Search blog...

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal Dengan Toner Untuk Kulit Berjerawat

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal Dengan Toner Untuk Kulit Berjerawat

Toner sudah mengalami banyak transformasi, dimana yang dulu terkenal sangat mengeringkan, hingga sekarang toner dikenal menjadi salah satu rahasia kulit sehat orang-orang Korea Selatan. Memaksimalkan pemakaian toner tentunya dapat membantu kamu mencapai kulit yang sehat. Ingin tahu cara mendapatkan hasil maksimal dari memakai toner untuk kulit berjerawat?

Apa Fungsi Toner Untuk Kulit Berjerawat?

Toner dikategorikan sebagai produk skincare yang wajib, apalagi untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi dan mudah berjerawat. Dikutip dari situs Today dengan wawancaranya bersama Dr. Hadley King, ahli dermatologis berbasis di New York City mengatakan bahwa, toner sangat bermanfaat untuk orang yang sering memakai makeup, dan juga bagus untuk membersihkan sisa dari pemakaian sunscreen setelah membersihkan wajah.

Berikut keuntungan yang bisa kamu dapat dengan memakai toner:

  • Membersihkan pori-pori wajah.

    Walaupun nyatanya mengecilkan pori-pori secara fisik dengan menggunakan skincare adalah hal yang mustahil, tetapi membuat pori-pori terlihat kecil bisa dicapai dengan skincare yang tepat. Tetapi hal yang lebih penting adalah pori-pori bersih menurunkan resiko timbulnya jerawat.

  • Mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah.

    Dikutip dari situs VerywellHealth, kulit kita secara alami memiliki pH seimbang sekitar pH 5-6 yang berarti sedikit asam. Setelah mencuci wajah, biasanya pH kulit menjadi tidak seimbang, sehingga perlu beberapa waktu untuk mengembalikan kulit ke pH normal. Penggunaan toner dapat membantu mengembalikan pH tersebut dengan cepat.

  • Untuk kulit berjerawat, keseimbangan pH harus dijaga.

    Menurut artikel klinis Acta Derm Venereol dalam sebuah eksperimen in vitro, memperlihatkan bakteri penyebab jerawat atau P. acnes tumbuh dengan baik di pH 6-6.5.

Bagaimana Pemakaian Toner Dapat Membantu Menangani Jerawat?

Jika kulit kamu memiliki pori-pori besar, berminyak ataupun terasa kering setelah menyelesaikan rutinitas skincare kamu, mungkin ada satu langkah yang hilang dalam rutinitas skincare kamu, yaitu toner. Menurut sebuah artikel dari Today, Dr. Hadley King juga menyatakan bahwa senjata rahasia untuk kulit sehat adalah toner wajah.

Berikut cara memaksimalkan pemakaian toner untuk kulit berjerawat:

  • Gunakan kapas atau kain kasa untuk mengoles toner ke seluruh permukaan wajah dan leher.

    Setelah mencuci wajah, penggunaan kapas disarankan untuk kulit yang mudah timbul komedo dan jerawat, dikarenakan pengolesan ini membantu mengeksfoliasi dan mengangkat kotoran yang terdapat pada pori-pori.

    Menurut studi klinis yang dilakukan oleh Clinical, cosmetic and investigational dermatology mengungkapkan terdapat penurunan jerawat noninflamasi maupun inflamasi yang signifikan setelah mulai memakai toner selama 6 minggu.

    Dalam studi klinis ini juga memperlihatkan arahan pemakaian toner. Toner digunakan setelah mencuci wajah pagi dan malam dengan menggunakan kapas atau kain kasa. Disarankan untuk mengusap kapas atau kain kasa dengan lembut dan hindari area mata.

  • Gosok kedua telapak tangan kamu dan tepuk-tepuk wajah untuk membantu toner meresap.

    Menurut situs blogskincare terkenal, TheKlog menyarankan untuk menggosok kedua telapak tangan dan menepuk wajah setelah selesai mengoles toner. Suhu panas dari telapak tangan membantu toner untuk menyerap. Sedangkan menepuk pelan wajah membantu mentransfer energi panas tersebut ke kulit.

Memilih Toner yang Tepat Untuk Kulit Berjerawat

Toner memiliki peran penting dalam merawat kulit untuk mencegah timbulnya jerawat. Toner mengangkat sisa kotoron yang terperangkat di pori-pori dan mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah, dimana keduanya adalah salah satu faktor penyebab jerawat.

Untuk itu, pilih toner yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu dengan mengambil BASE skin test di sini. Produk skincare yang dipersonalisasi membantu kamu untuk mendapatkan kulit sehat tanpa harus menghabiskan waktu dan menguras kantong.

References:

  1. Ali, S. M., & Yosipovitch, G. (2013). Skin pH: from basic science to basic skin care. Acta dermato-venereologica, 93(3), 261–267. https://doi.org/10.2340/00015555-1531
  2. Knack, Tatiana. (2015, December 21). How To Apply Your Toner According To Your Skin Type [BlogPost]. Retrieved from https://theklog.co/best-ways-apply-toner-skin-type/
  3. Palmer, Angela. (2019, October 19). Astringent vs. Toner: Which Is Right for Your Skin?. VerrywellHealth. Retrieved from https://www.verywellhealth.com/astringent-vs-toner-4151988
  4. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a twice-daily, 3-step, over-the-counter skincare regimen for the treatment of acne vulgaris. Clinical, cosmetic and investigational dermatology, 10, 3–9. https://doi.org/10.2147/CCID.S125438

Was this article helpful?

Related Stories