Search blog...

Cara Tepat Layering Dengan BASE Personalized Skincare

Cara Tepat Layering Dengan BASE Personalized Skincare

Di sini BASE akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu mengenai bahan aktif apa saja yang bisa dan tidak bisa kamu gunakan bersama dengan BASE personalized skincare yang dijawab langsung oleh Senior Product Innovation and Development di BASE, Duhita.

Bahan Aktif yang Tidak Boleh Di-layer Bersamaan Dengan BASE Personalized Skincare

Eksfoliator seperti AHA, BHA, dan PHA

Cek terlebih dahulu apakah personalized skincare kamu seperti pelembap atau toner diformulasikan dengan niacinamide. Eksfoliator bekerja secara maksimal di pH rendah sekitar pH 3.5-4.5, sedangkan niacinamide sekitar pH 5.0 - 7.0. Sehingga menggunakan kedua bahan aktif dalam rutinitas yang sama menurunkan efektivitasnya.

Jika ada niacinamide di salah satu produk BASE personalized skincare kamu, gunakan terpisah dengan eksfoliator. Contoh, jika pelembap dari BASE personalized skincare kamu ada niacinamide, maka pakai pelembap BASE di pagi hari dan eksfoliator yang mengandung bahan seperti AHA, BHA, PHA di malam hari.

Jika tidak ada niacinamide, kamu boleh menggunakan eksfoliator dengan BASE personalized skincare.

Baca di sini juga untuk mengetahui urutan pemakaian produk skincare yang benar.

Vitamin C dan Turunannya

Jika personalized skincare kamu seperti toner atau pelembap mengandung salicylic acid, maka tidak diperbolehkan untuk di-layer dengan vitamin C. Walaupun kedua bahan aktif sama-sama bekerja dalam pH rendah, namun kombinasi ini kemungkinan besar akan mengiritasi kulit.

Jika tidak mengandung salicylic acid, kamu bisa pakai vitamin C dengan BASE personalized skincare.

Benzoyl Peroxide (BPO)

Benzoyl peroxide tidak boleh digunakan bersamaan dengan produk BASE, dikarenakan BPO atau benzoyl peroxide termasuk obat keras yang dapat mengakibatkan iritasi, gatal maupun kemerahan. Jika belum pernah menggunakan BPO sebaiknya melakukan patch test, dengan oles BPO di bagian kecil pada leher.

Obat Antibiotik Topikal Untuk Jerawat

Obat antibiotik topikal atau oles untuk jerawat yang diresepkan oleh dokter lebih baik tidak digunakan bersamaan dengan BASE Personalized skincare. Dianjurkan untuk memakai obat antibiotik topikal tersebut sesuai dengan dosis dan anjuran pemakaian.

Bahan Aktif yang Boleh Di-layer Bersamaan Dengan BASE Personalized Skincare

Retinoid

Produk turunan retinoid cenderung aman untuk dipakai bersamaan dengan produk BASE. Tetapi, jika wajah kamu cenderung sensitif seperti mudah merah dan kering, maka sangat dianjurkan untuk patch test produk retinoid terlebih dahulu. Jika tidak ada efek kemerahan atau gatal boleh dilanjutkan menggunakan produk BASE.

Jenis-jenis retinoid apa saja yang boleh digunakan bersamaan dengan personalized skincare?

Turunan vitamin A ini sangat bagus untuk menghilangkan keriput, hiperpigmentasi dan juga cocok untuk kulit berjerawat loh. Retinoid bisa dikategorikan dari yang ringan hingga berat. Berikut jenis retinoid yang dapat digabungkan dengan BASE personalized skincare:

  • Retynil palmitate adalah jenis retinoid yang paling ringan dan cocok jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif. Biasanya jenis retinoid ini digunakan untuk menghilangkan garis-garis halus pada wajah.
  • Retinaldehyde sedikit lebih berat dan poten dibanding dengan retynil palmitate, dan juga biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan wajah dan garis-garis halus.
  • Retinol lebih poten daripada retynil palmitate dan retinaldehyde. Untuk jerawat tingkat keparahan sedang dan juga tanda-tanda penuaan.

Apakah BASE Personalized Skincare Saja Sudah Cukup?

Personalized skincare diformulasikan khusus untuk kebutuhan kulit kamu berdasarkan skin test yang telah kamu isi melalui website BASE. Namun apabila kamu memiliki rutinitas menggunakan bahan aktif lain, pastikan terlebih dahulu apakah kandungannya bisa digunakan bersamaan dengan produk BASE.

Ingin Bertanya Lebih Jauh Mengenai Layering?

Kamu bingung apakah rutinitas skincare kamu sekarang bisa digunakan bersamaan dengan BASE personalized skincare? Atau kamu bingung cara tepat layering produk skincare kamu? Jangan ragu, kamu bisa langsung tanya ke Dhira di chat box di sudut sebelah kanan layar kamu.

Jangan lupa juga untuk ikut BASE skin test dulu ya, supaya kamu bisa mengerti apa yang kulit kamu butuhkan.

Related tags

Was this article helpful?

Related Stories