Search blog...

Harris’ Skin Journey: Skincare Rutin Untuk Kamu yang Susah Hilangin Bekas Jerawat

Harris’ Skin Journey: Skincare Rutin Untuk Kamu yang Susah Hilangin Bekas Jerawat

Setelah jerawat kempes, perjalanan kamu tidak sampai di situ saja, karena setelah itu kamu akan ditemukan dengan noda hitam kemerahan yang susah hilangnya kalau tidak ditangani dengan benar. Pas banget nih, Harris ingin membagikan skincare rutinnya untuk kamu yang sering timbul jerawat dengan bekas yang susah hilang.

Skincare Rutin Pagi dari Harris

Harris berprofesi sebagai creative freelancer yang fokus di fotografi dan fashion styling, juga sama seperti kita pernah jerawatan, dan sekarang Harris lebih fokus untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut tips skincare rutin pagi dari Harris.

Right after i woke up, aku cuci muka pake cleanser BASE,followed by toner, vitamin c serum, BASE lotion, dan sunscreen.”

Harris’ Tips! Cuci muka setiap pagi setelah bangun tidur dengan BASE personalized cleanser

Karena WFH dan sering berada di rumah terus, ayo ngaku siapa yang tidak cuci muka di pagi hari? Walaupun sudah mandi dan cuci muka sebelum tidur, mencuci muka setelah bangun tidur itu penting.

Menurut Medical News Today, setiap malam kulit kita melepaskan sel kulit mati. Proses ini normal bagi tubuh untuk memperbaiki sel. Sehingga pada pagi hari sel kulit mati menumpuk di wajah. Mencuci muka di pagi hari melepaskan sel kulit mati tersebut sehingga pori-pori kamu selalu bersih dari kotoran.

Harris’ Tips! Holy-grail combination, BASE personalized toner + vitamin C serum + BASE personalized moisturizer untuk menghilangkan bekas jerawat

Setelah cuci muka di pagi hari, kemungkinan besar pH kulit kamu menjadi tidak seimbang sehingga menggunakan BASE personalized toner membantu mengembalikan keseimbangan pH tersebut, agar kulit kamu dapat berfungsi dengan optimal.

Dilanjutkan dengan serum vitamin C dengan kandungan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, serta bagus untuk menyamarkan noda hitam termasuk bekas jerawat.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap ya. Bahan-bahan yang terkandung di BASE personalized moisturizer kamu sudah disesuakan dengan permasalahan kulitmu. Untuk Harris, hero ingredients nya terdiri dari niacinamide, moringa leaf extract, tea tree, calendula dan witch hazel, dimana semua ingredient ini membantu menyamarkan noda hitam, mengontrol produksi minyak dan sekaligus mengunci kelembapan kulit.

Ingin tahu apakah BASE personalized skincare kamu boleh digunakan bersamaan dengan serum vitamin C? Baca di sini untuk cari tahu.

Skincare Rutin Malam dari Harris

Untuk malam hari, skincare rutin Harris tidak banyak berubah. Pada malam hari, Harris fokus untuk eksfoliasi menggunakan BHA, dan pastinya tidak menggunakan sunscreen.

Pretty much the same, the only difference are i choose thickermoisturizer, switch off vitamin C to BHA, and of course i’m notapplying sunscreen.”

Harris’ Tips! Eksfoliasi hanya di malam hari dan menggunakan BASE personalized moisturizer lebih tebal.

Lagi dan lagi, pelembap adalah salah satu langkah penting yang tidak boleh di skip. Setelah eksfoliasi biasanya kulit kita lebih rentan terkena iritasi atau kemerahan, apalagi untuk kamu yang baru saja terjun di dunia eksfoliasi.

Tidur di ruangan ber-AC membuat kulit kita rentan terasa kering. Oleh sebab itu jika tipe kulit kamu adalah kombinasi, kering, ataupun sensitif disarankan untuk memakai pelembap lebih tebal dari biasanya untuk membantu kulit kamu terus terhidrasi dan lembap sepanjang malam.

Bagaimana memakai pelembap dapat memudarkan bekas jerawat? Selain memakai sunscreen setiap hari, menurut Anais brasileiros de dermatologia kulit yang lembap dan terhidrasi akan menjaga skin barrier tetap optimal, sehingga bekas jerawat dapat diatasi dengan cepat setelah jerawat kempes.

Tips! Gunakan pelembap dengan bahan-bahan anti-inflamasi seperti witch hazel, niacinamide, camellia sinensis dan tea tree oil, agar jerawat mudah kempes.

Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Hal yang paling penting menurut Harris adalah disiplin dalam memakai skincare apalagi dalam menghilangkan bekas jerawat. Gunakan bahan-bahan seperti anti-inflamasi kaya akan antioksidan membantu mengurangi munculnya jerawat dan memudarkan bekas jerawat.

Sekarang kamu bisa cari tahu bahan-bahan apa saja yang cocok dengan tipe kulit dan permasalahan kulit kamu hanya dengan mengambil skin test dari BASE. Setelah itu kamu juga akan mendapatkan analisa kulit kamu, loh!

Referensi

  1. Bagatin, E., Freitas, T., Rivitti-Machado, M. C., Machado, M., Ribeiro, B. M., Nunes, S., & Rocha, M. (2019). Adult female acne: a guide to clinical practice. Anais brasileiros de dermatologia, 94(1), 62–75. https://doi.org/10.1590/abd1806-4841.20198203
  2. Chularojanamontri, L., Tuchinda, P., Kulthanan, K., & Pongparit, K. (2014). Moisturizers for Acne: What are their Constituents?. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 7(5), 36–44.
  3. Sissons, Claire. (2020). How to remove dead skin from the face. Medical News Today. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/327394

Related tags

Was this article helpful?

Related Stories