search-box
Search blog...

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Kombinasi sempurna untuk mengurangi sebum wajah dan mencegah jerawat, efektif mengurangi radikal bebas, juga sebagai bahan anti iritasi. Ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry atau Seboxyl® merupakan bahan aktif yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, ataupun mudah berjerawat.

Menariknya lagi, Seboxyl® menjadi salah satu Winner List Personal Care and Homecare Ingredients Award 2014, sebagai salah satu bahan aktif di industri personal care paling inovatif.

Penasaran kan bagaimana ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry bisa sampai mendapatkan penghargaan bergengsi ini?

Mengurangi Sebum dan Mencegah Jerawat

Sebum juga biasa disebut sebagai pelembap alami kulit dan memiliki kandungan yang terdiri dari squalene, asam lemak, wax (lilin), trigliserida dan kolesterol.

Salah satu penyebab utama jerawat dan komedo ada pada produksi sebum berlebih dan menurut studi dari Dermato-endocrinology, oksidasi sebum juga merupakan salah satu faktor penyebab inflamasi yang berujung kepada timbulnya jerawat dan komedo.

Solusinya ada pada ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry. Ekstrak ini memiliki properti anti-oksidatif yang mencegah oksidasi sebum.

Kalau begitu, apa yang membuat sebum teroksidasi? Salah satu penyebabnya adalah radikal bebas. Radikal bebas dapat mengurangi kandungan oksigen pada kulit, sehingga menciptakan sebuah lingkungan rendah oksigen yang dimana bakteri penyebab jerawat, P. Acnes berkembang dengan subur.

Untuk itu, kamu juga perlu bahan aktif untuk mengurangi radikal bebas. Kabar baiknya, ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry juga efektif mengurangi radikal bebas, loh.

Efektif Mengurangi Radikal Bebas dan Mencegah Inflamasi

Sudah familiar kan dengan yang namanya radikal bebas? Tubuh secara alami memproduksi radikal bebas, tetapi produksi radikal bebas yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan sel yang nantinya akan menyebabkan inflamasi.

Inflamasi pada kulit biasa ditandai dengan kemerahan, iritasi, pembengkakan, sampai dengan jerawat.

Ekstrak Daun Blackcurrant dan Raspberry tinggi akan kandungan polyphenol atau polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam mencegah kerusakan sel dan inflamasi akibat radikal bebas. Untuk itu, bahan aktif ini juga efektif meredakan dan mencegah iritasi pada kulit.

Kenalan juga dengan Resurrection Plant atau Myromthamnus flabellifolius yang tinggi akan kandungan polifenol cocok melindungi kulit dari kerusakan sel dan penuaan kulit.

Selain itu, menurut Archives of dermatological research, polifenol tidak hanya sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang ampuh, tetapi juga memiliki efek anti kerusakan DNA yang biasa disebabkan oleh paparan matahari, khususnya radiasi ultraviolet.

basetips-hand

Base Tips

Radikal bebas berlebih biasanya dikarenakan paparan radiasi matahari ataupun polusi lainnya seperti asap dari kendaraan motor. Lindungi kulitmu dari radikal bebas dengan memakai skincare tinggi vitamin atau polifenol yang banyak ditemui pada ekstrak tumbuhan.

Sebagai Bahan Aktif Anti Iritasi

Iritasi merupakan hasil dari inflamasi yang disebabkan oleh oksidasi sebum akibat dari radikal bebas yang berlebih. Tidak berhenti di situ saja, ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry yang serba bisa ini juga ampuh mencegah iritasi pada kulit.

Saat radikal bebas berlebih membuat sebum teroksidasi, hal ini memicu enzim lipase yang menstimulasi inflamasi pada kulit. Nah, ektrak ini dapat mencegah inflamasi seperti iritasi dengan menghambat aktivitas enzim lipase tersebut.

basetips-hand

Base Tips

Kalau kulitmu sensitif dan mudah iritasi, jauhi bahan-bahan seperti pewarna dan pewangi sintetik. Cari tahu juga 4 bahan aktif yang harus ada di pelembap kamu untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bahan aktif yang inovatif ini menjadi solusi buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, dimana ekstrak ini efektif meregulasi sebum wajah, sehingga mencegah pembentukan jerawat dan komedo, juga sebagai bahan aktif anti-inflamasi dan anti iritasi. Kamu bisa menemukan bahan aktif serba bisa ini pada BASE sunscreen.

Jangan lupa, kalau kamu masih bingung bahan aktif apa saja yang efektif buat permasalahan kulitmu, coba ambil skin test ini dulu.

Referensi:

  1. Bowe, W. P., & Logan, A. C. (2010). Clinical implications of lipid peroxidation in acne vulgaris: old wine in new bottles. Lipids in health and disease, 9, 141. https://doi.org/10.1186/1476-511X-9-141
  2. Gotter, Ana. (2019). Top Foods with Polyphenols. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/polyphenols-foods#:~:text=Polyphenols%20are%20micronutrients%20that%20we,neurodegenerative%20disease%2C%20and%20cardiovascular%20diseases.
  3. Nichols, J. A., & Katiyar, S. K. (2010). Skin photoprotection by natural polyphenols: anti-inflammatory, antioxidant and DNA repair mechanisms. Archives of dermatological research, 302(2), 71–83. https://doi.org/10.1007/s00403-009-1001-3
  4. Ohsawa, K., Watanabe, T., Matsukawa, R., Yoshimura, Y., & Imaeda, K. (1984). The possible role of squalene and its peroxide of the sebum in the occurrence of sunburn and protection from the damage caused by U.V. irradiation. The Journal of toxicological sciences, 9(2), 151–159. https://doi.org/10.2131/jts.9.151
  5. Pappas, A., Johnsen, S., Liu, J. C., & Eisinger, M. (2009). Sebum analysis of individuals with and without acne. Dermato-endocrinology, 1(3), 157–161. https://doi.org/10.4161/derm.1.3.8473
  6. Picardo, M., Ottaviani, M., Camera, E., & Mastrofrancesco, A. (2009). Sebaceous gland lipids. Dermato-endocrinology, 1(2), 68–71. https://doi.org/10.4161/derm.1.2.8472
  7. Sibi G. (2015). Inhibition of lipase and inflammatory mediators by Chlorella lipid extracts for antiacne treatment. Journal of advanced pharmaceutical technology & research, 6(1), 7–12. https://doi.org/10.4103/2231-4040.150364

Was this article helpful?