searchclear input

#beBASEkspresi: Merangkul Keberagaman, Bukan Mencari Persamaan

#beBASEkspresi: Merangkul Keberagaman, Bukan Mencari Persamaan

“Berbeda-beda tetap satu.” adalah moto dari negara kita. Disini Angel bersama Klarisca mengajak kamu untuk merangkul keberagaman dan menerima perbedaan. Kita juga akan diajak untuk melihat pandangan mereka mengenai indahnya keberagaman di Indonesia yang membentuk identitas mereka. Daripada mencari persamaan lebih baik kita merangkul perbedaan, apakah kamu setuju?

Angel, Penyanyi

Kesehariannya, Angel sedang menggeluti bisnis rumahan. Kalau ngomongin soal masa depan dan impian, Angel mengungkapkan salah satu impiannya adalah ia ingin menjadi orang yang murah hati dan selalu ada untuk orang-orang yang dia sayangi. Tinggal di lingkungan yang penuh dengan keberagaman mengajarkan Angel untuk menjadi selfless.

“Aku akan selalu berusaha menjadi orang yang selfless, tidak selalumemikirkan diri sendiri dan sebisa mungkin melihat keadaan sekitar,dan ada untuk orang-orang yang aku sayangi.”

Selain pembisnis, Angel juga seorang penyanyi sehingga mengharuskan dia bekerja dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Besar di Bandung dan sekarang tinggal di Tangerang, Angel sadar bergaul dengan siapa saja tidak peduli apa latar belakang nya adalah kunci menjadi sukses.

“Menurutku penting kita harus bisa temenan dengan siapapun, tidakpeduli latar belakang maupun budaya dan sebagainya.”

Kalau ditanya kenapa sih penting mengekspresikan dan menjadi diri sendiri? Menurut Angel sangat penting untuk memiliki kesadaran dan kebanggaan sama identitas sendiri. “Karena pertama kita itu cuma satu. Kamu ya kamu. Aku cuma satu, kalau bukan kita yang bangga terhadap diri sendiri siapa lagi?” Tutur Angel.

Untuk yang lagi membaca, Angel berpesan untuk selalu ingat pentingnya memiliki pemikiran tentang keindahan dari perbedaan, daripada dijauhi kenapa kita tidak belajar bersama-sama saling merangkul keberagaman.

Klarisca, Mahasiswi Lulusan Jurusan Mode

Kali ini kita akan berbincang dengan Klarisca yang fokus untuk memberi dampak positif pada orang-orang sekitarnya. Klarisca baru saja lulus kuliah dan sekarang sedang melanjuti bisnis yang ia bangun semasa kuliahnya.

“Kalau aku sebisa mungkin mau give the most and biggest positiveimpact to my society.”

Sebagai orang yang baru saja lulus kuliah, Klarisca menekakan pentingnya memiliki kebebasan berekspresi. “Menurutku orang-orang have freedom biar mereka bisa mengekspresikan diri mereka sendiri.” Papar Klarisca.

Selain itu menurut Klarisca juga penting untuk break the the society standard, karena dengan begitu seseorang baru benar-benar bisa bebas menjadi diri sendiri. Di lingkungan penuh dengan keberagaman budaya membuat Klarisca dapat bergaul dengan siapa saja. Terlebih lagi hal tersebut mengajarkan dia akan pentingnya merangkul keberagaman.

“Dengan kita tahu latar belakang dan menerima perbedaan membuat kitalebih open-minded di lingkungan yang penuh keragaman sepertiIndonesia.”

Merangkul Keberagaman Bukan Dengan Mencari Persamaan

Tinggal di lingkungan dan negara yang sangat beragam ini mengajari kita akan menghargai perbedaan. Setuju tidak kalau keberagaman itu indah? Semakin kita melihat perbedaan tersebut semakin kita banyak belajar dari berbagai jenis budaya, entah itu menjadi lebih open-minded ataupun mengajarkan kita untuk bangga dengan budaya sendiri.

Untuk kamu yang tertarik berpartisipasi dalam gerakan media sosial #beBASEkspresi, kamu bisa ikutan giveaway BASE. Kamu bisa temukan deskripsi dan cara berpartisipasi di bawah ini.

Related tags

Was this article helpful?

good feedback
bad feedback

Langganan Newsletter