searchclear input

Purging Atau Breakout? Yuk, Kenali Perbedaannya

breakout

Sering mendengar kata purging di dunia per-skincare-an? Kalau breakout pasti sudah banyak yang tahu, kan? Breakout biasa juga dikenal sebagai jerawat kecil yang bermunculan secara banyak khususnya di sekitar wajah. Walaupun breakout dan purging hampir tidak dapat dibedakan, kedua kondisi tersebut memiliki penyebab yang berbeda.

Yuk, cari tahu perbedaannya lebih dalam agar kita tahu cara penanganan yang tepat.

Apa yang Membedakan Purging Dengan Breakout?

Purging disebabkan oleh regenerasi sel kulit yang terlalu cepat dan biasanya terjadi karena mengganti skincare rutin, kalau breakout dikarenakan iritasi yang disebabkan oleh kandungan dalam sebuah produk skincare. Namun walau begitu, purging bukan diagnosis medis.

Dikutip dari Healthline, satu hal yang paling membedakan antara kedua kondisi tersebut adalah lokasi munculnya jerawat. Breakout biasanya terjadi pada area yang jarang atau tidak pernah timbul jerawat. Sedangkan purging muncul di area dimana jerawat biasa muncul.

purging

Penyebab Purging

Istilah purging adalah sebuah reaksi terhadap bahan aktif yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit atau biasa disebut sebagai skin cell turnover. Biasanya purging adalah reaksi kulit wajah terhadap bahan yang baru digunakan, seperti saat kita mengganti skincare rutin. Saat proses tersebut, kulit terus mengelupas sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati yang berlebihan.

Regenerasi sel kulit yang terlalu cepat juga akan mempercepat pembentukan jerawat. Hal tersebut dikarenakan sel kulit mati terus menumpuk dan menyumbat pori-pori, ini adalah tahap awal pembentukan jerawat yang biasa juga disebut sebagai microcomedones.

Microcomedones nantinya akan berkembang menjadi jerawat seperti pustula, papula, komedo putih dan komedo hitam. Perlu diingat, microcomedones biasanya sudah ada di wajah sehingga inflamasi atau penumpukan sel kulit yang terlalu banyak dapat memicu microcomedones menjadi jerawat. Juga, microcomedones tidak dapat dilihat dengan kasat mata.

Ingin tahu lebih dalam mengenai kondisi kulitmu? Sekarang kamu bisa mengambil skin test dari BASE untuk mendapatkan analisa kulitmu dan mengetahui bahan-bahan apa yang cocok untuk kulit unikmu.

skin test

Seperti Apa Purging Itu?

Biasanya terdapat dua jenis jerawat yang muncul saat purging, yaitu papula dan pustula. Jerawat papula memiliki ciri-ciri seperti benjolan merah, terasa keras. Pada saat purging, papula timbul seperti berkerumun. Sedangkan pustula memiliki titik putih yang berisi nanah di tengah yang biasanya berwarna putih atau sedikit kekuningan.

Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Purging?

Kamu tidak harus mengganti skincare rutin jika purging terjadi. Lama proses purging ini bisa berlangsung sekitar 4-6 minggu atau bahkan hanya beberapa hari saja dikutip dari Healthline. Seperti pelangi sehabis hujan, purging adalah proses saat kulit kamu mengadaptasi terhadap produk skincare baru. Setelah itu, kulit kamu akan terus membaik.

Namun, disarankan untuk tidak melakukan facial terlebih dahulu apalagi jika kulit kamu sensitif. Saat mengalami purging, sebaiknya juga untuk tidak memencet atau memegang wajah.

Saat purging, kulit jadi lebih sensitif sehingga kamu dapat menggunakan basic skincare yang lebih gentle dengan kandungan soothing seperti Calendula Extract, Centella Asiatica, dan Cherimoya yang bisa kamu temukan dalam produk Nine to Ten Purifying Cleanser, Ultra Soothe Moisture Cream, dan Ultra Matte Natural Sunscreen.

BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

Face cleanser with milky texture for dry skin

Rp 98.000

SHOP NOW
BASE Ultra Soothe Moisture Cream

BASE Ultra Soothe Moisture Cream

Face moisturizer to nourish and soothe sensitive skin

Rp 189.000

SHOP NOW
BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Tabir surya dewy finish

Rp 169.000
Rp 143.650

SHOP NOW

Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Breakout?

Cari tahu kandungan apa yang membuat kulitmu teriritasi. Setelah mengetahui kandungan apa yang menyebabkan breakout, ganti produk kamu ke produk yang lebih lembut. Hindari bahan-bahan yang memiliki potensi mengiritasi kulit seperti benzoyl peroxide atau retinol.

Untuk mengatasi jerawat yang keluar ketika breakout, coba gunakan alternatif retinol lebih lembut seperti Bakuchiol yang bisa kamu temukan dalam Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum. Bakuchiol ampuh melawan jerawat dan mengurangi bekas jerawat secara gentle.

BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum

BASE Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum

Serum to treat and prevent acne while helping to minimize pores

Rp 159.000
Rp 135.150

SHOP NOW

Tips! Untuk menghindari breakout, coba patch test di bagian kecil pada leher di bawah telinga setiap kali memakai produk skincare baru. Klik di sini untuk cari tahu cara patch test yang benar.

daftar

Referensi:

  1. Platsidaki E, Dessinioti C.Recent Advances in Understanding Propionibacterium acnes(Cutibacterium acnes) in Acne. F1000Res. 2018;7 doi:10.12688/f1000research.15659.1
  2. Yarbrough, L. Jessica. (2019). The Secrets to Deciphering — and Stopping — Skin Purging. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-purging

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter