Search blog...

Ide Sarapan Sehat Yang Engga Bosenin

Ide Sarapan Sehat Yang Engga Bosenin

Bosan dengan sarapan pagi yang itu-itu saja? Di sini BASE sudah mengkompilasi resep-resep mudah sarapan sehat. Kamu hanya membutuhkan sebuah blender untuk membuat sarapan yang gak bosenin. Mumpung kita sering di rumah nih, sekarang ini adalah saat yang tepat untuk kita coba-coba menu baru. Yuk, kita mulai membangun kebiasaan dan gaya hidup sehat.

Simple Dragon Fruit Smoothie Bowl

Siapa bilang gaya hidup sehat itu ribet dan gak enak? Resep sederhana ini akan membuat kamu ingin sarapan sehat terus. Kamu hanya membutuhkan 5 bahan utama dan blender. Kalau kamu bosan, kamu bisa mengganti dengan buah-buahan favorit kamu. Psst… kuncinya utama dari membuat smoothie yang enak ada pada pisang.

Jumlah Penyajian: 2 orang

Cara Membuat

  1. Taruh semua bahan kecuali mixed granola ke dalam blender.
  2. Haluskan bahan-bahan tersebut sekitar 2 menit hingga tercampur dengan rata.
  3. Tuang ke mangkuk dan taburi granola di atas.

Tips! Bekukan buah segar semalam untuk mendapatkan tekstur kental seperti es krim. Kamu juga bisa mengganti mangga dengan nanas.

Manfaat

Selain antioksidan yang tinggi yang bagus untuk kekebalan imun tubuh, buah naga dan campuran buah yang lain ini dapat menstimulasi produksi kolagen karena vitamin C yang tinggi.

sumber: sunkissedkitchen

Awakening Orange Ginger Smoothie

Suka ngopi pagi-pagi? Nah, yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin bangun pagi terlihat segar tanpa mesti minum kopi. Resep ini juga terbilang mudah dan hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Cocok juga untuk kamu yang sudah bosan dengan pisang.

Jumlah Penyajian: 2 orang

Cara Membuat

  1. Taruh semua bahan ke dalam blender.
  2. Haluskan bahan-bahan tersebut sekitar 2 menit hingga lembut.

Tips! Minyak kelapa membuat smoothie lebih wangi jika kamu tidak suka dengan bau turmeric. Untuk jeruk kamu bisa menggunakan Jeruk Pontianak atau Jeruk Navel atau Sunkist.

Manfaat

Jahe dan turmeric bersifat anti-inflamasi, kaya akan antioksidan dan melancarkan pencernaan. Dicampur dengan wortel dan jeruk yang kaya akan vitamin C dan A baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

sumber: foolproofliving

Super Green Juice

Sarapan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang dalam proses diet atau lagi clean eating. Jus ini rendah kalori, kaya akan antioksidan dan mineral. Tenang, jus ini tidak sepahit yang kamu bayangkan, dengan kombinasi yang tepat sayur pahit pun bisa dibuat menjadi enak.

Jumlah Penyajian: 2 orang

Cara Membuat

  1. Taruh semua bahan ke dalam blender.
  2. Haluskan bahan-bahan tersebut sekitar 2 menit hingga lembut.

Tips! Jika terlalu kental kamu bisa menambah air sekitar 100 ml. Untuk jahe lebih baik diparut agar tercampur dengan baik

Manfaat

Timun dan batang seledri rendah kalori bagus untuk kamu yang lagi ingin menurunkan berat badan dan kaya akan vitamin dan mineral untuk tubuh sehat. Ditambah dengan jahe dan apel membuat jus ini menjaga kekebalan tubuh.

sumber: cleaneatingkitchen

Tertarik untuk mulai hidup sehat? Yuk, coba ikutan Happy Healthy You 14-Days Challenge. Kamu bisa menangin Happy Healthy You Kit yang akan membuat olahragamu lebih semangat.

Mulai Kebiasaan Dengan Makan Makanan Sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa sarapan adalah makanan paling penting untuk memulai harimu. Tetapi apakah benar dengan tidak sarapan akan menekan nafsu makan kita pada siang hari sehingga dapat menurunkan berat badan atau mencapai body mass index (BMI) yang normal?

Menurut studi yang dilakukan oleh Critical reviews in food science and nutrition, melewatkan makan pagi memang mengurangi asupan kalori sehingga dapat menurunkan berat badan, hanya saja melewatkan sarapan tidak menjadi alasan utama penurunan berat badan untuk mencapai BMI ideal.

Gaya hidup dan kebiasaan makan makanan sehat lebih memiliki pengaruh dalam mencapai berat badan ideal dan menjaga kekebalan tubuh. Jadi, apakah kamu siap untuk mulai kebiasaan dengan makan makanan sehat?

Referensi:

  1. Casazza, K., Brown, A., Astrup, A., Bertz, F., Baum, C., Brown, M. B., Dawson, J., Durant, N., Dutton, G., Fields, D. A., Fontaine, K. R., Heymsfield, S., Levitsky, D., Mehta, T., Menachemi, N., Newby, P. K., Pate, R., Raynor, H., Rolls, B. J., Sen, B., … Allison, D. B. (2015). Weighing the Evidence of Common Beliefs in Obesity Research. Critical reviews in food science and nutrition, 55(14), 2014–2053. https://doi.org/10.1080/10408398.2014.922044

Was this article helpful?

Related Stories