Search blog...

Moringa Penyelamat Kulit Kering dan Dehidrasi

Moringa Penyelamat Kulit Kering dan Dehidrasi

Munculnya tanda-tanda penuaan bisa diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya adalah paparan sinar matahari. Faktor lainnya seperti dehidrasi juga dapat mempercepat penuaan kulit. Oleh sebab itu, kamu perlu produk skincare dengan kandungan moringa jika kulit kamu terlihat kusam dan terdapat garis halus sekitar mata atau mulut.

Tentang Kisah Heroik Dibalik Pohon Moringa

Pohon moringa sering disebut sebagai “the miracle tree” atau “tree of life”, dikarenakan pohon ini dapat menyediakan makanan di daerah yang rentan kekeringan. Tidak hanya itu, setiap bagian dari pohon moringa dapat dikonsumsi dan juga sangat bernutrisi.

Walaupun pohon ini aslinya berasal dari Asia Selatan, pohon ini sudah banyak ditanam di Amerika Tengah dan benua Afrika ratusan tahun yang lalu untuk melawan kelaparan di daerah yang sering mengalami kekeringan. Kalau di benua Asia ekstrak daun moringa sering dikonsumsi sebagai makanan, di Afrika Selatan pohon moringa dikonsumsi sebagai suplemen untuk meningkatkan imunitas bagi penderita HIV.

BASE Personalized Skincare menggunakan ekstrak daun moringa untuk menutrisi kulit yang cocok untuk melawan kulit kering dan tanda-tanda penuaan. Ekstrak ini diambil dari Afrika Selatan dimana pohon moringa tumbuh berlimpah dan sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat sana untuk penyembuhan.

Manfaat Ekstrak Daun Moringa

Ekstrak daun moringa kaya akan kandungan vitamin B, dan C, β-carotene, dan phenolics atau senyawa fenolik, yang pastinya semua kandungan ini bagus untuk menutrisi kulit. Kita akan bahas satu-satu kandungan dan manfaat dari ekstrak daun moringa yang akan menyelamatkan kulit kamu dari dehidrasi dan penuaan kulit.

  • Mengurangi Transepidermal Water Loss

    Kandungan vitamin B pada ekstrak daun moringa berfungsi sebagai humektan yang dapat menarik air ke stratum corneum untuk menghidrasi dan melembutkan kulit, sehingga moringa efektif dalam mengurangi transepidermal water loss.

  • Selain Vitamin C, Senyawa Fenolik Melindungi Kulit dari Penuaan

    Ekstrak daun moringa juga mengandung vitamin C dan senyawa fenolik yang melimpah membuat tumbuhan ini kaya akan antioksidan yang cocok untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Senyawa fenolik yang meliputi kaempferol, quercetin, rutin, galat, klorogenik, asam ellagic dan ferulic memberikan perlindungan terbaik terhadap enzim yang menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin di kulit. Sehingga moringa dapat meningkatkan kolagen dan meremajakan kulit.

  • β-Carotene Melindungi Kulit dari Kerusakan Ultraviolet

    Salah satu jenis dari vitamin A adalah β-Carotene. Tidak hanya menutrisi, β-Carotene telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet atau memiliki properti photoprotection yang menyerap radiasi ultraviolet. Tidak berhenti di situ, senyawa ini meningkatkan kolagen dan protein yang berpengaruh dalam penebalan epidermis.

Moringa Oleifera, Perlindungan dan Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Kulit

Sering kita mengabaikan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kusam, garis halus sekitar mata atau mulut, menganggap hal tersebut dapat dihilangkan dengan hanya memakai produk skincare apa saja. Namun, bahan yang terkandung dalam produk skincare kemungkinan tidak menarget permasalahan kulit kamu secara khusus.

Untuk itu, BASE Personalized Skincare memformulasikan secara khusus untuk menargetkan permasalahan kulit kamu. Seperti ekstrak daun moringa yang efektif dalam menutrisi kulit, meningkatkan produksi kolagen sampai melindungi kulit dari ultraviolet.

Apakah moringa ada pada formula personalized skincare kamu? Ambil skin test dari BASE untuk mengetahui formula yang cocok untuk kondisi dan permasalahan kulit kamu.

Referensi:

  1. Abd Rani, N. Z., Husain, K., & Kumolosasi, E. (2018). Moringa Genus: A Review of Phytochemistry and Pharmacology. Frontiers in pharmacology, 9, 108. https://doi.org/10.3389/fphar.2018.00108
  2. Leone, A., Spada, A., Battezzati, A., Schiraldi, A., Aristil, J., & Bertoli, S. (2015). Cultivation, Genetic, Ethnopharmacology, Phytochemistry and Pharmacology of Moringa oleifera Leaves: An Overview. International journal of molecular sciences, 16(6), 12791–12835. https://doi.org/10.3390/ijms160612791
  3. Louw, Marinda. (n.d.). Moringa: Miracle Medicine. South African Medicinal Plants. Retrieved from http://southafrica.co.za/moringa-miracle-medicine.html#:~:text=Although%20native%20to%20India%2C%20Pakistan%2Cprevent%20about%20300%20health%20issues.
  4. Leone, A., Spada, A., Battezzati, A., Schiraldi, A., Aristil, J., & Bertoli, S. (2015). Cultivation, Genetic, Ethnopharmacology, Phytochemistry and Pharmacology of Moringa oleifera Leaves: An Overview. International journal of molecular sciences, 16(6), 12791–12835. https://doi.org/10.3390/ijms160612791
  5. Saa, R. W., Fombang, E. N., Ndjantou, E. B., & Njintang, N. Y. (2019). Treatments and uses of Moringa oleifera seeds in human nutrition: A review. Food science & nutrition, 7(6), 1911–1919. https://doi.org/10.1002/fsn3.1057

Was this article helpful?

Related Stories