Search blog...

Cara Efektif Mengatasi Jerawat Hormonal Dari Luar dan Dalam

Cara Efektif Mengatasi Jerawat Hormonal Dari Luar dan Dalam

Jangan bingung dengan cara mengatasi jerawat hormonal yang suka muncul saat dekat-dekat haid, karena skincare rutin yang tepat dan gaya hidup yang sehat bisa bikin jerawat hormonal itu nggak datang lagi. Jerawat yang sering muncul tersebut memang penyebab utamanya adalah fluktuasi hormon, maka dari itu berikut 5 cara mengatasi jerawat hormonal insde and out.

Sebelum mengetahui cara mengatasi jerawat hormonal, kamu juga bisa baca di sini untuk mengenali penyebab jerawat karena hormon.

Cara Mengatasi Jerawat Hormonal dari Dalam

Jerawat bisa disebut sebagai jerawat hormonal karena disebabkan oleh fluktuasi hormon, dan fluktuasi tersebut menyebabkan produksi sebum yang berlebih sehingga jerawat lebih mudah terbentuk. Menurut artikel pada Medical News Today, jerawat seperti papula, pustula, dan nodul umumnya muncul 10 hari sebelum haid dan perlahan hilang saat mulai haid.

Apakah makanan dapat mempengaruhi jerawat hormonal? Jawabannya iya. Tanpa harus berlama-lama, berikut makanan yang perlu kamu hindari untuk mengatasi jerawat hormon:

  • Hindari makanan tinggi akan gula seperti pasta, nasi putih, roti putih. Makanan tinggi akan gula membuat tingkat gula darah naik sehingga tubuh memproduksi hormon insulin lebih. Kadar hormon insulin yang tinggi membuat kelenjar minyak pada kulit memproduksi minyak yang berlebih.

  • Hindari makanan yang mengandung susu seperti keju, krimer, dan mentega. Makanan yang mengandung susu menstimulasi produksi hormon insulin berlebih sehingga kulit memproduksi minyak lebih banyak daripada biasanya.

  • Tidak makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti daging babi, daging sapi, daging bagian paha ayam, makanan gorengan, dan krim susu. Lemak jenuh dan lemak trans juga dapat menstimulasi produksi hormon berlebih.

  • Hindari juga kemasan makanan yang terbuat dari plastik yang mengandung BPA atau bisphenol-**A. Sebagai alternatif, pilih tempat makanan yang terbuat dari kaca, porselin, keramik atau stainless steel untuk menyimpan makanan. Sebisa mungkin untuk menghindari memanaskan makanan dengan bahan plastik dan membeli makanan kaleng.

Setelah mengetahui apa saja yang harus dihindari, sekarang kita lanjut ke makanan apa saja yang dapat membantu mengatasi jerawat hormonal.

  • Makanan whole grain seperti, beras merah, beras berwarna cokelat, jilat atau barley. Biji-bijian tinggi akan serat sangat bagus untuk orang yang memiliki resistensi insulin yang biasanya terdapat pada orang yang memiliki jerawat hormonal dikutip dari Mayo Clinic. Mengkonsumsi makan-makanan whole grain membantu hormon insulin untuk memproses karbohidrat dan gula menjadi energi, sehingga kadar gula dalam darah menjadi normal.

  • Konsumsi sayur dan buah segar adalah sumber vitamin A, E, dan C bisa membantu mengurangi inflamasi, salah satu contoh inflamasi adalah jerawat.

  • Mineral seperti zinc dapat mengurangi inflamasi dan menurunkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Kedua hal tersebut mempengaruhi pembentukan jerawat hormon. Zinc dapat ditemukan dalam kacang polong, dan biji-bijian seperti hemp seed, dan flax seed.

Tahu nggak kalau produk skincare juga dapat membantu mengatasi jerawat hormonal loh. Berikut cara-cara mengatasi jerawat hormonal dari luar. Tetapi sebelumnya, bagaimana kalau kita bahas dulu bahan skincare yang sebisa mungkin untuk dihindari:

  • Jauhi produk skincare yang mengandung paraben. Paraben diketahui dapat menganggu hormon karena mengandung zat kimia xeneoestrogen yang menyerupai atau memimik hormon estrogen alami pada tubuh sehingga dapat membuat kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang.

  • Gunakan produk bebas parfum artifisial dikarekanan produk tersebut biasa nya mengandung phthalate (DEHP) dan dibutyl phthalate yang biasa ditemukan dalam kosmetik, produk skincare, sabun, sampo, hair spray maupun kutek. Phthalate memiliki properti estrogenik yang dapat menganggu sistem endokrin pada tubuh menurut salah satu jurnal ilmiah dari Canadian Medical Association.

BASE personalized skincare bebas dari paraben, phthalate dan parfum artifisial dan cari tahu juga apa saja bahan aktif yang digunakan BASE dalam memformulasikan produk skincare yang sesuai dengan permasalah kulit kamu.

Kalau begitu bahan aktif skincare apa saja sih yang dapat membantu mengatasi jerawat hormon? Untuk mengatasi jerawat hormonal, disarankan untuk mencari produk skincare yang anti-inflamasi dan antibakteri. Berikut bahan aktif yang perlu kamu masukan dalam skincare rutin kamu jika kamu memiliki jerawat hormonal:

  • Gunakan produk skincare yang mengandung niacinamide. Bahan sangat terkenal ini memang terkenal karena dapat meredakan kemerahan, dan memiliki properti anti-inflamasi.

  • Tea tree oil membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Umumnya tea tree oil cocok untuk papula dan pustula, sedangkan keefektifan untuk jerawat nodul masih perlu penelitian lebih lanjut.

  • Mengatasi jerawat hormonal seperti jerawat papula dan pustula dapat menggunakan produk over-the-counter (OTC), seperti benzoyl peroxide.

  • Sangat disarankan untuk segera mengunjungi dermatologis jika jerawat muncul banyak dan berdekatan pada suatu area.

Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut bahan apa saja yang dapat membantu mengatasi jerawat hormonal.

Mengatasi jerawat hormonal secara efektif memang harus disiplin memakai produk skincare dan juga menjaga gaya hidup yang sehat. Tetapi, apakah setiap jerawat yang muncul di wajah disebabkan oleh hormon? Jerawat yang muncul bisa dikarenakan banyak faktor, untuk itu kenali juga penyebab jerawat yang dikarenakan hormon di sini.

References:

  1. Dresden, Danielle. (2020, January 11). What ti eat if you have PCOS. Medical News Today. Reetrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/323002
  2. MacGill, Markus. (2018, July 23). Hormonal acne: What you need to know. Medical News Today. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/313084
  3. P.D, Dabre. (2014). Hazard and Diseases. Sciencedirect. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/xenoestrogen#:~:text=Xenoestrogens%20are%20%E2%80%9Cforeign%E2%80%9D%20estrogens%2C%20substances%20that%20are%20close%20enough,%2C%20chemicals%2C%20and%20water%20systems.
  4. Smith, Rick. (2009, October 13). Chemical-by-chemical bans leave people at risk. Canadian Medical Association. Retrieved from https://doi.org/10.1503/cmaj.091538
  5. Whole grains: Hearty options for a healthy diet. (2017, July 18). Mayo Clinic. Retrieved from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/whole-grains/art-20047826
  6. Zelman, Kathleen M., MPH, RD, LD. (2018, June 13). The Truth About Kale. WebMD. Retrieved from https://www.webmd.com/food-recipes/kale-nutrition-and-cooking#1

Image Source:

  1. Photo by Magda Ehlers on Pexels

Related tags

Was this article helpful?

Related Stories

5 Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Skincare Vegan Untuk Kulit dan Lingkungan

Kalau tahun 2020 industri kecantikan sempat diguncang dengan dokumenter Beauty Laid Bare yang memperlihatkan sisi gelap bagaimana produk kecantikan dibuat.

Hero Ingredient: Ectoin® Sebagai Bahan Aktif Pelindung Kulit dari Polusi

Balik lagi ke seri Hero Ingredient! Dimana kita akan membahas bahan-bahan aktif natural yang BASE pakai untuk memformulasi produk skincare kamu.

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Kombinasi sempurna untuk mengurangi sebum wajah dan mencegah jerawat, efektif mengurangi radikal bebas, juga sebagai bahan anti iritasi. Ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry atau Seboxyl® merupakan bahan aktif yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, ataupun mudah berjerawat.

Apakah Kulitmu Perlu Perlindungan dari Radiasi Inframerah?

Kalau bicara soal inframerah atau inframerah (IR), kamu yang lahir pada tahun 80an dan 90an pasti masih ingat kan sama ponsel yang mengirim file dengan inframerah?

Apa itu Ultraviolet? Perbedaan UVA, UVB dan UVC

Saat duduk di bangku SMP, pasti kebanyakan dari kita pernah bertanya apa gunanya belajar fisika dan spektrum cahaya kalau kita pada akhirnya tidak ke bidang tersebut?

Apa itu Blue Light dan Visible Light? Kenapa Kulitmu Perlu Skincare Anti Blue Light

Tahu tidak kalau cahaya termasuk kedalam kategori polusi? Tidak bisa dipungkiri kalau kulit kita terpapar sinar hampir setiap saat. Terutama radiasi visible light yang hampir selalu ada dari pagi hingga malam.