search-box
Search blog...

Rekomendasi Skincare Vegan Routine Andalan Ankayama

Rekomendasi Skincare Vegan Routine Andalan Ankayama

Dulu aku sempat bingung kenapa kulitku jadi mudah iritasi padahal sudah rutin pakai skincare. Ternyata ini disebabkan oleh keseringan gonta-ganti skincare dan menggunakan bahan aktif dengan jumlah yang banyak dan berbeda-beda.

Belum selesai beradaptasi dengan kulit, aku sudah coba bahan aktif lainnya. Alhasil menyebabkan ketidakseimbangan skin barrier yang bikin kulit jadi sensitif.

Sejak itu, aku mulai mencari alternatif bahan yang efektif namun lembut di kulit. Ternyata titik terang muncul ketika aku mencoba skincare vegan yang berbahan dasar plant-based seperti Centella asiatica, Squalane Oil, Tamanu, dan Moringa.

Sempat overwhelmed _in a good way__ karena tersadar ternyata tumbuhan _gak cuma baik buat tubuh tapi juga works wonder on the skin! Sejak itu aku makin tertarik mengeksplorasi vegan skincare.

Rekomendasi Skincare Vegan

Ini skincare vegan yang udah jadi staple routine sehari-hari. Aku memilih bahan yang banyak mengandung plant-based yang udah cocok dengan jenis kulitku yang kombinasi dan kering.

  • First cleanser aku pakai cleansing oil Klairs yang bisa mengangkat sunscreen, kotoran dan makeup dan bikin kulit jadi lembap setelahnya.
  • Sukin Foaming Facial cleanser aku pakai untuk cuci muka karena bisa ngangkat sisa residu oil dengan baik dan ada beragam plant-based yang menenangkan kulit.
  • Peeling serum plant-based dari The Body Shop Himalayan Charcoal ini aku pakai 2x seminggu hanya di malam hari karena cukup lembut dalam membantu proses regenerasi kulit dan bikin wajah glowing di hari berikutnya.
  • Punya kulit kombinasi gak bikin aku takut sama face oil. Malah face oil bisa membantu meregulasi produksi sebum. Aku pakai Purivera Grapeseed Oil yaitu ekstraksi dari tumbuhan yang ringan dan cocok buat kulit acne prone dan berminyak. Mengandung Bakuchiol juga sebagai alternatif Retinol tanpa efek samping untuk anti-aging.
  • Nah, yang terpenting selalu pakai sunscreen. Ini botol kedua aku pakai Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ karena suka dengan formulanya yang ringan tetapi tetap kasih proteksi maksimal tidak hanya sama UVA/UVB tapi juga radiasi blue light yang selama di rumah aja sering terpapar dari layar gadget.

Manfaat Skincare Vegan

Manfaat skincare vegan yang berbahan dasar tanaman ternyata banyak banget, lho! Contohnya:

  • Sadar gak kalau plant-based selalu digadang-gadang jadi hero ingredients sama beauty brands karena memang kaya manfaat mengandung vitamin, antioxidant, anti inflamasi, banyak banget deh!
  • Vegan skincare biasanya lebih lembut di kulit tapi juga powerful karena dalam satu bahan aktif, manfaatnya banyak dalam mengatasi permasalahan kulit!
  • Versatile. Skincare vegan bakalan cocok sama kulit sensitif karena kandungannya yang cenderung minimal, tapi juga bisa dipakai semua jenis kulit kulit normal, kering, maupun berminyak dengan memberikan manfaat yang sama baiknya.
  • Biasanya vegan skincare memperhatikan lahan tempat dia tumbuh, kualitas terbaik adalah ketika tumbuh secara organik tanpa harmful chemical sehingga baik buat manusia dan tanah tempat tumbuhnya pun akan lebih berkualitas. Dengan begitu, kita ikut mendukung pelestarian lingkungan dan mengurangi emisi karbon - faktanya peternakan memakan lahan pertanian di bumi sebesar 77%. Akhirnya semakin banyak emisi karbon yang dilepas ke atmosfer yang menyebabkan bumi semakin panas.
  • Vegan skincare bisa dibilang ethical sehingga tidak menyakiti makhluk hidup lain seperti hewan atau turunannya.

Nah, selama pakai vegan skincare aku belajar betapa resilient dan smart nya kulit kita jika menggunakan skincare yang tepat, sesuai kebutuhan kulit dan bahan aktifnya plant-based yang teruji klinis dan lembut di kulit.

Seperti motto aku di per-skincare-an ini adalah always be gentle with your skin!

Referensi:

  1. Giliver, Liam. (2021). Animal Agriculture Responsible For 87% Of Greenhouse Gas Emissions, Finds New Report. Retrieved from https://plantbasednews.org/news/environment/animal-agriculture-responsible-for-87-of-greenhouse-gas-emissions/
  2. Ritchie, Hannah. (2017). Our Data World: How much of the world’s land would we need in order to feed the global population with the average diet of a given country?. Retrieved from https://ourworldindata.org/agricultural-land-by-global-diets

Related tags

Was this article helpful?