search-box
Search blog...

Cara Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Pipi Kiri dan Artinya

Cara Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Pipi Kiri dan Artinya

Adakah di antara BASE Friends yang sering mendapati jerawat di area wajah yang itu-itu saja? Misal, di pipi kiri. Pernah, nggak, ngerasa kepo tentang mengapa para jerawat ini ‘betah’ di situ*

Ternyata, hal ini disebut juga sebagai acne face mapping atau peta jerawat di wajah. Masing-masing area wajah yang berjerawat menginformasikan apa yang terjadi pada tubuh kita secara keseluruhan, lho. Jadi, jerawat yang muncul di pipi kiri pun memiliki arti khusus mengenai tubuhmu.

Berasal dari metode China kuno, acne face mapping sendiri sudah dikenal luas dan banyak dipakai untuk menentukan treatment yang cocok untuk jerawat. Berikut BASE telah merangkum cara mengatasi jerawat yang muncul di pipi kiri dan artinya.

Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Pipi Kiri

Kebiasaan Mencuci Muka Kurang Bersih

Salah satu dari arti munculnya jerawat di pipi kiri adalah kebiasaan mencuci muka yang kurang bersih. Masih adanya residu atau sisa dari kotoran maupun facewash yang BASE Friends pakai adalah sumber utama dari munculnya jerawat di pipi kiri. BASE Friends bisa mencoba untuk mencuci wajah pada air mengalir, menyesuaikan volume facewash yang dipakai dengan kotoran di wajah, serta memastikan apakah wajah telah benar-benar kering dan bersih setelah mencuci wajah.

Kondisi Tempat Tidur

Penyebab jerawat di pipi kiri satu ini juga mengenai kebersihan, terutama bagi BASE Friends yang sering menghabiskan waktu untuk beraktivitas dari tempat tidur. Daniel Noyed, sleep coach dari Sleep Foundation membahas hal ini dan kaitannya terhadap tumbuhnya bakteri-bakteri jahat yang dapat menimbulkan jerawat dan iritasi. BASE Friends setidaknya harus mengganti sprei seminggu sekali agar terhindar dari bakteri-bakteri yang mungkin menginfeksi tubuh kita.

Masalah pada Organ Hati dan Pencernaan

Organ hati memiliki tugas yang sangat penting bagi tubuh, yaitu menyaring zat-zat racun serta residu. Pada kondisi tertentu seperti konsumsi fast food yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon, organ hati dapat mengalami masalah. Begitu pula dengan pencernaan yang bekerja lebih keras untuk mencerna junk food tersebut, dan akhirnya menimbulkan jerawat di pipi.

BASE Friends dapat mengubah pola makan dan juga jenis makanan yang biasa dikonsumsi untuk mengatasi hal ini. Menurut dr. Ben Johnson, kamu bisa mengurangi junkfood, konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan asin, dan makanan dengan penyedap sintetis. Makanan-makanan ini merangsang tubuh untuk memproduksi minyak berlebih dan bisa menyebabkan munculnya jerawat. Pun kamu perlu mengurangi konsumsi produk olahan dari susu, seperti mentega, susu sapi, dan juga keju. Penelitian jangka panjang dari Ulvestad yang dipublikasikan oleh Journal of The European Academy of Dermatology and Veneorologymenyebutkan bahwa konsumsi olahan susu berlebihan berhubungan erat dengan munculnya jerawat, baik pada responden perempuan maupun laki-laki.

Mengatasi Jerawat di Pipi Kiri dengan Formula Lembut Vegan Skincare

Meski umum dialami semua orang, bukan berarti jerawat bisa kita perlakukan sesukanya, BASE Friends. Perlu adanya treatment khusus bagi jerawat sehingga ia tidak lagi muncul. Bahan-bahan khusus dalam skincare pun dibutuhkan untuk mengatasi jerawat.

Vegan skincare bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi jerawat, terutama karena karakteristiknya yang lebih lembut dan berasal dari bahan-bahan natural yang telah terbukti dapat mengatasi jerawat. BASE Friends dapat mencari tahu bahan aktif lembut vegan skincare apa saja yang bisa dijadikan alternatif untuk melawan jerawat di sini.

Mengenal kulit sendiri merupakan langkah awal yang bisa BASE Friends lakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul di pipi. Lakukan Skin Test bersama BASE dan dapatkan rekomendasi produk yang cocok untuk kulitmu.

skin type test indonesia

Referensi:

  1. Bunton, S (2017). Romper. 7 Surprising Lifestyle Habit That Are Making Your Acne Worse

  2. Noyed, D (2020). Sleep Foundation. How Often Should You Wash Your Sheets?

  3. Ulvestad, M., Bjertness, E., Dalgard, F., & Halvorsen, J. A. (2017). Acne and dairy products in adolescence: results from a Norwegian longitudinal study. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 31(3), 530-535.

Was this article helpful?