searchclear input

Panduan Layering Serum dalam Skincare Routine yang Tepat

anti-aging, serum, skincare

Tidak semua kebutuhan kulit berada dalam satu produk saja, karenanya diperlukan layering skincare routine. Mungkin saja kulitmu hanya butuh 3-4 produk di suatu waktu, kemudian membutuhkan hidrasi ekstra waktu lainnya. karena perubahan cuaca.

Selain untuk mendapatkan hasil maksimal dari produk skincare routine, berikut alasan kenapa penting untuk memahami layering skincare routine:

1. Skincare Bekerja Lebih Efektif

Menggunakan produk skincare routine dengan tahapan dan kombinasi yang tepat membuat skincare dapat bekerja lebih efektif. Jika kekhawatiran terbesar BASE friends adalah jerawat, maka menggunakan kombinasi bahan aktif yang dapat mengatasi jerawat dengan bahan antibakteri yang bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat dapat memberikan manfaat optimal.

2. Menggabungkan Bahan yang Aman

Saat menggunakan beberapa produk skincare, penting untuk memahami bahan aktif mana yang aman untuk digunakan bersama dan mana yang tidak boleh dicampur. Hal ini penting agar tidak mengganggu keseimbangan pH kulit dan tingkat pH atau bahkan yang dapat mengiritasi kulit.

3. Mencegah Kerusakan Akibat Paparan Sinar Matahari

Karena vitamin C dan asam alfa-hidroksi (AHA) meningkatkan fotosensitivitas kulit, maka menggabungkan kedua bahan aktif tersebut membuat kulitmu lebih sensitif terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Rutinitas perawatan kulit harus selalu diakhiri dengan SPF di pagi hari. Para ahli kulit menyarankan untuk menggunakan minimal sunscreen yang mengandung minimal SPF30+++

Cari tahu urutan untuk melakukan skincare routine yang utama untuk kulitmu di sini ya!

Panduan Layering Serum BASE dalam Skincare Routine

Untuk menjawab kebutuhan kulitmu yang unik dan berbeda-beda, BASE hadir dengan 4 varian serum multifungsi. Keempat serum tersebut adalah:

Jika BASE Friends memiliki serum BASE dan ingin melakukan layering, berikut panduannya, ya!

skincare routine

Selain mengikuti panduan di atas, kamu juga bisa memperhatikan beberapa tips layering dalam skincare routine berikut ini:

1. Gunakan Produk dari Tekstur Paling Ringan

Saat menggunakan lebih dari satu produk skincare, kamu akan menemukan tekstur dan konsistensi produk yang berbeda-beda. Tips: selalu dahulukan skincare dengan tekstur paling ringan atau cair, kemudian lanjutkan ke produk dengan tekstur lebih kental atau berat.

Contohnya, setelah mencuci wajah kamu bisa menggunakan toner yang cair terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan serum yang sedikit lebih kental, dan ditutup dengan moisturizer yang umumnya memiliki tekstur paling berat.

serum

Jika kamu menggunakan 2 atau lebih serum BASE, maka gunakan dengan urutan dari tekstur paling ringan, yakni BASE Rich Moisture & Youthful Firming Serum. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan layering serum BASE yang kamu inginkan.

2. Lakukan Skincare Routine dengan Wajah Lembap

Selalu awali skincare routine kamu dengan membersihkan wajah. Menurut Dr. Loretta Ciraldo MD FAAD, kulit lebih mudah menyerap bahan aktif skincare saat basah. Jadi, dengan membiarkan kulit lembab ketika mengaplikasikan skincare, akan meningkatkan penetrasi bahan aktif dari produk skincare. Gunakan serum pada wajah dengan cara menepuk-nepuk kulit hingga benar-benar kering untuk menghindari iritasi

3. Waktu yang Tepat untuk Bahan Aktif

ultra soothe natural sunscreen

Meski menggunakan skincare yang gentle sekalipun, sebaiknya tetap gunakan produk dengan kandungan aktif seperti AHA, BHA, PHA, retinol, maupun produk eksfoliasi pada malam hari. Waktu penggunaan ini akan membantu meminimalisir efek fotosensitivitas kulit, karena kulit menjadi lebih sensitif saat terpapar sinar matahari.

Untuk perlindungan maksimal, pastikan kamu juga selalu melindungi kulitmu dengan sunscreen. BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen yang dilengkapi SPF 50 PA+++ memberikan proteksi maksimal sekaligus mengandung Cherimoya yang menenangkan iritasi, mencegah kemerahan, dan mengurangi sensitivitas kulit.

Referensi:

  • Skincare Bootcamp: The Evolving Role of Skincare Katie Rodan, MD, Kathy Fields, MD, […], and Timothy Falla, PhD

  • Can Performance and Gentleness Be Reconciled? A Skin Care Approach for Sensitive SkinCyril Messaraa 1, Justine Drevet 1, David Jameson 1, Gabriela Zuanazzi 1 and Ileana De Ponti 2 https://mdpi-res.com/d_attachment/cosmetics/cosmetics-09-00034/article_deploy/cosmetics-09-00034-v3.pdf?version=1648082938

  • Chen W, et al. (2019). The optimal cleansing method for the removal of sunscreen: Water, cleanser or cleansing oil? onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jocd.12995

  • How to safely exfoliate at home. (n.d.). aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/exfoliation

  • Should I apply my skin care products in a certain order? (n.d.). aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/skin-care-products

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter