search-box
Search blog...

Reydhita’s Skin Journey: Cara Mengurangi Minyak Berlebih Pada Kulit Sensitif

Reydhita’s Skin Journey: Cara Mengurangi Minyak Berlebih Pada Kulit Sensitif

Sering berolahraga membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak daripada biasanya, dan kalau di tempat ber-AC terus, kulit kita menjadi dehidrasi yang nantinya membuat kulit terlihat kusam.

Jadi bagaimana ya untuk menyeimbangi biar kulit gak terlalu minyakan ataupun kusam karena dehidrasi?

Mengurangi Minyak Berlebih dengan BASE Personalized Skincare

Sebelumnya, Rey susah menemukan pelembap dan toner yang bisa mengikuti gaya hidupnya yang aktif. Pada waktu luang, Rey suka olahraga seperti yoga, zumba dan softball. Dimana semua ini memicu kulit wajah Rey memproduksi minyak berlebih.

Sedangkan pada hari kerja, Rey menghabiskan waktunya di ruangan ber-AC dan membuat kulit sensitifnya mudah dehidrasi dan iritasi.

Untuk kamu yang juga ingin mengurangi minyak dan mengatasi kondisi kulit yang sering berubah-ubah, Rey punya tipsnya untuk kamu.

Gunakan BASE Personalized Toner Tanpa Kapas

Rey lebih memilih menggunakan toner tanpa kapas agar dapat melembapkan sekaligus memberi efek menyegarkan. Berdasarkan hasil dari skin test yang diambil di website BASE, personalized toner Rey diformulasikan dengan aloe vera, ekstrak daun Myrothamnus f labellifolia dan ekstrak portulaca.

Aloe vera mengandung 20 macam mineral, 18 vitamin, dan 12 asam amino, dimana semua ini menghidrasi kulit sekaligus mengontrol produksi minyak dan sebum akibat dehidrasi.

Rey memiliki kulit mudah iritasi dengan sering berada di ruangan ber-AC, untuk itu ekstrak daun Myrothamnus dalam toner Rey melindungi lapisan sel kulit dari pengiringan dan memperkuat skin barrier. Kandungan ini tinggi akan antioksidan dan arbutin yang bagus untuk mencerahkan kulit kusam.

Ekstrak portulaca atau biasa disebut sebagai krokot adalah sejenis tanaman succulent yang mengandung vitamins A, B1, B2 dan C yang dapat menetralkan radikal bebas. Kandungan ini cocok untuk Rey yang memiliki kulit sensitif dan suka beraktifitas di luar.

Baca juga keunggulan dari vegan skincare di sini.

Gunakan BASE Personalized Moisturizer 2 Kali Pagi dan Malam

Mengatasi minyak berlebih dengan pelembap? Kedengaranya agak bertolak belakang ya, namun khususnya untuk kulit sensitif, kulit mudah dehidrasi saat berada di tempat yang kering dapat memicu kulit wajahmu untuk memproduksi minyak yang berlebih.

“I really like the texture of the products. Most importantly it doesn’t feel greasy when I put my sunscreen. Also, I really like the natural smell, its very refreshing, especially to start the day!”

Rey menggunakan personalized moisturizer sebanyak dua kali dalam sehari. Jika akan berada di ruangan ber-AC terus, Rey akan memakai pelembap lebih tebal dari biasanya.

Untuk itu, formula yang terdapat pada pelembap Rey adalah salicylic acid, ekstrak gandum dan minyak alpokat yang efektif dalam mengatasi kulit dehidrasi sekaligus berminyak.

Salicylic acid dapat mengontrol minyak di kulit wajah yang sekaligus mengangkat sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori.

Vitamin E (tocols), asam fitat, senyawa fenolik, dan avenanthramides adalah antioksidan paling melimpah dalam ekstrak gandum, selain itu juga ada flavonoid serta sterol yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Minyak alpokat sering dipakai dalam bahan perawatan kulit dikarenakan minyak alpokat mengembalikan kulit kering, dehidrasi, dan rapuh menjadi sehat. Kaya akan kandungan vitamin A dan E yang juga cocok untuk masalah kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Skincare Rutin yang Tepat Bisa Mengontrol Produksi Minyak

Kulit kamu lagi mengalami musim pancaroba karena sensitif? Kadang kalau lagi sering berolahraga atau memiliki aktivitas padat kulit terasa sangat berminyak.

Sedangkan, kalau sering di ruangan ber-AC kulit terasa ketarik dan kering. Hal ini disebabkan oleh perubahan suhu dan kelembapan di lingkungan kamu berada.

Apakah kamu juga susah mencari toner dan pelembap untuk mengurangi minyak? Rangkaian skincare rutin yang tepat bisa kok mengatasi permasalahan tersebut.

Ikut skin test ini untuk cari tahu rangkaian skincare rutin yang tepat untuk kondisi dan gaya hidupmu.

Referensi:

  1. Ma, C., Wang, H., Macnish, A. J., Estrada-Melo, A. C., Lin, J., Chang, Y., Reid, M. S., & Jiang, C. Z. (2015). Transcriptomic analysis reveals numerous diverse protein kinases and transcription factors involved in desiccation tolerance in the resurrection plant Myrothamnus flabellifolia. Horticulture research, 2, 15034. https://doi.org/10.1038/hortres.2015.34

Related tags

Was this article helpful?