searchclear input

Hero Ingredient: Ceramides, Investasi Untuk Kulit Sehat di Kemudian Hari

Hero Ingredient: Ceramides, Investasi Untuk Kulit Sehat di Kemudian Hari

Ceramides biasanya sering kamu temukan di produk-produk kecantikan seperti pelembap maupun toner, tetapi tahu tidak kalau komponen lapisan kulit terluarmu terbentuk dari ceramides juga, loh!

Lapisan kulit terluar kita merupakan stratum corneum yang juga sering disebut sebagai skin barrier. Stratum corneum mengandung 3 komponen lipid utama yaitu ceramides, kolesterol, dan asam lemak.

Kenapa Kulitmu Butuh Ceramides?

Walaupun secara alami skin barrier terbentuk dari lipids seperti ceramides, tetapi tingkat ceramides pada skin barrier kamu terus menurun seiring bertambahnya umur.

Di tambah lagi dengan faktor luar seperti paparan sinar matahari membuat kulit kamu rentan akan iritasi, kekeringan, dan tanda-tanda penuaan.

Untuk itu, berikut kegunaan dari ceramides untuk kulitmu.

Meningkatkan dan Mengunci Kelembapan Pada Kulit

Fungsi utama dari ceramides pada skin barrier kita adalah untuk mencegah transepidermal water loss (TEWL), atau jumlah air yang menguap dari kulit.

Kamu bisa bayangkan ceramides seperti semen yang menyatukan batu bata. Menurut jurnal dari Journal of drugs in dermatology, ceramides menciptakan sebuah barikade untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit.

Baca juga 4 cara memperbaiki skin barrier yang rusak.

Mengatasi dan Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Ceramides pada produk skincare dapat membantu mengembalikan skin barrier yang rusak, karena dengan skin barrier yang rusak kulit akan kehilangan kelembapan, sehingga mudah muncul tanda-tanda penuaan.

Menurut jurnal dari Cell transplantation, penuaan bisa diakibatkan dari faktor internal seperti faktor fisiologi manusia yang tidak dapat dihindari dan faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, asap rokok ataupun polusi udara.

Penuaan kulit akibat dari faktor internal bisa dilihat dengan penipisan pada lapisan kulit, kulit kering, dan garis-garis halus sekitar mata, dahi dan mulut. Sedangkan penuaan dari faktor eksternal ditandai dengan tekstur kulit yang kasar, rapuh, dan keriput yang terlihat jelas.

Ceramides dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dari faktor internal maupun eksternal dengan memperkuat skin barrier kulit sehingga memperbaiki struktur kulit agar tetap kencang dan terhidrasi.

Mencegah Iritasi

Dikutip dari Journal of drugs in dermatology, ceramides menciptakan sebuah barikade untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit sehingga microorganisme asing tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dermatology and Therapy mengaplikasikan krim berbasis ceramides kepada pasien dengan dermatitis atopik sekitar umur 8-16 tahun dapat meredakan kemerahan dan kekeringan.

Hasilnya pelembap dengan ceramides memperkuat skin barrier kulit dan meminimalisir iritasi pada kulit. Untuk itu, pelembap dengan kandungan ceramides juga cocok sebagai perawatan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit dermatitis atopik.

Apakah Ceramides Cocok Untuk Kulit Berminyak?

Umumnya, ceramides cocok untuk semua jenis kulit, karena ceramides secara alami merupakan bagian dari kulitmu, untuk itu ceramide baik untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan dasar kulit, skin barrier.

Kesehatan kulitmu juga dipengaruhi dengan faktor eksternal, apalagi kita tidak selalu memiliki kendali akan lingkungan. Sehingga, menggunakan ceramides dapat mempersiapkan kulitmu untuk menghadapi agresor luar yang bisa merusak kulitmu.

Coba ambil skin test ini untuk mengetahui bahan aktif apa saja yang dapat mempersiapkan kulit kamu dari bahaya yang dapat merusak kulitmu.

Referensi:

  1. Borodzicz, S., Rudnicka, L., Mirowska-Guzel, D. et al. (2016) The role of epidermal sphingolipids in dermatologic diseases. Lipids Health Dis. https://doi.org/10.1186/s12944-016-0178-7
  2. Ho, V.P.Y., Ma, E., Liew, H.M. et al. (2020). Comparing the Potential for Irritation of a Ceramide-Based Moisturizer with a Urea-Based Moisturizer for Pediatric Atopic Dermatitis. Dermatol Ther (Heidelb). https://doi.org/10.1007/s13555-020-00388-6
  3. Jung, I. K., Choi, J., Nam, J., & No, K. T. (2020). Modeling lipid layers of atopic skin and observation of changes in lipid layer properties with changes in ceramide content. Journal of cosmetic dermatology, 10.1111/jocd.13861. Advance online publication. https://doi.org/10.1111/jocd.13861
  4. Schachner, L. A., Andriessen, A., Benjamin, L., Bree, A. F., Lechman, P. A., Pinera-Llano, A. A., & Kircik, L. (2020). A Consensus About the Importance of Ceramide Containing Skincare for Normal and Sensitive Skin Conditions in Neonates and Infants. Journal of drugs in dermatology : JDD, 19(8), 769–776. https://doi.org/10.36849/JDD.2020.5252
  5. Zhang, S., & Duan, E. (2018). Fighting against Skin Aging: The Way from Bench to Bedside. Cell transplantation, 27(5), 729–738. https://doi.org/10.1177/0963689717725755

Sumber foto:

  1. Photo by Sharin McCutcheon from Pexels

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter