Search blog...

Hero Ingredient: Ectoin® Sebagai Bahan Aktif Pelindung Kulit dari Polusi

Hero Ingredient: Ectoin® Sebagai Bahan Aktif Pelindung Kulit dari Polusi

Balik lagi ke seri Hero Ingredient! Dimana kita akan membahas bahan-bahan aktif natural yang BASE pakai untuk memformulasi produk skincare kamu.

Hero kita kali ini adalah bahan aktif yang dapat melindungi kulitmu dari iritasi akibat lingkungan seperti polusi cahaya (cahaya matahari), ataupun polusi dari asap kendaraan motor. Hero ini juga akan melindungi kulitmu dari radikal bebas, khususnya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan skin barrier yang rapuh.

BASE mempersembahkan Ectoin®! Bahan yang terdengar cukup asing ini adalah sejenis asam amino yang diproduksi dari mikroorganisme yang hidup di lingkungan ekstrim, seperti lingkungan dengan suhu panas, atau kandungan garam yang tinggi dimana banyak mikroorganisme tidak dapat tumbuh.

Berikut semua manfaat Ectoin® buat kulitmu.

Effective Melindungi Kulit dari Polusi

Salah satu kelebihan dari Ectoin® yang patut kita acungi jempol adalah kemampuan bahan ini untuk melindungi kulit kamu dari segala polusi dan stresor lingkungan, seperti radiasi cahaya matahari, debu, asap kendaraan bermotor, sampai dengan alergen.

Saat kulit terpapar langsung dengan stresor lingkungan, sel kulit biasanya melepaskan mediator stres yang mendorong terjadinya inflamasi.

Dengan memakai Ectoin® secara topikal dapat mencegah inflamasi kulit dengan cara menghambat sel melepaskan mediator stres.

Selain Ectoin®, Myromthamnus Leaf Extract juga bisa melindungi kulitmu dari penuaan akibat polusi juga loh. Baca di sini untuk mencari tahu lebih lanjut.

Melindungi Kulit dari Photoaging

Apakah akhir-akhir ini kamu sering berada di rumah? Walaupun berada di rumah, kulitmu mungkin masih bisa terpapar radiasi matahari, apalagi kalau kamu suka duduk dekat jendela karena radiasi UVA bisa menembus kaca jendela.

Saat kulit terpapar matahari, radiasi UVA bisa memicu kulit untuk memproduksi oksigen reaktif (ROS) dan mediator stres, yang nantinya hal ini dapat menimbulkan inflamasi seperti kemerahan dan iritasi.

Tidak berhenti di situ saja, jika kulit terus terpapar dengan radiasi UVA tanpa perlindungan, hal ini dapat menyebabkan photoaging atau penuaan kulit dini akibat paparan sinar matahari berlebih.

Asam amino dari Ectoin® yang dihasilkan dari mikroorganisme ini adalah jawaban kenapa mereka dapat hidup di lingkungan ekstrim. Ectoin® dapat menghentikan produksi oksigen reaktif berlebih dan juga mediator stres yang dipicu oleh radiasi UVA. Sehingga sel terlindungi dari kerusakan, yang berarti kulit terlindungi dari tanda-tanda penuaan.

tips

Base Tips

Photoaging sangat mudah dicegah dengan pemakaian sunscreen yang rutin. Jadi, jangan lupa untuk pakai sunscreen walaupun hanya di rumah saja ya.

Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Dengan gaya hidup kita yang sering menatap layar perangkat elektronik, tanpa kita sadari bahwa selain di luar ruangan, Blue Light atau High-Energy Visible yang terpancar dari layar perangkat elektronik juga bisa merusak kulit dan skin barrier kamu!

Paparan radiasi UVA dan juga Blue Light sama-sama memicu kulit untuk memproduksi oksigen reaktif (ROS) berlebih.

Menurut studi dari Photodermatology, photoimmunology & photomedicine, oksigen reaktif (ROS) berlebih membuat sel kulit rusak yang menganggu skin barrier. Hal ini ditandai dengan tingkat Trans-epidermal Water Loss (TEWL) yang tinggi sehingga kulit kehilangan kelembapan nya.

Saat skin barrier rusak, kulit jadi mudah dehidrasi, terlihat kusam, muncul garis-garis halus pada bagian mata dan sekitar mulut.

Ectoin® digunakan secara topikal mampu untuk mengikat molekul air sehingga efektif mengatasi dehidrasi kulit dengan cepat dan mengembalikan hidrasi kulit.

Apakah Kulitmu Butuh Ectoin®?

Setiap harinya kulit terpapar dengan polutan di luar maupun dalam ruangan. Dari debu, panas kompor ataupun partikel-partikel kecil dari asap kendaraan maupun rokok.

Menurut jurnal dari Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology polutan memiliki dampak pada kesehatan kulit dan menjadi salah satu penyebab banyaknya masalah kulit, seperti tanda-tanda penuaan, keriput, alergi, dan iritasi kulit.

Untuk itu, sangat penting untuk melindungi kulitmu dengan Ectoin® ataupun produk skin care dengan antioksidan tinggi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas akibat polusi.

Apakah kamu belum menemukan bahan yang efektif untuk melindungi kulitmu dari segala permasalahan kulit? Ambil skin test ini untuk mencari tahu apa bahan aktif yang efektif buat kulitmu.

Referensi:

  1. Araviiskaia, E., Berardesca, E., Bieber, T., Gontijo, G., Sanchez Viera, M., Marrot, L., Chuberre, B., & Dreno, B. (2019). The impact of airborne pollution on skin. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology : JEADV, 33(8), 1496–1505. https://doi.org/10.1111/jdv.15583
  2. Bünger J, Driller H. (2004) Ectoin: an effective natural substance to prevent UVA-induced premature photoaging. Skin Pharmacol.Physiol 17 (5):232-237
  3. Falcone, D., Uzunbajakava, N. E., van Abeelen, F., Oversluizen, G., Peppelman, M., van Erp, P., & van de Kerkhof, P. (2018). Effects of blue light on inflammation and skin barrier recovery following acute perturbation. Pilot study results in healthy human subjects. Photodermatology, photoimmunology & photomedicine, 34(3), 184–193. https://doi.org/10.1111/phpp.12367
  4. Graf R, Anzali S, Buenger J, Pfluecker F, Driller H. The multifunctional role of ectoine as a natural cell protectant. Clin Dermatol 2008; 26(4):326-333
  5. Mancebo, S. E., & Wang, S. Q. (2015). Recognizing the impact of ambient air pollution on skin health. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology : JEADV, 29(12), 2326–2332. https://doi.org/10.1111/jdv.13250

Was this article helpful?

Related Stories

5 Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Skincare Vegan Untuk Kulit dan Lingkungan

Kalau tahun 2020 industri kecantikan sempat diguncang dengan dokumenter Beauty Laid Bare yang memperlihatkan sisi gelap bagaimana produk kecantikan dibuat.

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Kombinasi sempurna untuk mengurangi sebum wajah dan mencegah jerawat, efektif mengurangi radikal bebas, juga sebagai bahan anti iritasi. Ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry atau Seboxyl® merupakan bahan aktif yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, ataupun mudah berjerawat.

Apakah Kulitmu Perlu Perlindungan dari Radiasi Inframerah?

Kalau bicara soal inframerah atau inframerah (IR), kamu yang lahir pada tahun 80an dan 90an pasti masih ingat kan sama ponsel yang mengirim file dengan inframerah?

Apa itu Ultraviolet? Perbedaan UVA, UVB dan UVC

Saat duduk di bangku SMP, pasti kebanyakan dari kita pernah bertanya apa gunanya belajar fisika dan spektrum cahaya kalau kita pada akhirnya tidak ke bidang tersebut?

Apa itu Blue Light dan Visible Light? Kenapa Kulitmu Perlu Skincare Anti Blue Light

Tahu tidak kalau cahaya termasuk kedalam kategori polusi? Tidak bisa dipungkiri kalau kulit kita terpapar sinar hampir setiap saat. Terutama radiasi visible light yang hampir selalu ada dari pagi hingga malam.