Search blog...

Find You Life’s Purpose and Passion With Ikigai

Find You Life’s Purpose and Passion With Ikigai

Bangun tidur di pagi hari menjadi masalah untuk sebagian orang. Apakah kamu pernah bertanya alasan dan tujuan hidup kamu setiap bangun di pagi hari? Percaya tidak jika kamu sudah menemukan passion dan tujuan hidup kamu dengan Ikigai, kamu tidak akan susah untuk bangun pagi setiap hari.

Arti Dari Ikigai

Apa sih yang dimaksud dengan ikigai? Sebuah praktis untuk hidup bahagia, sehat dan panjang umur yang berasal dari sebuah pulau terkenal di Jepang dengan centenarian terbanyak di dunia. Jadi maklum pulau ini sangat menarik untuk ditelusuri.

Pulau tersebut adalah Okinawa. Mungkin sekarang kalian sudah bisa menebak rahasia dari orang-orang yang berumur panjang ini. Apa yang membuat ikigai bisa membuat orang berumur hingga 100 tahun?

Mungkin tujuan kamu membaca blog ini bukan untuk mencari bagaimana untuk hidup 100 tahun. Tetapi hidup yang penuh dengan passion bisa membuat kamu hidup bahagia, dan bahagia ini dapat diraih dengan ikigai seperti orang-orang yang hidup di pulau Okinawa_._

Dalam Bahasa Indonesia, Ikigai diterjemahkan menjadi tujuan hidup. Jadi apakah kamu siap untuk mencari tujuan hidup kamu? Yuk, kita coba cari Ikigai kamu bersama-sama.

Temukan Passion dan Tujuan Hidup Kamu

Dikutip dari buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life yang ditulis oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles mengatakan bahwa, “Ikigai kamu adalah titik-temu antara apa yang kamu kuasai dan apa yang kamu sukai.”

Sederhanakan? Tetapi memang tidak semua orang bisa langsung mengetahui apa yang kamu kuasai dan kamu suka sekarang. Butuh waktu untuk kamu benar-benar mengetahui dua hal tersebut.

Kamu bisa coba dengan mengisi setiap bagian tersebut sampai kamu bisa menemukan titik-temu antara keempat bagian di atas, dimulai dengan jawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Apa yang aku suka atau cinta?
  2. Apa yang aku kuasai?
  3. Hal atau pekerjaan apa yang bisa aku lakukan sekarang yang bisa dapat bayaran?
  4. Menurut kamu, apa yang dunia butuhkan?

Setelah kamu menjawab keempat pertanyaan di atas secara berurutan sekarang kamu bisa lanjutkan dengan mengisi bagian tirisan antara kedua pertanyaan tersebut. Contoh, untuk mencari passion kamu harus mengetahui apa yang kamu suka dan apa yang kamu kuasai.

Jujur Terhadap Dirimu Sendiri

Untuk kamu yang sudah memasuki kepala dua dan menuju kepala tiga, ikigai mungkin adalah sebuah jawaban untuk kamu yang selalu mencari makna dari kehidupan; untuk kamu yang sering bertanya kenapa aku harus bangun pagi hari ini? Apa sih passion aku? Mungkin ini waktu nya tepat untuk kamu jujur dengan dirimu sendiri.

Sering kita mendapat dorongan dan tekanan dari orang-orang terdekat terutama, ehem! orang tua, tante, paman maupun nenek, untuk menjadi sukses atau setidak nya sekarang sudah memiliki calon pasangan hidup. Standar-standar seperti menjadi dokter ataupun direktur dari sebuah perusahaan besar adalah tujuan yang biasa ditanam pada kita, untungnya jarang orang tua ingin kita menjadi astronot.

Sering kita memaksakan diri kita untuk menyeimbangi ekspektasi dari orang lain dengan ekspektasi dari kita sendiri, sehingga kita sering bingung dengan passion dan tujuan hidup kita sendiri. Apa yang sebenarnya kamu ingin lakukan?

Baby Steps One at a Time

Ingat puisi Chairil Anwar yang berjudul Aku? Puisi tersebut adalah salah satu contoh bagaimana passion dan memiliki tujuan hidup membuat kamu lebih hidup dan bersemangat. Tetapi yang paling penting sekarang apakah kamu sudah menemukan ikigai kamu?

Kalau belum, kamu bisa ikuti akun Instagram BASE di @itsmybase agar kamu bisa terus up-to-date dengan workshop seru yang akan berlangsung. Selain itu, kamu juga bisa ke akun Youtube BASE untuk mendengarkan cerita-cerita inspiratif yang tidak kalah serunya.

Pastinya selamat untuk kamu yang sudah menemukan ikigai kamu, mungkin juga kamu bisa meneriakkan “aku mau hidup seribu tahun lagi!” seperti Chairil Anwar setiap kali kamu bangun di pagi hari.

References:

  1. García, H., Miralles, F., & Cleary, H. (2017). A**.** New York: Penguin Books.
  2. Myers, Chris. (2018, Feb 23). How To Find Your Ikigai And Transform Your Outlook On Life And Business. Forbes. Retrieved from https://www.forbes.com/sites/chrismyers/2018/02/23/how-to-find-your-ikigai-and-transform-your-outlook-on-life-and-business/#143d05282ed4
  3. Oppong, Thomas. (2018, Jan 10). Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life Might Just Help You Love a More Fulfilling Life [Blog Post]. Medium. Retrieved from https://medium.com/thrive-global/ikigai-the-japanese-secret-to-a-long-and-happy-life-might-just-help-you-live-a-more-fulfilling-9871d01992b7

Sources:

  1. Photo by Heidi Fin on Unsplash
  2. Photo by Min An on Pexels

Was this article helpful?

Related Stories