Search blog...

Masker Menjadi Salah Satu Penyebab Jerawat? Berikut Cara Mencegahnya

Masker Menjadi Salah Satu Penyebab Jerawat? Berikut Cara Mencegahnya

Memakai masker memang dapat menjadi salah satu penyebab jerawat. Akhir-akhir ini sering kan mendengar istilah maskne? Dari nama nya pasti kamu sudah bisa menebak kalau maskne adalah kepanjangan dari mask acne. Maskne ini adalah istilah yang diberikan untuk jerawat yang timbul di daerah yang tertutup oleh masker wajah.

Apa Penyebab Jerawat Akibat Memakai Masker Wajah Terlalu Lama?

Memakai masker wajah terlalu lama memang akan membuat kamu lebih rentan terhadap jerawat, tetapi jangan sampai nggak pakai masker ya. Selain memakai masker wajah terlalu lama, maskne juga bisa disebabkan oleh masker yang tidak pernah diganti atau dicuci.

Kalau begitu, langsung saja kita cari tahu apa saja faktor-faktor penyebab jerawat khusus nya maskne:

  • Umumnya saat memakai masker, kulit wajah akan terus bergesekan dengan masker. Hal tersebut membuat kulit mudah teriritasi dan merah. Jika kemerahan dan iritasi dibiarkan dan terus bertambah parah, kondisi ini membuat bakteri dan kuman lebih mudah menginfeksi kulit.
  • Terlebih lagi dengan hawa panas yang terperangkap saat membuang nafas membuat wajah mudah berkeringat dan lembab.
  • Dikutip dari Hong Kong Tatler, kondisi lembab tersebut dapat merusak keseimbangan level pH di kulit wajah, sehingga kondisi tersebut menjadi kondisi ideal untuk bakteri dan jamur tumbuh.
  • Keringat dan sirkulasi yang kurang juga membuat pori-pori kita mudah tersumbat, dan pori-pori yang tersumbat tersebut akan berkembang menjadi jerawat meradang jika tidak ditangani dengan benar.

Apa Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencegah Maskne?

Walaupun terdengar cukup menyeramkan tetapi maskne relatif mudah untuk dicegah. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat dikarenakan masker:

  • Gunakan Masker Sekali Pakai Atau Cuci Masker Kain Setiap Hari

    Masker yang kotor adalah salah satu faktor penyebab jerawat, seperti yang dikutip dari artikel di Health.com, memang ideal nya untuk mengganti masker setiap hari. Jadi, jika kamu memakai masker wajah berbahan kain disarankan untuk mencuci masker tersebut setiap hari setelah pemakaian.

    Seperti mencuci baju kamu setiap hari, kamu bisa menggunakan detergent untuk mencuci masker kain kamu. Dengan mencuci dapat membersihkan kotoran atau partikel kecil yang tersaring oleh masker kain tersebut.

    Partikel yang tersaring tersebut memiliki kemungkinan membawa bakteri, virus maupun fungi seperti yang dikatakan oleh Dr. Adalja di Health.com. Jadi, cuci masker kain setiap hari seperti kamu mencuci baju agar bakteri, virus maupun fungi tersebut mati, dan yang pasti nya dapat mencegah jerawat yang dikarenakan bakteri.

  • Selalu Mencuci Muka Setelah Memakai Masker

    Apakah kamu merasa lega saat kamu mencopot masker? Menghirup udara segar, yang pasti nya tidak ada hawa panas saat kamu menghembuskan nafas. Kita semua tahu rasa tidak enak saat memakai masker terlalu lama. Tetapi tau nggak, kalau memakai masker terlalu lama dapat menyebabkan sebum dan keringat menyumbat pori-pori wajah loh.

    Dikutip dari NewYorkTimes.com wawancara nya dengan Dr. Shari Marchbein mengatakan bahwa, disarankan untuk mencuci muka dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut yang memiliki pH sekitar 5.5 untuk membersihkan pori-pori dari sebum dan keringat.

    Selain mencuci muka setelah memakai masker, kamu juga harus memperhatikan rangkain produk skincare yang apa saja yang kamu pakai, hal ini membawa kita ke poin selanjutnya.

  • Pilih Skincare Rutin Yang Minimalis

    Memakai produk skincare berlapis-lapis juga menjadi salah satu penyebab maskne loh. Terkadang kita merasa dengan menggunakan banyak produk skincare secara bersamaan dapat memberi kulit kita banyak kelebihan dari setiap produk skincare tersebut. Hal ini memang tidak sepenuh nya salah, dan tergantung dengan bahan aktif apa saja yang digunakan.

    Tetapi jika kamu memakai masker, lebih baik untuk menghindari memakai produk skincare yang berlapis-lapis. Seperti yang dikutip pada artikel yang sama, menurut Dr. S. Tyler Hollmig bahwa sedikit bahan aktif lebih baik daripada banyak, dikarenakan pemakaian masker dapat mengintensifkan penetrasi bahan aktif terhadap kulit wajah.

    Penetrasi bahan aktif terhadap kulit wajah memang penting, tetapi jika terlalu intens, bahan aktif tersebut dapat mengiritasi kulit wajah kamu sehingga menyebabkan jerwat. Apalagi jika kamu memakai eksfoliator seperti salyclic acid atau glycolic acid.

  • Hindari Memakai Makeup Tebal

    Apakah kamu sering memakai makeup? Jika kamu mulai melihat bruntusan pada bagian wajah yang tertutup dengan masker, lebih baik untuk tidak memakai makeup terlebih dahulu.

    Jika kamu harus benar-benar ingin memakai makeup, kamu bisa mencoba untuk menggunakan tinted sunscreen atau hanya concealer di beberapa bagian, dan pastikan juga kalau makeup yang kamu gunakan non-komedogenik ya.

    Sebenarnya, jika makeup dibersihkan dengan benar tidak akan membuat kamu jerawatan, tetapi memang ada beberapa orang alergi dengan bahan-bahan yang terkandung di dalam makeup tersebut.

    Dalam kasus maskne, makeup yang tebal dapat menjadi salah satu penyebab jerawat_. Makeup_ menutup pori-pori wajah, sehingga pada saat kita menghembuskan nafas ketika memakai masker akan membuat kulit wajah kita terasa lembab. Hal ini memicu pori-pori tersumbat oleh keringat, sebum, minyak dan ditambah lagi dengan makeup akan memperburuk kondisi kulit wajah.

Apakah Skincare Rutin Kamu Bisa Mencegah Maskne?

Betul banget, skincare rutin yang tepat bisa mencegah jerawat yang timbul dikarenakan pemakaian masker. Jangan lupa untuk memakai skincare produk yang non-komedogenik dan lembut di wajah ya. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca di sini bagaimana cara mencegah jerawat untuk balik lagi.

References:

  1. Groth, Leah. (2020, May 15). ‘Maskne’ Is a Real Thing-Here’s How to Stop Face Mask Breakout. Health. Retrieved from https://www.health.com/condition/skin-conditions/maskne-mask-acne-mechanica
  2. Lo, Danica. (2020, April 22). Maskne Is Real: Mask Breakouts And How To Prevent Them. Hong Kong Tatler. Retrieved from https://hk.asiatatler.com/style/face-mask-breakouts-skincare
  3. Oehler, Christina. (2020, May 26). How Often Should I Wash My Face Mask-and What’s the Best Way to Do It?. Health. Retrieved from https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/how-often-should-i-wash-my-face-mask
  4. Rubin, Courtney. (2020, June 17). Maskne Is the New Acne, and Here’s What Is Causing It. New York Times. Retrieved from https://www.nytimes.com/article/maskne-acne.html

Related tags

Was this article helpful?

Related Stories

© 2020, PT Basis Inovasi Global