Search blog...

Ide Sarapan Sehat Yang Engga Bosenin

Ide Sarapan Sehat Yang Engga Bosenin

Bosan dengan sarapan pagi yang itu-itu saja? Di sini BASE sudah mengkompilasi resep-resep mudah sarapan sehat. Kamu hanya membutuhkan sebuah blender untuk membuat sarapan yang gak bosenin. Mumpung kita sering di rumah nih, sekarang ini adalah saat yang tepat untuk kita coba-coba menu baru. Yuk, kita mulai membangun kebiasaan dan gaya hidup sehat.

Simple Dragon Fruit Smoothie Bowl

Siapa bilang gaya hidup sehat itu ribet dan gak enak? Resep sederhana ini akan membuat kamu ingin sarapan sehat terus. Kamu hanya membutuhkan 5 bahan utama dan blender. Kalau kamu bosan, kamu bisa mengganti dengan buah-buahan favorit kamu. Psst… kuncinya utama dari membuat smoothie yang enak ada pada pisang.

Jumlah Penyajian: 2 orang

Cara Membuat

  1. Taruh semua bahan kecuali mixed granola ke dalam blender.
  2. Haluskan bahan-bahan tersebut sekitar 2 menit hingga tercampur dengan rata.
  3. Tuang ke mangkuk dan taburi granola di atas.

Tips! Bekukan buah segar semalam untuk mendapatkan tekstur kental seperti es krim. Kamu juga bisa mengganti mangga dengan nanas.

Manfaat

Selain antioksidan yang tinggi yang bagus untuk kekebalan imun tubuh, buah naga dan campuran buah yang lain ini dapat menstimulasi produksi kolagen karena vitamin C yang tinggi.

sumber: sunkissedkitchen

Awakening Orange Ginger Smoothie

Suka ngopi pagi-pagi? Nah, yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin bangun pagi terlihat segar tanpa mesti minum kopi. Resep ini juga terbilang mudah dan hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Cocok juga untuk kamu yang sudah bosan dengan pisang.

Jumlah Penyajian: 2 orang

Cara Membuat

  1. Taruh semua bahan ke dalam blender.
  2. Haluskan bahan-bahan tersebut sekitar 2 menit hingga lembut.

Tips! Minyak kelapa membuat smoothie lebih wangi jika kamu tidak suka dengan bau turmeric. Untuk jeruk kamu bisa menggunakan Jeruk Pontianak atau Jeruk Navel atau Sunkist.

Manfaat

Jahe dan turmeric bersifat anti-inflamasi, kaya akan antioksidan dan melancarkan pencernaan. Dicampur dengan wortel dan jeruk yang kaya akan vitamin C dan A baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

sumber: foolproofliving

Super Green Juice

Sarapan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang dalam proses diet atau lagi clean eating. Jus ini rendah kalori, kaya akan antioksidan dan mineral. Tenang, jus ini tidak sepahit yang kamu bayangkan, dengan kombinasi yang tepat sayur pahit pun bisa dibuat menjadi enak.

Jumlah Penyajian: 2 orang

Cara Membuat

  1. Taruh semua bahan ke dalam blender.
  2. Haluskan bahan-bahan tersebut sekitar 2 menit hingga lembut.

Tips! Jika terlalu kental kamu bisa menambah air sekitar 100 ml. Untuk jahe lebih baik diparut agar tercampur dengan baik

Manfaat

Timun dan batang seledri rendah kalori bagus untuk kamu yang lagi ingin menurunkan berat badan dan kaya akan vitamin dan mineral untuk tubuh sehat. Ditambah dengan jahe dan apel membuat jus ini menjaga kekebalan tubuh.

sumber: cleaneatingkitchen

Tertarik untuk mulai hidup sehat? Yuk, coba ikutan Happy Healthy You 14-Days Challenge. Kamu bisa menangin Happy Healthy You Kit yang akan membuat olahragamu lebih semangat.

Mulai Kebiasaan Dengan Makan Makanan Sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa sarapan adalah makanan paling penting untuk memulai harimu. Tetapi apakah benar dengan tidak sarapan akan menekan nafsu makan kita pada siang hari sehingga dapat menurunkan berat badan atau mencapai body mass index (BMI) yang normal?

Menurut studi yang dilakukan oleh Critical reviews in food science and nutrition, melewatkan makan pagi memang mengurangi asupan kalori sehingga dapat menurunkan berat badan, hanya saja melewatkan sarapan tidak menjadi alasan utama penurunan berat badan untuk mencapai BMI ideal.

Gaya hidup dan kebiasaan makan makanan sehat lebih memiliki pengaruh dalam mencapai berat badan ideal dan menjaga kekebalan tubuh. Jadi, apakah kamu siap untuk mulai kebiasaan dengan makan makanan sehat?

Referensi:

  1. Casazza, K., Brown, A., Astrup, A., Bertz, F., Baum, C., Brown, M. B., Dawson, J., Durant, N., Dutton, G., Fields, D. A., Fontaine, K. R., Heymsfield, S., Levitsky, D., Mehta, T., Menachemi, N., Newby, P. K., Pate, R., Raynor, H., Rolls, B. J., Sen, B., … Allison, D. B. (2015). Weighing the Evidence of Common Beliefs in Obesity Research. Critical reviews in food science and nutrition, 55(14), 2014–2053. https://doi.org/10.1080/10408398.2014.922044

Was this article helpful?

Related Stories

Mindful Living Untuk Tahun 2021 yang Lebih Bahagia

Apakah akhir-akhir ini kamu merasa kecewa, kesal atau bahkan marah terhadap diri sendiri? Mungkin praktek mindful living bisa membuat hidupmu lebih bahagia di tahun 2021.

Ingat Kesehatan Payudara, Ingat SADARI

Menurut situs dari Lovepink Indonesia, 1 dari 8 perempuan terdiagnosa dengan kanker payudara. Dikutip juga dari situs Breast Cancer mengungkapkan, sekitar 85% kanker payudara terjadi pada perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara. Hal ini terjadi karena mutasi genetik yang diakibatkan dari proses penuaan dan kehidupan secara umum, bukan mutasi bawaan.

Ayo Tebak, Olahraga Apa yang Bisa Hilangin Stress?

Akhir-akhir ini, jadi lebih mudah stres karena banyak kerjaan, dan ditambah lagi gak bisa kemana-mana? Duh, kepala lagi mumet, butuh liburan? Kamu tidak harus liburan kok, karena ternyata olahraga bisa juga mengatasi stres.

Cara Menghadapi Body Shaming yang Datang Dari Orang Terdekat

Terkadang kita merasa bingung apakah komentar seperti “Kok, rasanya kamu gendutan ya? Jangan makan banyak-banyak daging deh.” atau “Eh, kamu iteman ya? Abis darimana?” sering muncul di media sosial, bahkan terkadang beberapa muncul dari orang terdekat kamu. Apakah ini termasuk body shaming?

Apakah Kamu Perlu Detoks Digital?

Pandemi ini membuat kita terinspirasi untuk mulai menerapkan pola hidup sehat, tetapi perangkat digital dapat menjadi penghalang antara kamu dan hidup sehat. Menurut data statistik survei bulan Maret tahun 2020 dari Statista, seluruh dunia mengalami peningkatan pemakaian internet 70% lebih banyak dari biasanya.