brokoli

Bahkan dalam sebuah studi yang dikutip dari Journal of lifestyle medicine, minum suplemen klorofil selama 90 hari mengurangi kerutan secara drastis pada perempuan berumur di atas 45 tahun dan mengurangi kerusakan DNA akibat sinar matahari.

Penasaran gak mana sih yang lebih efektif dalam meningkatkan produksi kolagen pada kulit minuman kolagen atau skincare kolagen ya? Jangan kemana-mana, temui jawabannya di sini.

Makanan Tinggi Karotenoid (Carotenoids)

Walupun namanya cukup asing, tetapi kandungan ini sebenarnya sudah ada beberapa sayur mayur yang sering kita makan loh. Karotenoid adalah kandungan yang memberi warna pada tumbuhan seperti warna kuning, merah, dan jingga.

Menurut Healthline, ada lebih dari 600 jenis karotenoid dan beberapa dapat diubah menjadi vitamin A saat dikonsumsi. Berikut beberapa tumbuhan yang paling kaya akan kandunga karotenoid:

  • Ubi
  • Kale atau Kale Keriting
  • Bayam
  • Wortel
  • Blewah
  • Mangga

Apa sih manfaat dari makanan yang tinggi karotenoid? Sama seperti klorofil, kandungan ini adalah salah satu antioksidan yang kuat yang dapat mendukung proses pembentukan kolagen dan melindungi kolagen pada tubuh berkurang menurut studi yang dilakukan oleh Nutrients.

Sehingga makan-makanan tinggi akan karotenoid membuat kulitmu awet muda dengan menjaga struktur kulit tetap kencang.

Ingin ide sarapan sehat buat kulit glowing yang gak bosenin? Coba cari tahu resepnya di sini.

Referensi:

  1. Anthony, Kiara. (2018). Carotenoids: Everything You Need to Know. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/carotenoids
  2. Berry, Jennifer. (2019). What are the best foods for vitamin C?. Medical News Today. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/325067
  3. Cho S. (2014). The Role of Functional Foods in Cutaneous Anti-aging. Journal of lifestyle medicine, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.15280/jlm.2014.4.1.8
  4. Hwang, E., Park, S. Y., Jo, H., Lee, D. G., Kim, H. T., Kim, Y. M., Yin, C. S., & Yi, T. H. (2015). Efficacy and Safety of Enzyme-Modified Panax ginseng for Anti-Wrinkle Therapy in Healthy Skin: A Single-Center, Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Study. Rejuvenation research, 18(5), 449–457. https://doi.org/10.1089/rej.2015.1660
  5. Meinke, M. C., Nowbary, C. K., Schanzer, S., Vollert, H., Lademann, J., & Darvin, M. E. (2017). Influences of Orally Taken Carotenoid-Rich Curly Kale Extract on Collagen I/Elastin Index of the Skin. Nutrients, 9(7), 775. https://doi.org/10.3390/nu9070775
  6. Salyer, Jesica. (2020). 9 Healthy Benefits of Drinking Aloe Vera Juice. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/food-nutrition/aloe-vera-juice-benefits#benefits-of-aloe-vera-juice
  7. Surjushe, A., Vasani, R., & Saple, D. G. (2008). Aloe vera: a short review. Indian journal of dermatology, 53(4), 163–166. https://doi.org/10.4103/0019-5154.44785
  8. Telang P. S. (2013). Vitamin C in dermatology. Indian dermatology online journal, 4(2), 143–146. https://doi.org/10.4103/2229-5178.110593

Was this article helpful?