searchclear input

Cara Tepat Layering Skincare Biar Hasil Maksimal

Cara Tepat Layering Skincare Biar Hasil Maksimal

Dengan banyak nya pilihan produk skincare di luar sana, terkadang membuat kita bingung dengan mana yang harus dipakai duluan atau mana yang tidak boleh di campur dalam waktu bersamaan. Mungkin beberapa dari kalian akan bertanya, kenapa sih produk skincare harus dipakai dengan urutan seperti ini?

Kenapa sih produk skincare harus digunakan dengan urutan tertentu?

Pertama urutan skincare berdasarkan fungsi utama bahan aktif nya, seperti produk skincare yang bersifat pembersih harus dilakukan diawal, sedangkan sunscreen atau tabir surya digunakan terakhir karena fungsi utama nya adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kedua berdasarkan tekstur dari yang paling ringan seperti toner ke yang lebih berat seperti pelembab atau lotion. Bagaimana dengan penggunaan minyak atau face oil? Untuk produk skincare yang mengandung minyak atau oil-based digunakan pada langkah terakhir. Untuk mengetahui kenapa produk yang mengandung minyak harus digunakan pada langkah terakhir, kita harus mengetahui susunan kulit paling luar (stratum corneum) kita terlebih dahulu.

Bagian kulit paling luar terdapat 3 komponen utama yaitu, lipids (lemak), Corneocytes (sel kulit mati), and Pelembab Natural yang terdapat pada kulit atau natural humectant. Sebelum lanjut lagi, apa sih humectant itu? Singkat nya humectant mencegah air untuk menguap karena ia dapat mengikat air.

Lipid adalah kelompok molekul alami yang terdiri dari lemak, lilin, sterol, vitamin yang larut dalam lemak (seperti vitamin A, D, E, dan K) dan lain-lain. lipid mencegah kehilangan air pada kulit dengan cara menjebak molekul air, selain itu lipid juga mencegah pelembab Natural yang terdapat pada kulit kita agar tidak hilang.

Jadi apa sih koneksi penggunaan produk skincare yang mengandung minyak terhadap susunan kulit kita bagian paling luar? Saat pengaplikasikan produk yang mengandung minyak yang mengandung lipid yang tinggi, hal tersebut akan meningkatkan kemampuan kulit dalam mencegah kehilangan air. Maka dari itu, penggunaan minyak harus dilakukan di tahap terakhir setelah water-based Jika kamu mengaplikasikan oil-based terlebih dahulu daripada water-based, maka penetrasi produk skincare yang mengandung air tersebut tidak akan maksimal.

Apakah kamu baru di dunia skincare dan bingung bagaimana membangun rutinitas skincare yang cocok untuk kulit kamu? Klik disni untuk memulainya. Terus jangan lupa baca juga apa saja bahan aktif yang tidak boleh di layer bersamaan dan mana saja yang boleh.

References:

  1. Del Rosso JQ, et al. (2011). The clinical relevance of maintaining the functional integrity of the stratum corneum in both healthy and disease-affected skin. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3175800/
  2. Yousef H, et al. (2019). Anatomy, skin (integument), epidermis. ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470464/

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter