search-box
Search blog...

Vegan Skincare 101: Mengapa Kamu Harus Beralih ke Skincare Vegan

Vegan Skincare 101: Mengapa Kamu Harus Beralih ke Skincare Vegan

Kamu bukan vegan? Memakai produk skincare vegan tidak harus mengadopsi gaya hidup vegan kok. Nyatanya, skincare vegan memberikan beribu manfaat yang pastinya tidak kalah efektif dengan skincare non-vegan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, produk skincare vegan mulai banyak bermunculan. Alasanya ada pada keampuhan bahan-bahan vegan ini sebagai alternatif bahan non-vegan yang biasa tidak ramah lingkungan atau tidak lembut di kulit.

Gak percaya? Berikut BASE paparkan alasan mengapa kamu harus beralih ke vegan skincare mulai sekarang. Check it out!

Bahan-bahan vegan skincare tak kalah ampuh dengan non-vegan skincare

Penelitian-penelitian terbaru menunjukkan bahwa bahan-bahan utama yang menjadi primadona dalam pembuatan vegan skincare tidak kalah ampuh dengan bahan-bahan yang dipakai pada non-vegan skincare.

BASE Friends mungkin sudah familiar dengan nama-nama bahan yang terkenal seperti ceramide dan bakuchiol. Bahan-bahan tersebut adalah bahan vegan, lho. Moisturizer dari BASE, Ultra Dew Moisturizer, memiliki kandungan ceramide yang sudah terbukti ampuh menjaga skin barrier.

Selain itu, bahan ini juga terbukti ampuh menjaga kelembapan kulit berbagai usia. Menurut jurnal dari Journal of drugs in dermatology, mulai dari bayi baru lahir (infants) hingga orang dewasa penggunaan ceramide ampuh menjaga kelembapan kulit.

Harga dari vegan skincare relatif sama apabila dibandingkan dengan non-vegan skincare

Untuk poin yang satu ini, BASE Friends bisa mulai dengan melakukan komparasi harga antara skincare dengan klaim vegan friendly dan tanpa klaim vegan friendly, ya! Biasanya ada keterangan vegan di kemasan skincare, atau BASE Friends bisa melihat-lihat akun media sosial dari skincare yang pengen banget dikepoin bahan-bahannya.

BASE Friends bisa melakukan komparasi minimal pada tiga produk berbeda tetapi sama kegunaannya, seperti moisturizer vs moisturizer vs moisturizer. Jika BASE Friends cukup jeli, akan nampak bahwa harga skincare dengan klaim vegan dengan skincare tanpa klaim vegan memiliki harga yang kurang lebih sama.

Berkontribusi menyelamatkan banyak hewan yang biasa dijadikan sebagai bahan utama non-vegan skincare

Seperti yang kita semua ketahui bersama, ada banyak sekali bahan-bahan pembuatan skincare yang didapatkan dari hewan. Bahkan meski hanya ekstraknya saja, tetap saja ada opsi lain yang bisa kamu pilih demi tidak menyakiti makhluk hidup lain. Dengan langkah kecil namun berarti seperti memakai vegan skincare, kamu sudah turut punya andil dalam menyelamatkan hidup hewan-hewan ini, Friends!

Bahan-bahan vegan skincare ramah lingkungan

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, bahan-bahan vegan terbukti lebih ramah lingkungan daripada bahan-bahan non vegan. Wah, kenapa tuh? Yaps, jadi, menurut Jurnal WIldlife Australia, industri peternakan hewan sebagai sumber utama bahan-bahan non-vegan ini punya kontribusi cukup besar pada pemanasan global. Selain itu, berganti produk yang digunakan sehari-hari dengan produk vegan terbukti memiliki andil yang cukup signifikan untuk tetap menjaga lingkungan kita.

Setelah membaca pemaparan di atas, semoga BASE Friends tidak lagi ragu untuk beralih ke vegan skincare, ya! Selain aman untuk kantong dan memiliki efektivitas lebih tinggi daripada non-vegan skincare, ingat juga bahwa kamu turut berkontribusi untuk menyelamatkan banyak nyawa hewan lucu yang biasa dijadikan bahan utama pembuatan skincare. Merawat dan mempercantik diri tidak harus menyakiti makhluk lain dan bumi, ‘kan?

Referensi:

  1. Adhau, A., & Pardeshi, M. (2020). Bakuchiol: A Retinol like Structure in the Field of Cosmetics.
  2. Chang, A. L. S., Chen, S. C., Osterberg, L., Brandt, S., von Grote, E. C., & Meckfessel, M. H. (2018). A daily skincare regimen with a unique ceramide and filaggrin formulation rapidly improves chronic xerosis, pruritus, and quality of life in older adults. Geriatric Nursing, 39(1), 24-28.
  3. Cox, K. (2018). One Eco step: Small, sustainable changes can add up to big gains for our environment. Wildlife Australia, 55(3), 21-23.
  4. Schachner, L. A., Andriessen, A., Benjamin, L., Bree, A. F., Lechman, P. A., Pinera-Llano, A. A., & Kircik, L. (2020). A Consensus About the Importance of Ceramide Containing Skincare for Normal and Sensitive Skin Conditions in Neonates and Infants. Journal of drugs in dermatology: JDD, 19(8), 769-776.

Was this article helpful?