Search blog...

Deep Dive: What is the Difference Between Eczema, Psoriasis, and Rosacea?

Deep Dive: What is the Difference Between Eczema, Psoriasis, and Rosacea?

Sering merasa gatal kemerahan atau kulit kering sampai mengelupas? pasti kamu bingung deh untuk membedakan apakah kamu memiliki eksim, psoriasis, atau bahkan rosacea? Let’s deep dive mengenai perbedaan gejala dari ketiga penyakit kulit tersebut.

Sekarang kamu tidak usah harus pusing lagi dengan bagaimana membedakan eksim atau eczema, psoriasis dan rosacea. Cukup kamu melingkari kalimat mana yang paling mendeskripsikan apa yang kamu rasakan. Jika kamu melingkari lebih dari tiga dalam satu kategori berarti kamu sudah menemukan jawaban nya, silakan dicoba.

Pencegahan Eksim

Penyebab eksim bisa dari alergen atau dikarenakan iritasi pada suatu zat, dan dapat juga dipicu dengan stress. Berikut cara-cara pencegahan eksim:

  • Menjauhi zat yang mengandung kemungkinan iritan seperti, sabun, deterjen dan kosmetik
  • Perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim
  • Menjauh dari lingkungan yang terlalu lembab
  • Hindari makanan yang mengandung alergen seperti telur, susu dan kacang-kacangan
  • Hindari stress berlebih
  • Hindari keringat berlebih

Pencegahan Psoriasis

Diketahui bahwa faktor penyebab psoriasis terletak pada masalah sistem imun tubuh tetapi untuk mengetahui akar apa yang membuat imun tubuh bermasalah tersebut masih belum diketahui dengan pasti. Selain itu cuaca dingin, stress, dan infeksi tenggorakan diduga juga dapat memicu Psoriasis. Berikut cara-cara pencegahan psoriasis:

  • Jika memiliki riwayat psoriasis, lebih baik menjauhi zat-zat yang mengandung iritan seperti detergen
  • Mandi setiap hari minimal dua kali sehari
  • Menggunakan pelembab setiap hari agar kulit tidak kering
  • Berjemur matahari sesuai anjuran 5-15 menit
  • Hindari stress berlebih

Pencegahan Rosacea

Rosacea memiliki banyak tipe, namun faktor penyebab rosacea juga belum diketahui dengan pasti. Beberapa faktor yang diduga dapat memicu rosacea adalah infeksi bakteri Helicobacter plyori, mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol atau kafein. Berikut cara-cara pencegahan rosacea:

  • Menghindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan kafein
  • Sering membersihkan tempat tidur atau sofa
  • Menghindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Hindari stress berlebih

Sekarang udah bisa kan membedakan eksim, psoriasis dengan rosacea? Jika kamu melihat gejala-gejala di atas lebih baik langsung melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit apa lagi sudah mulai muncul ruam merah atau tonjolan-tonjolan merah kecil.

Untuk kamu yang masih penasaran dengan eksim, psoriasis dengan rosacea bisa langsung melihat refrensi di bawah.

References:

  1. Felson, Sabrina, MD. WebMD(2019). Effects of Stress on Your Skin. Retrieved from https://www.webmd.com/beauty/the-effects-of-stress-on-your-skin
  2. James, McInstosh. (2017) What’s to know about eczema?. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/14417
  3. Pathak, N. WebMD (2018). 10 Tips to Prevent Psoriasis Flare-Ups. Retrived from https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/prevent-flare-ups
  4. Treatment When Your Eczema Gets Worse. WebMD (2018). Retrieved from https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/eczema-severe-treatments#1
  5. Rosacea. (2020). Retrieved from https://www.alodokter.com/rosacea
  6. Psoriasis. (2020). Retrieved from https://www.alodokter.com/psoriasis

Was this article helpful?

Related Stories

5 Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Skincare Vegan Untuk Kulit dan Lingkungan

Kalau tahun 2020 industri kecantikan sempat diguncang dengan dokumenter Beauty Laid Bare yang memperlihatkan sisi gelap bagaimana produk kecantikan dibuat.

Hero Ingredient: Ectoin® Sebagai Bahan Aktif Pelindung Kulit dari Polusi

Balik lagi ke seri Hero Ingredient! Dimana kita akan membahas bahan-bahan aktif natural yang BASE pakai untuk memformulasi produk skincare kamu.

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Kombinasi sempurna untuk mengurangi sebum wajah dan mencegah jerawat, efektif mengurangi radikal bebas, juga sebagai bahan anti iritasi. Ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry atau Seboxyl® merupakan bahan aktif yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, ataupun mudah berjerawat.

Apakah Kulitmu Perlu Perlindungan dari Radiasi Inframerah?

Kalau bicara soal inframerah atau inframerah (IR), kamu yang lahir pada tahun 80an dan 90an pasti masih ingat kan sama ponsel yang mengirim file dengan inframerah?

Apa itu Ultraviolet? Perbedaan UVA, UVB dan UVC

Saat duduk di bangku SMP, pasti kebanyakan dari kita pernah bertanya apa gunanya belajar fisika dan spektrum cahaya kalau kita pada akhirnya tidak ke bidang tersebut?

Apa itu Blue Light dan Visible Light? Kenapa Kulitmu Perlu Skincare Anti Blue Light

Tahu tidak kalau cahaya termasuk kedalam kategori polusi? Tidak bisa dipungkiri kalau kulit kita terpapar sinar hampir setiap saat. Terutama radiasi visible light yang hampir selalu ada dari pagi hingga malam.