searchclear input

Untuk Kamu Yang Tersesat dan Sulit Mencintai Diri Sendiri

Untuk Kamu Yang Tersesat dan Sulit Mencintai Diri Sendiri

Sulit mencintai diri sendiri adalah hal yang umum terjadi pada sebagian orang, entah itu sulit mencintai kondisi kulit, bentuk tubuh maupun hal kecil seperti gaya bicara. Meskipun demikian, penting untuk kita semua mulai belajar cara mencintai diri sendiri.

Langkah Awal Untuk Mencintai Diri Sendiri

Banyak hal yang dapat membuat kita sulit untuk menerima dan mencintai kita sendiri, rasanya ada saja yang membuat kamu insecure. Perlu diingat lagi kalau mencintai diri sendiri adalah proses. Pastinya, kamu tidak perlu terburu-buru untuk langsung mencintai dirimu sendiri. Luangkan waktumu untuk merefleksikan perasaan kamu.

Kalau begitu, tanpa perlu berlama-lama berikut cara-cara untuk mencintai diri sendiri yang bisa kamu terapkan:

  • Berhenti membandingkan diri kamu dari orang lain. Dikutip dari situs Healthline.com, tidak ada arti jika kamu terus membandingkan dirimu kepada orang lain, karena kamu adalah kamu. Untuk itu, coba alihkan energi kamu untuk hal-hal pengembangan diri.

  • Biarkan diri kamu membuat kesalahan. Banyak yang bilang kalau tidak ada manusia yang sempurna karena kita semua pernah membuat kesalahan. Seiringnya waktu, banyak tekanan dan ekspektasi terhadap diri kita yang terkadang membuat kita takut membuat kesalahan. Padahal dari kesalahan tersebut kamu dapat pelajaran baru, lagian kita semua bukan robot yang selalu statik. Kita semua berkembang dan belajar dari kesalahan.

  • Cari sumber kekuatan kamu melalui passion. Bukan kayak Superman ya yang sumber kekuatannya dari Kryptonian, tetapi temukan passion yang membuat kamu bahagia. Menurut Davenport*, Life passion coach* dan Co-founder dari Live Bold and Bloom, mencari passion dan melakukan apa yang kita suka dapat mendorong kepercayaan diri dalam proses mencintai diri sendiri.

  • Apakah kamu masih bingung dengan passion dan tujuan hidup kamu? Kamu bisa baca di sini juga untuk cari tahu bagaimana cara menemukan tujuan hidup dan passion kamu.

  • Luangkan waktu setiap minggu untuk perawatan diri. Menurut Nurse Practioner dari situs Healthline mengatakan bahwa, perawatan diri adalah sebuah praktik guna untuk memanjakan diri, tetapi tidak harus pergi ke spa atau salon ya, cukup dengan makan-makanan yang bernutrisi baik untuk tubuh atau hanya melakukan perawat kulit di rumah. Jangan merasa bersalah, karena kamu perlu berhenti sejenak dan benar-benar menikmati momen tersebut untuk memanjakan diri kamu untuk lebih mencintai dan mengerti dirimu.

  • Menulis refleksi setiap malam sebelum tidur. Menulis refleksi dapat membantu kamu lebih mengerti perasaan dan diri kamu sendiri. Kamu bisa tulis dari apa yang menganggu pikiran kamu hari ini, atau tulis hal-hal yang membuat kamu bahagia dan bersyukur. Praktik ini dapat juga mengangkat beban kamu sehingga kamu lebih bisa menghargai diri sendiri.

Kenapa Penting Untuk Mencintai Diri Sendiri?

Belajar mencintai diri sendiri dapat membuat kamu lebih [percaya diri](http://BLOG 21) sehingga memudahkan kamu untuk mengekspresikan diri kamu sebenarnya ke orang lain. Mungkin kamu masih bertanya-tanya bagaimana mencari hal yang kita sukai seperti hobi bisa membuat kita belajar mencintai diri sendiri?

Melakukan apa yang kita sukai membantu kita untuk mengerti diri kita sendiri. Setelah mengerti apa yang kita sukai, kita bisa mulai mencintai setiap tindakan yang kita ambil, dan kegiatan-kegiatan seperti ini nantinya akan membuat kamu mulai mencintai dirimu sendiri.

Mungkin sangat sulit bagi sebagian orang untuk mulai belajar mencintai diri sendiri, jangan terburu-buru dan coba luangkan waktu kamu setiap hari untuk melakukan hal-hal kecil seperti mencari hobi, lakukan kegiatan yang kamu sukai dan menulis refleksi. Kamu juga bisa cari inspirasi dari BASE Friends yang inspirasional di akun YouTube BASE.

References:

  1. Davenport, Barrie. (2017, December 6). How Seeking Your Passion Boosts Self-Esteem. Huffpost. Retrieved from https://www.huffpost.com/entry/self-esteem_b_4318390
  2. Donelly, Marisa. (2017, December 28). 11 Strengths You Gain When You Realize Self-Love Is A Process Not A Fixed Point. Thought Catalogue. Retrieved from https://thoughtcatalog.com/marisa-donnelly/2017/12/11-strengths-you-gain-when-you-realize-self-love-is-a-process-not-a-fixed-point/
  3. Khoshaba, Deborah. Psy.D. (2012, March 27). Seven-Step Prescription for Self-Love. Psychology Today. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love
  4. Legg, Timothy J., Ph.D., CRNP. (2019, April 24). How to Become a Better Person in 12 Steps. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/how-to-be-a-better-person
  5. McAulay, Lauren. (2017, November 28). 8 Ways to Embrace Self-Loce and Thank Your Body. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/8-ways-to-embrace-self-love-and-thank-your-body#1
  6. Sandoiu, Ana. (2018, March 23). Why self-love is important and how to cultivate it. Medical News Today. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/321309
  7. Stewart, Allison Robert. (2018, September 18). 13 Steps to Achieving Total Self-Love. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/13-self-love-habits-every-woman-needs-to-have#1

Image Source:

  1. Photo by Matheus Natan on Pexels
  2. Photo by Madison Inouye on Pexels

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter