Search blog...

Niacinamide, Bahan Serba Bisa yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

Niacinamide, Bahan Serba Bisa yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

Sepertinya bahan satu ini sudah tidak perlu perkenalan lagi. Iya, niacinamide menjadi bahan skincare yang paling terkenal dan banyak dicari. Hal tersebut dikarenakan niacinamide banyak manfaatnya bagi semua jenis kulit, mulai dari mengatasi tanda penuaan, mengecilkan penampilan pori-pori sampai hiperpigmentasi.

Niacinamide adalah bentuk dari vitanim B3 memperbaiki tekstur kulit, seperti garis-garis halus pada wajah, antioksidan, mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan UV. Langsung saja, berikut alasan kenapa bahan serba bisa ini sangat bermanfaat untuk kulitmu.

Bagaimana Niacinamide Bisa Menjadi Favorit Semua Orang?

Bahan serba bisa ini langsung mendapatkan status selebriti, salah satu penggunaan niacinamide adalah sebagai bahan anti jerawat dengan efek anti-inflamasi. Selain sebagai bahan anti jerawat, niacinamide efektif dalam mengurangi penampilan dari pori-pori. Wajar saja kalau niacinamide menjadi bahan favorit semua orang.

Untuk yang memiliki kulit berminyak, niacinamide bisa menyeimbangkan produksi minyak dan sebum ditambah lagi, bahan ini tidak larut dalam minyak. Kalau kamu bukan penggemar dari produk skincare berbasis minyak, bahan ini sangat cocok dengan kamu.

Jangan ditanya lagi efektifitasnya. Menurut sebuah studi memperlihatkan efektifitas pemakaian niacinamide 4% dalam menurunkan jerawat inflamasi tingkat sedang, seperti papula dan pustula.

Daftar Manfaat Niacinamide yang Tidak Ada Habisnya

Kita sering percaya—atau memaksa diri untuk percaya, kalau ada seseorang yang sangat pintar, pasti biasanya kelemahannya ada di pelajaran olahraga. Kalau dia sangat populer, mungkin kelemahannya ada di sisi daya tangkapnya.

Tetapi, kita semua pasti memiliki satu teman yang kayaknya jago dalam segala hal, mau itu pintar, jago menyanyi, bela diri, dan juga sangat populer. Nah, kalau di dunia kosmetik bahan itu adalah niacinamide. Berikut resume dari niacinamide dan manfaatnya bagi kulit:

  • Mencegah Tanda Penuaan

    Niacinamide membantu memproduksi kolagen dan menstabilkan kolagen pada lapisan kulit sehingga permukaan kulit lebih kenyal dan fleksibel.

  • Mengontrol Minyak dan Mengurangi Kemerahan Pada Kulit

    Anti-inflamasi yang terdapat pada niacinamide ampuh dalam mengurangi kemerahan pada kulit. Ini juga menyeimbangkan minyak dan sebum penyebab jerawat yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit.

  • Memperkuat Skin Barrier

    Guna dari skin barrier adalah untuk menjaga kulit dari berbagai macam bakteri, jamur, maupun iritan yang dapat menganggu kesehatan kulit. Niacinamide juga membantu kulit memproduksi lipid berupa ceramide, guna untuk menarik air ke lapisan kulit sehingga niacinamide juga bagus untuk kulit kering dan dehidrasi.

  • Mengecilkan Pori-pori

    Niacinamide dapat mempertahankan kelembapan pada kulit dan mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga seiringnya waktu bahan yang serba bisa ini dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori.

  • Mencegah Hyperpigmentasi

    Selain mengecilkan pori-pori, niacinamide juga dapat meratakan warna kulit. Selain itu, bahan ini juga dapat menunda produksi melanin sampai ke lapisan kulit terluar, menjadikan niacinamide bahan yang cocok untuk kamu dengan hiperpigmentasi.

Apakah Niacnimaide ada Pada BASE Personalized Skincare Kamu?

Fiuh, akhirnya kelar juga. Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa niacinamide menjadi selebriti papan atas? Dengan banyak sekali manfaat, niacinamide seperti menjadi bahan pokok pada skincare rutin setiap orang, tidak hanya cocok untuk kulit berjerawat saja, tetapi niacinamide bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Apakah kamu menemukan bahan serba bisa ini di personalized formula kamu? Yuk, cari tahu di sini dengan mengambil skin test dari BASE.

Referensi:

  1. Draelos, Z. D., Matsubara, A., & Smiles, K. (2006). The effect of 2% niacinamide on facial sebum production. Journal of cosmetic and laser therapy : official publication of the European Society for Laser Dermatology, 8(2), 96–101. https://doi.org/10.1080/14764170600717704
  2. Hakozaki, T., Minwalla, L., Zhuang, J., Chhoa, M., Matsubara, A., Miyamoto, K., Greatens, A., Hillebrand, G. G., Bissett, D. L., & Boissy, R. E. (2002). The effect of niacinamide on reducing cutaneous pigmentation and suppression of melanosome transfer. The British journal of dermatology, 147(1), 20–31. https://doi.org/10.1046/j.1365-2133.2002.04834.x
  3. Kaymak, Yeşim & Önder, Meltem. (2008). An Investigation of Efficacy of Topical Niacinamide for the Treatment of Mild and Moderate Acne Vulgaris. J Turk Acad Dermatol. 2.

Was this article helpful?

Related Stories

5 Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Skincare Vegan Untuk Kulit dan Lingkungan

Kalau tahun 2020 industri kecantikan sempat diguncang dengan dokumenter Beauty Laid Bare yang memperlihatkan sisi gelap bagaimana produk kecantikan dibuat.

Hero Ingredient: Ectoin® Sebagai Bahan Aktif Pelindung Kulit dari Polusi

Balik lagi ke seri Hero Ingredient! Dimana kita akan membahas bahan-bahan aktif natural yang BASE pakai untuk memformulasi produk skincare kamu.

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Kombinasi sempurna untuk mengurangi sebum wajah dan mencegah jerawat, efektif mengurangi radikal bebas, juga sebagai bahan anti iritasi. Ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry atau Seboxyl® merupakan bahan aktif yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, ataupun mudah berjerawat.

Apakah Kulitmu Perlu Perlindungan dari Radiasi Inframerah?

Kalau bicara soal inframerah atau inframerah (IR), kamu yang lahir pada tahun 80an dan 90an pasti masih ingat kan sama ponsel yang mengirim file dengan inframerah?

Apa itu Ultraviolet? Perbedaan UVA, UVB dan UVC

Saat duduk di bangku SMP, pasti kebanyakan dari kita pernah bertanya apa gunanya belajar fisika dan spektrum cahaya kalau kita pada akhirnya tidak ke bidang tersebut?

Apa itu Blue Light dan Visible Light? Kenapa Kulitmu Perlu Skincare Anti Blue Light

Tahu tidak kalau cahaya termasuk kedalam kategori polusi? Tidak bisa dipungkiri kalau kulit kita terpapar sinar hampir setiap saat. Terutama radiasi visible light yang hampir selalu ada dari pagi hingga malam.