search-box
Search blog...

Skinimalism, Tren Skincare Cocok Untuk Pemula Oleh Dhinda Elok

Skinimalism, Tren Skincare Cocok Untuk Pemula Oleh Dhinda Elok

Setelah sempat tren skincare 7-skin-method, terus juga tren 10-step-skincare, sekarang ada lagi tren skincare skinimalism, alias meminimalkan produk-produk skincare yang dipakai, tren skincare yang cocok untuk pemula.

Kamu tidak harus pusing lagi untuk memilih berbagai macam serum dalam satu rangkaian, atau ngeborong essence, ampoule, moisturizer, eye cream, sleeping mask. Yuk, coba kita sama-sama meminimalisir dan fokus ke produk skincare yang cocok dan efektif buat kulitmu.

Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Skinimalism

Seiring dengan berjalannya waktu aku mulai mengurangi jumlah skincare yang aku pakai dalam satu rangkaian. Skinimalism yang aku terapin ini bukan serta merta ikutin tren skincare, tapi pure karena aku merasa sebenarnya kulitku ini baik-baik saja kok kalo pakai produk minimal. Ternyata gak perlu pakai banyak produk dalam satu rangkaian buat dapetin kulit yang sehat. Untuk itu, tren skincare ini cocok untuk pemula.

Aku juga sudah sedikit banyak udah tahu soal kondisi kulitku, jadi aku udah paham kalo misal muncul masalah ini aku harus pakai apa atau kalau ada masalah harus gimana. It takes process.

Cara Mempraktikan Skinimalism

Untuk yang baru mulai skincare-an. Produk skincare yang wajib buat kamu adalah Pembersih Wajah, Pelembap Wajah, dan Tabir Surya. Tetapi untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit bisa coba untuk gunakan serum atau eksfoliator.

Terus, kamu harus tahu dulu apa tipe kulitmu. Untuk yang belum tahu seperti apa kondisi kulitmu, boleh banget untuk ambil skin test dari BASE ini.

Kalau kulitku adalah tipe yang berminyak dan gampang dehidrasi. Kalo udah dehidrasi, selain jumlah minyak yang keluar semakin banyak, biasanya juga muncul bruntusan, tekstur kulit jadi kasar, dan kusam. Kalau kulit udah dehidrasi gini, biasanya kulitku gak akan bisa menerima banyak produk. Skincare yang aku pakai jadi susah banget meresapnya.

Dengan alasan inilah aku mulai cut-off beberapa produk yang gak aku butuhin. Jadi dalam satu rangkaian rutin skincare, biasanya aku hanya memakai yang emang saat itu lagi dibutuhkan kulitku saja.

Skincare Rutin Pagi

Kalau pagi, aku memakai 5 macam produk saja. Mulai dari pembersih wajah BASE Nourishing Cleanser, lalu Hydrating Toner Somethinc Supple Power, serum dari Erha Truwhite Vitamin C & Peptides Brightening Serum, pelembap wajah pakai BASE Ultra Clarity Balancing Lotion, dan BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++. Aku gak bisa skip serum vitamin C dan sunscreen, karena ini adalah kunci untuk buat kulit aku terlihat cerah.

Skincare Rutin Malam

Untuk skincare rutin malam, aku double cleansing pake Somethinc Alpha Deep Cleansing Oil dan BASE Nourishing Cleanser. Abis itu, pakai Hydrating Toner Somethinc Supple Power, eksfoliasi kalau lagi butuh saja, pakai Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid. Untuk serum, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, dan yang gak boleh kelupaan pakai pelembap BASE Ultra Clarity Balancing Lotion.

Apakah Kulit Berjerawat Juga Bisa Melakukan Skinimalism?

Sejak terapin skinimalism ini, aku jadi lebih happy soalnya rutin skincare aku jadi lebih singkat! Ini membantu banget apalagi kalau pagi suka buru-buru, dan aku juga ngerasa metode ini jadi lebih bikin aku fokus sama kebutuhan kulit.

Misal, kulit lagi butuh hidrasi, ya kita fokus kasih hidrasi yang cukup ke kulit. Atau misal lagi ada jerawat muncul, ya jadi fokus buat nyembuhin jerawat, dan lain sebagainya. Jadi produk-produk yang sekiranya emang gak dibutuhin sama kulit bisa di cut-off.

Cukup eliminasi saja produk-produk yang sekiranya kulit kamu ga butuh-butuh amat. Coba lebih fokus sama skin concern kamu saat itu. Cara ini pasti bikin kulit kamu jadi lebih sehat dan terawat.

Related tags

Was this article helpful?